Konsumsi Bensin Vario dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Vario ~ Motor matic Vario menjadi salah satu produk Honda yang banyak diminati. Namun, tahukah Anda jika tingkat konsumsi bensin Vario berbeda – beda?. Untuk mengetahui hal tersebut, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin Vario? Konsumsi bensin Vario 110 Karbu adalah 44,75 km/liter. Sedangkan, konsumsi bensin All New Vario 160 sebanyak 52,4 km/liter.

Pada artikel “Bansin Vario” akan dibahas tentang :

  • Konsumsi Bensin Vario
  • Kapasitas Tangki Bensin Vario
  • Jenis Bensin Vario Sesuai Rasio Kompresi
  • Ciri – Ciri Pompa Bensin Vario Injeksi Mulai Lemah
  • Penyebab Konsumsi Bensin Vario Boros

Konsumsi Bensin Vario

Di bawah ini merupakan daftar konsumsi bensin Vario.

Advertisements
Tipe MotorKonsumsi Bensin
Vario 110 Karbu44,75 km/liter
Vario 110 FI56,3 km/liter
Vario 125 eSP59,5 km/liter
Vario 150 eSP52,9 km/liter
All New Vario 16052,4 km/liter

Berdasarkan data di atas, Vario 125 yang dibekali mesin eSP dan teknologi FI menjadikan motor ini memiliki konsumsi bensin paling irit dibandingkan tipe lainnya.

Namun, perlu diketahui bahwa perhitungan konsumsi bensin tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti rute perjalanan, kecepatan, serta metode. Untuk pengukuran konsumsi bensin motor dapat menggunakan metode full to full, ECE R14 Euro 3, dsb.

Kapasitas Tangki Bensin Vario

Ketika membeli kendaraan bermotor, besar kapasitas tangki bensin menjadi salah satu pertimbangan, agar pengendara tidak terlalu sering melakukan pengisian bensin. Namun, biasanya besar kapasitas tangki akan disesuaikan dengan spesifikasi mesin dan dimensi motor.

Berikut ukuran kapasitas tangki bensin Vario.

Tipe MotorKapasitas Tangki Bensin
Vario 110 Karbu3,6 liter
Vario 110 FI3,7 liter
Vario 125 eSP5,5 liter
Vario 1505.5 liter
Vario 1605,5 liter
Advertisements

Untuk mengetahui seberapa banyak volume bensin di dalam tangki, Anda dapat melihat pada indikator bensin.

Namun, ada kalanya jika indikator bensin mati atau error, biasanya hal tersebut disebabkan karena saluran kabel yang terputus, kerusakan pelampung bensin, dsb. Jika hal tersebut terjadi pada motor Vario Anda, segera cari permasalahannya dan lakukan perbaikan.

Jenis Bensin Motor Vario Sesuai Rasio Kompresi

Berikut daftar jenis bensin Honda Vario sesuai rasio kompresi.

Tipe MotorRasio KompresiJenis Bensin
Vario 11010,7 :1Pertamax / Performance 92 / Shell Super
Vario 110 FI9,2:1Pertalite
Vario Techno 110 / 125 FI11:1Pertamax Plus / Performance 95 / Shell V-Power
Vario 125 FI eSP11:1Pertamax Plus / Performance 95/ Shell V-Power
Vario 150 FI eSP10,6:1Pertamax / Performance 92 /Shell Super
Vario 16012:1Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
Advertisements

Ciri – Ciri Pompa Bensin Vario Injeksi Mulai Lemah

Pompa bensin (fuel pump) pada motor berfungsi menyalurkan bahan bakar sesuai kebutuhan ke injektor, dan menjaga tekanan bensin tetap tinggi.

Namun, kinerja pompa bensin juga dapat melemah karena usia pakai yang sudah lama dan kebiasaan membiarkan tangki bensin kosong.

Ketika fuel pump melemah, maka akan menyebabkan tarikan gas motor menjadi tidak lancar (brebet), dan motor sering macet.

Untuk mengetahui kondisi pompa bensin (fuel pump) telah melemah, dapat dilihat dari ciri – ciri di bawah ini.

  • Lampu indikator injeksi berkedip
  • Motor sulit untuk dinyalakan
  • Suara dengungan saat motor posisi on menjadi lemah.

Penyebab Konsumsi Bensin Vario Boros

Borosnya konsumsi bahan bakar motor dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

Kondisi rem yang terlalu seret

Setelan rem cakram terlalu kencang membuat kendaraan harus mengeluarkan tenaga lebih besar untuk menggerakkan roda. Dengan begitu, maka mesin motor menjadi cepat panas, dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih cepat habis.

Selain pengaturan, rem seret dapat disebabkan karena adanya kotoran atau debu yang terlalu banyak menempel dibagian piringan rem.

Tutup tangki bensin yang tidak rapat

Bensin merupakan caira yang dapat dengan mudah menguap. Oleh karena itu, jika konsumsi bensin motor terasa boros, maka hal pertama yang harus dicek adalah tutup tangki.

Selain mudah menguap, tutup tangki yang tidak rapat dapat membua bensin keluar, saat Anda melewati permukaan jalan terjal.

Sistem pengapian motor bermasalah

Ketika sistem pengapian tidak menghasilkan pembakaran sempurna, dapat membuat tenaga mesin menjadi berkurang. Dengan begitu, Anda akan terus berusaha untuk menarik gas lebih dalam agar kendaraan dapat melaju.

Sebenarnya, hal tersebut yang membuat konsumsi BBM boros, karena semakin Anda menarik gas, mesin harus mengeluarkan daya lebih besar, sehingga perlu bensin lebih banyak untuk proses pembakaran.

Filter udara motor kotor

Filter udara merupakan komponen penyaring kotoran udara, sehingga seiring berjalannya waktu, jumlah kotoran akan bertambah, dan dapat menghalangi udara bersih masuk.

Dikarenakan, sedikitnya udara yang masuk pada mesin, maka hisapan bahan bakar menjadi lebih banyak pada proses pembakaran.

Sabuk atau belt CVT kendor

Sabuk atau V-belt CVT berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda motor matic. Jika setelan V-belt CVT kendor, maka megakibatkan putaran kemudi menjadi lebih berat.

Oleh karena itu, ketika V-belt dibiarkan kendor begitu saja, dapat membuat konsumsi bensin Vario menjadi boros, dan sangat berbahaya karena berpotensi putus secara tiba – tiba.