Konsumsi Bensin Tiger per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Tiger – Honda Tiger merupakan salah satu motor yang sampai sekarang masih banyak dicari. Meskipun tergolong motor lama, namun Honda Tiger memiliki mesin yang kuat dan tangguh. Dengan kapasitas 200 cc, motor ini tergolong awet dalam penggunaan bahan bakar.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin Tiger? Konsumsi bensin Tiger 2000 adalah 40 km/liter. Konsumsi bensin Tiger adalah 42 km/liter. Sedangkan untuk kapasitas tangkinya adalah 13 liter untuk Tiger 2000 dan 13,2 liter

Untuk mengetahui lebih jelas tentang bensin Tiger, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Tiger
  • Kapasitas Tangki Bensin Motor Tiger
  • Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Motor Tiger
  • Penggunaan Bensin yang Tidak Sesuai Rasio pada Honda Tiger
  • Penyebab Tangki Bensin Honda Tiger Sering Bocor
  • Tips Mengatasi Tangki Bensin Honda Tiger Bocor
Advertisements

Konsumsi Bensin Tiger

Honda Tiger telah diproduksi sejak tahun 1993 dan telah mengalami beberapa perubahan pada desain motornya. Untuk konsumsi bahan bakarnya, Honda Tiger Revo sebagai generasi terbaru lah yang lebih irit jika dibandingkan dengan Honda Tiger Revo generasi awal.

Namun konsumsi bensin tersebut bisa saja berbeda pada setiap orangnya tergantung pada kondisi mesin serta kecepatan motor.

Berikut konsumsi bensin Honda Tiger.

Tipe MotorKonsumsi Bensin
Honda Tiger 200040 km/liter
Honda Tiger Revo42 km/liter

Kapasitas Tangki Bensin Motor Tiger

Kapasitas tangki bensin yang dimiliki Honda Tiger 2000 hanya selisih 0,2 liter saja dibandingkan dengan Honda Tiger Revo. Namun kapasitas tangki kedua motor tersebut tergolong standar untuk mesin motor 200 cc.

Berikut adalah kapasitas tangki bensin motor Honda Tiger

Advertisements
Tipe MotorKonsumsi Bensin
Honda Tiger 200013 liter
Honda Tiger Revo13,2 liter

Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Motor Tiger

Penggunaan BBM pada setiap motor harus sesuai dengan kompresinya. Hal tersebut agar proses pembakaran bias terjadi dengan sempurna.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis bahan bakar yang dijual mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax  Turbo, dan sebagainya.

Lalu jenis BBM apa yang cocok untuk motor Honda Tiger?

Sesuai dengan rasio kompresi 9.0 : 1, bahan bakar yang cocok untuk motor Honda Tiger adalah Pertalite dengan kandungan RON 90.

Penggunaan Bensin Tidak Sesuai Rasio Kompresi pada Honda Tiger

Jika dilihat dari rasio kompresinya, Pertalite menjadi jenis BBM yang paling cocok untuk Honda Tiger. Namun bagaimana hasilnya jika Honda Tiger menggunakan bensin Pertamax?

Penggunaan bahan bakar Pertamax pada Honda Tiger yang usianya sudah lama sebenarnya boleh saja dilakukan. Bahkan menurut beberapa sumber, penggunaan Pertamax pada Tiger lama membuat kinerja mesin jadi lebih halus dan penggunaan BBM jadi lebih irit.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena usia motor Tiger yang sudah lama memiliki beberapa komponen yang mulai aus, sehingga gesekan yang terjadi semakin besar. Hal tersebut menyebabkan kondisi ruang bakar menjadi lebih panas. Oleh sebab itu penggunaan Pertamax akan cocok pada motor Honda Tiger.

Advertisements

Namun, untuk motor baru, harus diberi bensin sesuai dengan kompresi, jika tidak maka motor akan mengalami pembakaran yang tidak sempurna.

Penyebab Tangki Bensin Honda Tiger Sering Bocor

Permasalahan yang paling sering dialami Honda Tiger adalah tangki bensin yang sering bocor. Ciri – ciri tangki bensin Honda Tiger bocor adalah terlihat rembesan di sekitar kran bensin.

Penyebab tangki bensin Honda Tiger bisa bocor adalah terdapat endapan kotoran atau air yang mengendap di dasar tangki. Air dan kotoran tersebut lama kelamaan membuat tangki menjadi berkarat dan keropos. Sehingga muncul lah rembesan atau bahkan bocor pada tangki tersebut.

Tips Mengatasi Tangki Bensin Motor Tiger Bocor

Untuk menghindari permasalahan tangki Honda Tiger bocor, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips mengatasi tangki bensin Honda Tiger bocor.

Lakukan kuras tangki bensin Honda Tiger secara rutin

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah lakukan kuras tangki serta pembersihan secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut bertujuan agar kotoran yang mengendap di dasar tangki bisa dibersihkan.

Pengurasan tangki bensin secara rutin juga bisa mencegah air dalam tangki mengembun. Sehingga tangki bensin akan bebas karat dan kondisi tangki menjadi bersih.

Tambal tangki Honda Tiger yang Bocor Menggunakan Resin

Melapisi tangki bensin Tiger menggunakan resin bisa membuat tangki lebih kuat, sehingga resiko kebocoran menjadi lebih kecil. Namun melapisi tangki menggunakan resin hanya bisa dilakukan untuk lubang kebocoran yang kecil.

Lakukan las pada tangki bensin yang bocor

Pengelasan pada tangki bensin yang bocor bisa menjadi solusi untuk memperbaiki lubang kebocoran besar ataupun kecil.

Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel untuk pengelasan tangki. Biaya yang dibutuhkan untuk las tangki bensin Honda Tiger yang bocor sekitar Rp. 30.000 –  Rp. 150.000 tergantung pada tingkat kerusakan. Semakin parah kerusakan tangki, maka biaya yang dibutuhkan juga semakin mahal.