Konsumsi Bensin Terrano per Kilometer dan Kapasitas Bensin Nya

Bensin Terrano – Mobil Terrano menjadi varian mobil yang dibekali dengan mesin berkapasitas 2400 cc. Meski demikian banyak juga yang berpendapat bahwa mobil ini cukup boros jka dibandingkan dengan mobil Xenia atau Avanza.

Advertisements

Lalu berapa konsumsi bensin Terrano? Konsumsi bensin Terrano GrandRoad XTR adalah 6 km/liter, Terrano Spirit adalah 9km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Terrano Kingsroad K2 adalah 10 km/liter. Konsumsi bahan bakar di dapat dari jarak tempuh dan  pemakaian 1 liter bensin.

Bagi Anda yang mencari informasi lengkap terkait bensin Terrano, silakan menyimak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bensin Nissan Terrano per Kilometer
  • Jenis BBM dan Kapasitas Tangki Nissan Terrano
  • Rasio Konsumi Bensin Nissan Terrano dan Mobil di Kelasnya
  • Efek Buruk dari Nissan Terrano Kehabisan Bensin

Konsumsi Bensin Terrano per Kilometer

Advertisements

Berikut ini adalah data tentang konsumsi bahan bakar mobil Nissan Terrano per Kilometer, yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Jenis MobilKonsumsi Bahan Bakar
Nissan Terrano GrandRoad XTR6 km/liter
Nissan Terrano Spirit9 km/liter
Nissan Terrano Kingsroad K210 km/liter

Perhitungan untuk mencari konsumsi bensin pada suatu kendaraan bisa berbeda-beda antara mobil satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan selain faktor jalan, kondisi mesin kendaraan juga akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya.

Jenis BBM dan Kapasitas Tangki Mobil Terrano

Anda bisa mengetahui jenis bensin dan kapasitas dari tangki kendaraan Nissan Terrano, untuk bisa menentukan perawatan yang tepat pada kendaraan Anda. Pemilhan jenis bensin yang sesuai adalah salah satu cara perawatan kendaraan yang bisa Anda lakukan.

Berikut adalah informasi lengkap tentang kapasitas tangki dan jenis BBM untuk mobil Nissan Terrano, yaitu sebagai berikut:

Jenis BBM Nissan Terrano

Advertisements

Mobil Nissan Terrano mempunyai rasio kompresi mesin sebesar 8,3 : 1. Maka dari itu rekomendasi bahan bakar yang tepat untuk mobil ini adalah Premium.

Berdasarkan rasio perbandingan kompresi yang telah disebutkan di atas, maka mobil Nissan Terrano harus diisi dengan bahan bakar yang didukung kandungan RON 88 pada bensin premium.

Perlu Anda ketahui bahwa RON adalah standar tingkatan nilai oktan pada bensin, yang menentukan kualitas bensin. Sedangkan semakin tinggi tingkatannya maka kualitasnya juga akan semakin bagus.

Meski demikian Anda masih diperkenan kan untuk menggunakan bensin Pertalite dengan nilai RON 90. Sedangkan untuk penggunaan Pertamax (RON 92) atau Pertamax Plus (RON 95) tidak disarankan pada mobil Nissan Terrano.

Selain harganya yang mahal namun spesifikasinya tidak akan sesuai dengan rasio kompresi mesin Anda.

Kapasitas Tangki BBM Nissan Terrano

Pada mobil Terrano beberapa tipe memiliki ukuran tangki mobil yang tidak sama. Kapasitas tangki mobil tersebut ikut berpengaruh terhadap jumlah volume bahan bakar yang bisa dimuat.

Berikut adalah kapasitas tangki bahan bakar pada mobil Nissan  Terrano, yaitu:

Advertisements
Jenis MobilKapasitas Tangki Mobil
Nissan Terrano GrandRoad XTR72 Liter
Nissan Terrano Spirit72 Liter
Nissan Terrano Kingsroad K280 Liter

Perbandingan Konsumsi Bensin Terrano dan Avanza

Banyak masyarakat yang ingin tau tentang rasio keiritan dari mobil Nissan Terano sebab banyak yang menggunakannya. Tidak jarang juga muncul pertanyaan tetang siapa yang paling irit antara mobil Terrano dan mobil lain dikelasnya.

Maka dari itu disini akan dibandingkan tingkat keiritan antara mobil Nissan Terrano dengan mobil Avanza dengan standar yang sama.

Siapakah yang lebih irit diantara keduanya? Anda dapat melihat pada penjelasan di bawah ini:

Jenis MobilKonsumsi Bahan Bakar
Nissan Terrano10 km/liter
Toyota Avanza11,5 km/liter

Sesuai dengan data diatas maka dapat Anda ketahui mobil Toyota Avanza jauh lebih irit dibandingkan dengan mobil Nissan Terrano. Hal ini karena mobil Toyota Avanza dapat berjalan dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan mobil Terrano.

Data konsumsi bahan bakar tersebut akan berbeda sesuai dengan faktor kondisi jalan, kondisi mesin dan kepadatan jalan ketika melakukan uji coba.

Efek Nissan Terrano Kehabisan Bensin

Mengisi bahan bakar mobil harus dilakukan tanpa menungku tangki bensinnya kering. Sebab telat mengisi bensin sampai mobil habis bensin akan sangat berbahaya bagi kendaraan Anda.

Berikut adalah dampak negatif pada Nissan Terrano yang kehabisan bensin, yaitu:

Bagian Dalam Tangki Berkarat

Tangki kendaraan yang sering kehabisan karat akan menyebabkan permukaanya kering dan menimbulkan karat. Karat tersebut dapat berada pada seluruh permukaan tangki terutama dinding-dindingnya.

Fuel Pump Bermasalah

Kotoran yang ditimbulkan oleh karat pada tangi juga akan mengganggu fungsi dari fuel pump. Akibatnya maka akan terjadi penyumabatan pada sistem saluran bahan bakar di kendaraan Anda.

Timbul Masalah pada Karburator

Membiarkan mobil kehabisan bensin akan menyebabkan karburator Anda juga bermasalah. Jika permasalahan sudah menyentuh pada bagian karburator maka kinerja pada kendaraan Anda juga akan tergangggu.

Injector Bermasalah

Selanjutnya adalah timbul masalah pada injector kendaraan Anda. Sedankan incjetor memiliki fungsi yang cukup untuk kendaraan Anda, yaitu sebagai tenaga penyemprotan bakar pada ruang pembakaran mesin.

Kerusakan pada injector tentu akan memerlukan biaya yang sangat mahal. Apalagi tanpa adanya injector fungsi kendaraan Anda tidak bisa berjalan dengan maksimal.