Advertisements

Konsumsi Bensin Terios per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Terios – Bagi Anda yang berencana membeli mobil yang konsumsi BBM nya irit, Anda bisa membeli mobil Daihatsu Terios. Berkat adanya fitur terbaru pada Daihatsu Terios terbaru, konsumsi bensinnya dikatakan irit hingga 30% dibandingkan Terios generasi lama.

Berapa konsumsi bensin Terios? Konsumsi bensin Terios X Deluxe adalah 12,1 km/liter, konsumsin bensin Terios R Deluxe 11,2 km/liter, dan konsumsi bensin All New Terios Eco Idle adalah 13 km/liter.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang bensin Terios, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Terios per Kilometer
  • Kapasitas Tangki Bensin Daihatsu Terios
  • Jenis Bensin Terbaik untuk Daihatsu Terios
  • Ciri – Ciri Filter Bensin Terios Bermasalah
  • Penyebab Indikator Bensin Terios Berkedip Terus Menerus

Konsumsi Bensin Terios per Kilometer

Berikut konsumsi bensin Daihatsu Terios yang disusun menurut tipenya dalam bentuk tabel:

Advertisements
Tipe MobilKonsumsi Bensin
Daihatsu Terios X Deluxe12,1 km/liter
Daihatsu Terios R Deluxe11,2 km/liter
Daihatsu All New Terios Eco Idle13 km/liter

Daihatsu Terios tediri dari dua transmisi, yaitu manual dan matic. Untuk konsumsi bbm nya, Daihatsu keluaran terbaru lah yang lebih irit berkat adanya fitur terbaru Eco Idle.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Terios

Kapasitas tangki bensin yang dimiliki Daihatsu Terios semua tipe sama, yaitu 45 liter. Besarnya kapasitas tangki tersebut tergolong lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas tangki Daihatsu Gran Max dan Daihatsu Sigra.

Jenis Bensin Terbaik untuk Daihatsu Terios

Sesuai dengan rasio komperesinya, jenis bensin yang cocok untuk Daihatsu Terios adalah Pertamax.

Namun berdasarkan pengujian Daihatsu, mesin Terios masih cocok menggunakan bahan bakar dengan RON rendah seperti Pertalite dengan RON 90. Hal tersebut tidak akan membuat komponen mesin cepat rusak.

Penggunaan Pertalite pada mobil Daihatsu Terios hanya akan berdampak pada emisi gas buangnya. Jika menggunakan Pertalite maka gas buangnya mengandung racun yang cukup tinggi. Sementara penggunaan Pertamax pada Terios akan membuat kandungan racun pada emisi gas buang lebih rendah.

Ciri – Ciri Filter Bensin Terios Bermasalah

Advertisements

Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran agar tidak tercampur dengan bahan bakar. Jika filter bensin bermasalah, maka bensin akan bercampur dengan kotoran sehingga mengganggu kinerja mesin.

Ciri – ciri Filter bensin Terios yang mengalami kerusakan antara lain:

Mesin mobil Terios sulit dinyalakan

Mesin yang sulit dinyalakan bisa juga disebabkan oleh filter bensin yang tersumbat oleh kotoran. Sehingga bensin yang seharusnya mengalir ke ruang bak menjadi kurang. Akibatnya, kinerja sistem pembakaran menjadi terganggu.

Mobil Terios mogok

Penggunaan jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil bisa membuat proses pembakaran menjadi bermasalah. Hal tersebut karena sisa pembakaran tersebut menghasilakan residu dan mengendap di dasar tangki. Akibatnya, kotoran tersebut bisa menyumbat filter bensin.

Performa mesin Terios kurang bertenaga

Anda perlu waspada jika kinerja mesin Terios Anda menjadi menurun, terutama saat melewati jalanan tanjakan. Hal tersebut disebabkan oleh filter bensin yang tersumbat kotoran sehingga pasokan bahan bakar menjadi berkurang.

Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut ke bengkel untuk mengetahui lebih pasti penyebab kinerja mesin Terios menurun.

Penyebab Indikator Bensin Terios Berkedip Terus Menerus

Advertisements

Pada umumnya, indikator bensin yang ada pada speedometer mobil Terios akan berkedip jika kondisi bensin di dalam tangki akan habis. Namun dalam beberapa kasus ditemukan bahwa indikator bensin tersebut berkedip terus menerus padahal kondisi bensin masih banyak.

Indikator mobil Terios yang berkedip terus menerus bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Pelampung mulai melemah

Pada mobil Terios yang usianya sudah lama, biasanya kondisi pelampung sudah melemah. Akibatnya kumparan yang berfungsi untuk memberikan sinyal ke indikator menjadi tidak akurat. Akibatnya jarum penunjuk indikator bensin menjadi tidak sesuai.

Tangkai pelampung berkarat

Keadaan tangki bensin yang kosong bisa membuat kondisi tangki menjadi panas. Panas tersebut akan menguap dan menyebabkan air menempel pada tangkai pelampung. Akibatnya, tangkai pelampung menjadi berkarat dan pelampung tidak bergerak.

Kabel kumparan putus

Kondisi kabel kumparan yang putus bisa mengakibatkan jarum tidak bergerak. Hal tersebut yang membuat indikator bensin tidak sesuai dengan kondisi bensin yang ada di dalam tangki.