Konsumsi Bensin Spin dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Spin – Spin merupakan jenis motor matic yang memiliki body yang ramping. Meski begitu kebanyakan pengguna motor matic menilai bahwa pemakaian bahan bakar motor ini sangat boros.

Advertisements

Lalu berapakah konsumsi bensin Spin? Konsumsi bensin Spin 125 dan 125R  adalah 42,4 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Suzuki Spin 125SR dan 125NR adalah 43 km/liter.

Bagi Anda yang mencari informasi mengenai konsumsi bensin Spin, bisa melihat pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Suzuki Spin Tiap Liternya
  • Ruang Tangki dan Jenis Bensin Suzuki Spin
  • Perbandingan Konsumsi Bensin Suzuki Spin dan Motor Sekelasnya
  • Efek Buruk Terlambat Isi BBM di Suzuki Spin

Konsumsi Bensin Spin

Di bawah ini merupakan data konsumsi spin semua tipe dalam bentuk tabel:

Advertisements
Tipe SpinKonsumsi BBM
Suzuki Spin 12542,4 km/liter
Suzuki Spin 125R42,4 km/liter
Suzuki Spin 125SR43 km/liter
Suzuki Spin 125NR43 km/liter

Konsumsi bahan bakar pada suatu kendaraan dilakukan dengan pada berbagai medan jalan. Baik itu di dalam kota maupun luar kota. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih maksimal.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Suzuki Spin

Tiap kendaraan memiliki body yang tidak sama. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap ukuran dan kapasitas mesin maupun tangki bensinnya. Hal tersebut juga terjadi pada motor Suzuki Spin yang mempunyai ukuran tangki dan jenis bensin yang berbeda.

Berikut ini adalah ruang tangki dan jenis bensin pada Suzuki Spin, yaitu:

Kapasitas Tangki Bensin Spin

Selain memiliki data konsumsi bensin yang hampir sama. Motor Suzuki Spin juga dibekali dengan ukuran tangki yang sama. Jadi  kesemua tipe motornya mempunyai ruang tangki sebesar 3,7 L.

Ukuran tersebut termasuk ukuran yang kecil pada suatu kendaraan. Meski begitu hal ini sebanding dengan besaran body yang dimiliki oleh motor ini.

Jenis Bensin Spin

Advertisements

Motor Suzuki Spin memiliki mesin dengan kompresi sebesar 9,6 : 1. Perlu Anda ketahui bahwa mengetahui rasio kompresi kendaan Anda bisa digunakan untuk menentukan jenis bensin yang sesuai.

Oleh karenanya pada motor Suzuki Spin bisa menggunakan jenis bensin Pertalite. Jenis bensin ini sangat direkomendasikan karena dapat membantu Anda dalam kualitas mesin kendaraan.

Selain jenis Pertalite yang memiliki kandungan RON 90. Motor Suzuki Spin masih diperbolehkan untuk menggunakan bensin dengan kualitas yang 1 tingkat lebih tinggi, Pertamax (RON 92)

Sebaliknya jika Anda menggunakan bensin dengan kualitas yang lebih rendah seperti Premium (RON 80), maka dapat menyebabkan mesin motor Suzuki Spin Anda menjadi kurang bertenaga dan cepat panas.

Perbandingan Konsumsi Bensin Spin dan Motor Sekelasnya

Suzuki Spin termasuk jenis motor matic yang banya dibandingkan dengan motor Yamaha Mio. Terutama dari segi konsumsi bahan bakar yang dimilikinya.

Kedua motor ini memiliki ukuran mesin yang sama yaitu 4 langkah. Lantas siapakah pemenang dari segi keiritan pada motor Suzuki Spin dan Yamaha Mio?

Agar Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan diatas, silahkan melihat pada tabel berikut ini:

Merk MotorKonsumsi BBM
Yamaha Mio45 km/liter
Suzuki Spin43 km/liter
Advertisements

Melihat tabel perbandingan diatas, maka Anda bisa melihat bahwa antara motor Suzuki Spin dan Yamaha Mio yang jauh lebih irit adalah motor matic dari Yamaha Mio. Bahkan rentang selisih yang dimiliki cukup jauh yaitu sebesar 2 L.

Pemakaian bahan bakar tiap kendaraan bisa menunjukkan hasil yang berbeda. Meski demikian ketika melakukan perbandingan antara 2 kendaraan atau lebih diusahan menggunakan variabel yang sama. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Efek Buruk Terlambat Isi BBM Spin

Tanpa adanya bensin sebagai bahan bakar pada suatu kendaraan, maka motor Anda tidak bisa berjalan. Meskipun komponen mesin berada dalam keadaan yang sehat. Dalam melakukan pengisian bahan bakar harus dilakukan secara rutin tanpa menunggu tangki kosong.

Berikut ini adalah efek buruk dari terlambat mengisi bahan bakar pada motor Suzuk Spin, yaitu:

Tangki Motor Berkarat

Dampak kurang baik yang bisa Anda lihat secara kasat mata dari kehabisan bensin adalah timbulnya karat pada tangki bensin Anda. Maka dari itu usahakan Anda melakukan pengisian bahan bakar secara penuh untuk menghindari hal ini.

Munculnya Endapan Pada Bahan Bakar

Karat yang muncul pada tangki juga bisa berimbas pada kualitas bahan bakar Anda. Sebab karat yang terendam bisa masuk kepada bahan bakar dan menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

Muncul Masalah Pada Injector

Injector adalah salah satu komponen mesinyang cukup penting pada suatu kendaraan. Kotoran yang ada pada bensin bisa berakibat fatal pada kendaraan dan mengenai injector Anda. Hal ini akan menimbulkan pembengkakan biaya pada kasus yang sudah fatal.