Konsumsi Bensin Smash dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Smash – Smash merupakan motor bebek pabrikan Suzuki yang memiliki beberapa tipe yang beredar di pasaran. Setiap tipe memiliki ukuran tangki serta jumlah konsumsi bahan bakar masing – masing. Oleh karena itu, untuk mengetahu hal tersebut, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin Smash per kilometer? Konsumsi bensin Smash FI adalah 42,8 km/liter dengan kapasitas tangki 3,7 liter. Sedangkan, Smash Titan sebanyak 66,7 km/liter dengan kapasitas tangki 4,3 liter.

Daftar Isi :

  • Jumlah Konsumsi Bensin Smash
  • Kapasitas Tangki Bensin Motor Smash
  • Jenis Bahan Bakar Smash Yang Tepat
  • Penyebab Indikator Bensin Smash Rusak
  • Akibat Salah Pilih Jenis Bahan Bakar Smash
  • Ciri – Ciri Kran Vakum Bensin Suzuki Smash Rusak
Advertisements

Konsumsi Bensin Smash

Di bawah ini daftar jumlah konsumsi bensin Smash sesuai tipenya yang disajikan dalam bentuk tabel.

Tipe MotorJumlah Konsumsi Bensin
Smash FI42,8 km/liter
Smash Titan66,7 km/liter

Sebenarnya untuk mengetahui berapa jumlah konsumsi bahan bakar motor, Anda dapat menghitungnya dengan metode full to full.

Berikut cara menghitung konsumsi bahan bakar motor Smash.

  1. Lakukan pengisian bahan bakar dengan penuh dan beri tanda ketinggian bensin
  2. Kemudian, lakukan perjalanan, hingga bensin berkurang sesuai kebutuhan
  3. Catat kilometer jarak tempuh yang dicapai
  4. Lakukan pengisian ulang bahan bakar sampai ketinggian sesuai tanda yang diberikan, dan catat jumlah volumenya (liter)
  5. Untuk menghitungnya, bagi total kilometer jarak tempuh yang dicapai dengan volume bensin pada pengisian kedua.

Kapasitas Tangki Bensin Motor Smash

Besar kapasitas tangki bensin Smash berbeda – beda untuk setiap tipenya. Di bawah ini merupakan daftar ukuran tangki bensin Smash dalam bentuk tabel.

Advertisements
Tipe MotorKapasitas Tangki BBM
Smash FI SR3,7 Liter
Smash Titan (FW115)4,3 Liter
Smash 1104,5 Liter

Jenis Bahan Bakar Smash Motor Yang Tepat

Sebelum memilih jenis bahan bakar yang tepat untuk motor Suzuki Smash, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis – jenis dan perbedaan bahan bakar yang beredar di pasaran.

Setiap jenis bahan bakar motor memiliki nilai oktan masing – masing. Besarnya nilai oktan menunjukkan seberapa besar tekanan maksimum yang diberikan pada mesin motor sebelum terjadi pembakaran spontan.

Perlu Anda ketahui bahwa semakin tinggi nilai oktan pada bensin, maka semakin tinggi titik didih bahan bakar sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Namun, pemilihan jenis bahan bakar motor jangan hanya terpaku pada nilai oktan yang tinggi, tetapi juga harus menyesuaikan dengan spesifikasi mesin motor / rasio kompresi.

Motor Suzuki Smash 110 dan Titan 110 memiliki perbandingan kompresi  9,5 : 1. Dengan jumlah perbandingan kompresi tersebut, dapat diketahui motor Smash dapat menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan 90 yaitu Pertalite.

Penyebab Indikator Bensin Smash Rusak

Indikator bensin pada motor Smash berfungsi sebagai penunjuk volume bensin pada tangki. Indikator tersebut juga dapat mengalami kerusakan karena beberapa penyebab, antara lain :

Advertisements
  • Terjadi kerusakan pada pelampung bensin
  • Adanya kerusakan aki motor
  • Tangki bensin motor Samsh penyok
  • Terjadi error pada speedometer

Akibat Salah Pilih Jenis Bahan Bakar Smash

Kesalahan dalam memilih jenis bahan bakar motor dapat memberikan dampak yang cukup serius pada kompresi mesin. Apabila Anda melakukan pengisian bahan bakar dengan nilai oktan rendah dapat menimbulkan kotornya ruang pembakaran, serta mesin mengelitik.

Namun, jika Anda menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi dari rekomendasi pabrik, maka akan terdapat energi yang tersisa atau pembakaran tidak sempurna, dan hal tersebut juga dapat menimbulkan kerak karbon dalam ruang pembakaran.

Ciri – Ciri Kran Vakum Bensin Suzuki Smash Rusak

Di dalam komponen sepeda motor terdapat kran bensin yang berfungsi sebagai penghenti aliran bensin dari tangki menuju ruang pembakaran. Untuk keran bensin vakum akan bekerja secara otomatis, sehingga saat mesin menyala, maka suplai mesin akan langsung berjalan.

Motor Suzuki yang mengalami kemacetan dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti rusaknya kran vakum, filter bensin, dan sebagainya.

Apabila kompresi pada motor normal, dan terdapat bahan bakar yang cukup pada motor, tetapi motor sering mengalami kemacetan, dapat menjadi indikasi kran bensin mengalami kerusakan.

Untuk mengecek kran vakum rusak atau tidak, silahkan buka selang yang menuju manifold, kemudian silahkan sedot. Apabila pada selang bensin yang menuju karburator di lepas keluar bensin tetapi tidak lancar, maka dapat menjadi ciri keran bensin rusak.

Namun, jika selang karburator dilepas dan bensin terus menerus mengalir, berarti pertanda jika terjadi kebocoran pada bagian fuel valve. Untuk memastikan kerusakan yang terjadi, sebaiknya segera lakukan pengecekan di bengkel.