Konsumsi Bensin Shogun per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin Shogun – Motor Shogun adalah kategori motor bebek yang menggunakan sistem mesin karburator. Jenis bensin yang berbeda harus Anda perhitungkan dalam menentukan jenis bahan bakar yang tepat untuk kendaraan Anda.

Lantas berapa konsumsi bensin Shogun? Konsumsi bensin Shogun 110 R, 125 R, 125 SP adalah 30,06 km/liter. Lalu konsumsi bensin New Shogun 125R adalah 33,67 km/liter, konsumsi bensin Shogun 125 Fi adalah 35 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Shogun Axelo adalah 38,2 km/liter.

Bagi Anda yang mencari informasi mengenai konsumsi bensin Suzuki Shogun, silahkan untuk melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Shogun Per Kilometer
  • Volume Tangki dan Jenis Bensin Motor Suzuki Shogun yang Tepat
  • Tingkat Keiritan Bensin Suzuki Shogun dengan Motor di Kelasnya
  • Efek Negatif Motor Suzuki Shogun Telat Isi Bensin

Konsumsi Bahan Bakar Shogun Per Kilometer

Berikut adalah tingkat konsumsi bensin pada semua tipe motor Suzuki Shogun, yang bisa Anda lihat dalam bentuk tabel:

Jenis MotorKonsumsi Bensin
Suzuki Shogun 110R30,06 km/liter
Suzuki Shogun 125 R30,06 km/liter
Suzuki Shogun 125 SP30,06 km/liter
New Suzuki Shogun 125 R33,67 km/liter
Suzuki Shogun 125 Fi35 km/liter
Suzuki Shogun Axelo38,2 km/liter

Data diatas bisa jadi berbeda-beda. Sebab hasil uji konsumsi bahan bakar akan ditentukan oleh beberapa variabel yang saling berkaitan, misalnya kepadatan jalanan.

Jenis mesin yang dipakai pada motor bebek Suzuki Shogun adalah jenis silinder tunggal dan mesin karburator. Rata-rata hasil uji konsumsi bahan bakar pada motor bebek dari Shogun ini adalah 30 kilometeran untuk 1 liter bensinnya.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Shogun yang Tepat

Tiap-tiap kendaraan ini memiliki volume tangki yang tidak sama dengan kendaraan lainnya. Sedangkan untuk jenis bahan bakar yang digunakan tentu saja akan berbeda. Lalu penentuan bahan bakarnya sendiri ditentukan dari rasio kompresi tiap tipe kendaraannya.

Maka dari itu berikut ini telah kami sajikan informasi lengkap terkait volume tangki dan jenis bahan bakarnya di bawah ini:

Kapasitas Tangki Motor Suzuki Shogun

Berikut adalah volume tangki pada motor Suzuki Shogun, yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Tipe MotorVolume Tangki
Suzuki Shogun 110R4,5 liter
Suzuki Shogun 125 R3,5 liter
Suzuki Shogun 125 SP4,3 liter
New Suzuki Shogun 125 R4,3 liter
Suzuki Shogun 125 Fi4,3 liter
Suzuki Shogun Axelo4,3 liter

Jenis Bensin yang Tepat untuk Motor Suzuki Shogun

Dari tahun ke tahun motor Suzuki Shogun telah menciptakan beberapa type motor untuk mendukung permintaan pasar. Sedangkan jika dilihat dari tingkat kompresi motornya, Anda akan menemukan jenis bensin yang tepat pada motor ini yaitu Pertalite atau Premium.

Kesemua motor Suzuki Shogun memiliki rasio kompresi sebesar 9,6 ; 1. Maka dari itu jenis bahan bakar yang paling tepat digunakan pada motor ini adalah Pertalite. Sebab Pertalite memiliki standar RON sebesar 90.

Meski demikian jika dilihat dari rasio kompresinya pun semua type motor Shogun masih diperkenankan untuk menggunakan bensin Premium, yang mana memiliki standar di bawah bensin Pertalite.

Premium memiliki nilai oktan sebesar 88. Penggunaannya untuk motor dengan nilai kompresi seperti Suzuki Shogun masih bisa dilakukan.

Sedangkan pengguanan bensin diatas Pertalite seperti Pertamax dengan nilai RON yang lebih besar (RON 92) atau Pertamax Plus RON 95 tentu tidak sesuai dengan kompresi mesinnya. Meski begitu penggunaannya masih sah dilakukan ketika tidak ada pilihan lainnya.

Perbandingan Tingkat Keiritan Motor Shogun dan Supra

Biasanya motor shogun akan dibandingkan dengan motor yang sekelasnya, yaitu Supra

Anda bisa mencoba untuk membandingkan salah satu varian tipe motor Shogun dengan motor Supra. Sebagai contoh adalah motor Suzuki Shogun 125 Fi dengan Honda Supra 125 Fi, yang memiliki kapasitas mesin yang sama, yaitu 125 cc.

Lantas siapakah yang paling irit diantara kedua motor Suzuki Shogun 125 Fi dengan Honda Supra 125 Fi tersebut?

Agar Anda bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, silahkan untuk melihat pada tabel perbandingan di bawah ini:

Merk MotorKonsumsi Bensin
Suzuki Shogun 125 Fi35 km/liter
Honda Supra 125 Fi61,8 km/liter

Berdasarkan data pada tabel perbandingan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Honda Supra 125 Fi jauh lebih irit dibandingkan dengan Suzuki Shogun 125 Fi. Bahkan untuk selisihnya hampir 2 kali dari pemakaian bensin Suzuki Shogun 125 Fi.

Efek Motor Suzuki Shogun Telat Isi Bensin

Berikut ini merupakan dampak negatif dari kebiasan lupa mengisi bahan bakar, yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Tangki Motor Keropos

Tangki motor yang keropos dapat disebabkan karena adanya karat yang terbentuk pada lapisan dalam tangki motor. Kondisi tangki yang kering biasanya dapat menyebabkan tangki terisi udara dan kemudian membentuk karat.

Turunnya Kualitas BBM yang Diisi

Ketika anda melakukan pengisian bahan bakar pada kondisi tangki yang kosong, maka kualitas bensin juga dapat menurun. Sebab bensin akan tercampur dengan beberapa zat asing yang seharusnya tidak berada pada bagian dalam tangki.