Konsumsi Bensin Serena per Kilometer dan kapasitas Tangki Nya

Bensin Serena – Nissan Serena merupakan jenis mobil multi purpose vehicle (MPV), dengan daya tampung 8 penampung serta ruang gerak dalam mobil yang cukup luas, sehingga cocok sebagai kendaraan  keluarga, Namun sayangnya Serena dikenal dengan mobil yang konsumsi bensinnya boros.

Advertisements

Lantas berapa konsumsi bensin Serena? Konsumsi bensin Serena C24 adalah 8,1 km/liter, konsumsi bensin Serena C26 adalah 11,2 km/liter, dan konsumsi bensin Serena C27 adalah 11,9 km/liter.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai bensin serena, anda bisa mengikuti artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Serena
  • Kapasitas Tangki Serena
  • Jenis Bensin Serena
  • Akibat Menggunakan Bensin Yang Salah
  • Tips Berkendara Hemat Bensin dengan Serena

Konsumsi Bensin Serena

Berikut ini adalah tabel konsumsi bensin Nissan Serena Berdasarkan tipe :

Advertisements
Tipe SerenaKonsumsi Bensin
Serena C248,1 km/liter
Serena C2611,2 km/liter
Serena C2711,9 km/liter

Uji konsumsi bensin Serena tersebut dilakukan dengan berdasarkan uji yang dilakukan pada jalanan dalam kota dengan kondisi ramai lancar.

Kapasitas Tangki Mobil Serena

Nissan Serena semua tipe memiliki kapasitas tangki bensin yang sama, yaitu 60 liter. Kapasitas tangki Serena terhitung lebih besar dibandingkan dengan mobil MPV lainnya, hal ini karena Serena mempunyai bodi mobil yang lebih bongsor.

Meskipun tergolong mobil yang boros bahan bakar, namun Serena memiliki kapasitas tangki yang lebih besar. Sehingga aman ketika menempuh perjalanan jarak jauh dengn mobil Serena.

Jenis Bensin yang Ideal untuk Mobil Serana

Bahan bakar minyak (BBM) terdiri dari beragam jenis, dari oktan rendah hingga tinggi. Bilangan oktan merupakan angka yang menunjukan besarnya tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan oleh mesin.

Pemilihan jenis bensin sangat dipengaruhi oleh rasio kompresi mesin Mobil. Semakin tinggi rasio kompresi mesin semakin tinggi nilai oktan bensin yang dibutuhkan.

Advertisements

Nissan Serena C24 dan C26 memiliki rasio kompresi mesin yang sama yaitu 9,9 : 1 dan Serena C2 memiliki rasio kompresi 10,2 : 1, Jenis bensin yang disarankan untuk Serena adalah bensin dengan nilai RON 92 atau Pertamax

Akibat Menggunakan Bensin Yang Salah

Banyak diantara pengendara beranggapan bahwa Pertamax lebih baik dari Pertalite. Yang artinya bensin oktan tinggi lebih baik dari bensin oktan rendah. Hal tersebut tidaklah benar. Karena pemilihan bensin perlu disesuaikan dengan nilai rasio kompresi mesin kendaraan anda.

Berikut ini beberapa akibat yang timbul jika Serena anda menggunakan bensin yang salah :

Akibat Menggunakan Bensin Dengan Oktan Lebih Rendah

Bensin dengan nilai oktan rendah, tidak tahan pada kompresi mesin yang tinggi. Sehingga terjadi ledakan dini di ruang pembakaran dan menyebabkan mesin ngelitik atau knocking, biasanya ditandai suara ketukan mesin dan terkadang sampai mengeluarkan ledakan bola api. Selain itu  akselerasi menurun dan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.  

Bensin yang disarankan untuk Serena adalah Pertamax dengan nilai RON 92, sehingga mobil Serena kurang cocok memakai bensin pertalite dengan RON 90 atau premium dengan RON 88

Akibat Menggunakan Bensin Dengan Oktan Lebih Tinggi

Menggunakan bensin dengan nilai oktan yang terlalu tinggi dari yang direkomendasikan mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna dan menimbulkan residu karbon di ruang pembakaran dan dapat mencemari oli atau disebut Fuel dilution sehingga kualitas oli menurun mengakibatkan kerusakan pada berbagai komponen mesin.

Contoh bensin yang lebih tinggi dari Pertamax RON 92 adalah Pertamax Turbo dengan RON 98 dan Pertamax Racing dengan RON 100.

Tips Berkendara Hemat Bensin dengan Nissan Serena

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara agar bensin Serena anda hemat dan irit :

Advertisements

Berkendara Dengan Halus Dan Stabil

Usahakan untuk berkendara dengan kecepatan stabil dan konstan, hindari pengereman dadakan dan peningkatan gas yang tidak perlu, injak pedal rem dan gas secara halus. Hal ini juga perlu anda terapkan ketika melalui jalanan naik turun atapun keadaan macet.

Gunakan AC secukupnya

Semakin dingin suhu AC dinyalakan semaki besar konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan. Jadi usahakan menggunakan AC dengan suhu secukupnya dan matikan AC bisa tidak diperlukan.

Ganti Oli Secara Rutin

Kualitas oli yang sudah tidak prima dapat membuat kondisi mesin menjadi menjadi berat, efeknya konsumsi bensin akan menjadi boros.

Pastikan Tekanan Ban Tidak Kurang Dan Stabil

Tekanan ban yang kurang menyebabkan beban terhadap ban menjadi lebih berat, otomotis tenaga yang dibutuhkan untuk melaju lebih besar dan sudah pasti bensin akan lebih boros.

Perhatikan Beban Muatan

Meskipun Serena mempunyai ruang yang besar, jangan sampai anda membawa beban muatan yang melebihi batas. Karena beban muatan kendaraan mempengaruhi kerja mesin dan konsumsi bensin.