Konsumsi Bensin Scorpio dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Scorpio – Yamaha Scorpio dibekali dengan mesin dan torsi dengan kapasitas yang besar. Meski begitu hal tersebut tidak membuat konsumsi bahan bakar pada motor ini menjadi boros.

Advertisements

Lantas berapa konsumsi bensin Scorpio? Konsumsi bensin Scorpio P adalah 30 km/liter. Konsumsi bensin Scorpio Z dan Scorpio New Z adalah 35 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Scorpio King adalah 37 km/liter.

Berikut adalah informasi lengkap mengenai konsumsi bensin Yamaha Scorpio yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Yamaha Scorpio per Liter
  • Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin yang Tepat untuk Yamaha Scorpio
  • Selisih Konsumsi Bensin Yamaha Scorpio dengan Motor Di Kelasnya
  • Resiko Terlambat Isi Bahan Bakar Yamaha Scorpio
Advertisements

Konsumsi Bensin Scorpio per Liter

Scorpio memiliki 4 tipe motor dengan konsumsi yang berbeda-beda setiap tipenya. Berikut adalah data pemakaian bensin pada motor Yamaha Scorpio, yaitu:

Tipe ScorpioKonsumsi Pemakaian Bensin
Yamaha Scorpio P30 km/liter
Yamaha Scorpio Z35 km/liter
Yamaha Scorpio New Z35 km/liter
Yamaha Scorpio King37 km/liter

Hasil uji konsumsi bahan bakar Scorpio diatas diperoleh pada kondisi jalan perkotaan. Uji bahan bakar pada luar kota bisa saja menunjukkan hasil yang berbeda. Begitu pula jika menggunakan gaya berkendara yang tidak sama.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin untuk Scorpio

Meski menjadi series motor lawas dari Yamaha, motor Yamaha Scorpio masih banyak diminati. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui kapasitas tangki dan jenis bensin yang tepat untuk motor Yamaha Scorpio ini.

Berikut ini merupakan data mengenai kapasitas tangki dan jenis bensin untuk motor Yamaha Scorpio, yaitu:

Kapasitas Tangki Bensin Yamaha Scorpio

Ukuran tangki pada motor Yamaha Scorpio sedikit berbeda untuk series Yamaha Scorpio P. Meskipun begitu standard ukurannya berada di bawah kapasitas 15 L.

Berikut merupakan kapasitas tangki bensin motor Yamaha Scorpio, yaitu:

Tipe ScorpioKapasitas Tangki Bensin
Yamaha Scorpio P12 L
Yamaha Scorpio Z14 L
Yamaha Scorpio New Z14 L
Yamaha Scorpio King14 L
Advertisements

Jenis Bensin Untuk Motor Yamaha Scorpio

Jenis bahan bakar yang direkomendasikan untuk motor Yamaha Scorpio adalah dengan kandungan Ron minimal 92. Maka dari itu Anda bisa memakai bahan bakar jenis Pertamax (RON 92) atau Pertamax Plus (RON 95)

Penentuan jenis bahan bakar yang tepat untuk  motor Yamaha Scorpio ini ditentukan oleh nilai rasio kompresi mesin yang dimilikinya. Kompresi motor pada Yamaha Scorpio yaitu 10,5 : 1.

Maka dari itu motor Yamaha Scorpio ini membutuhkan bensin dengan RON yang cukup tinggi. Sedangkan untuk jenis bensin yang tidak diperbolehkan untuk motor Yamaha Scorpio adalah bensin Pertalite (RON 90) dan Premium (RON 88)

Perbandingan Selisih Konsumsi Bensin Scorpio dan Honda GL

Bagi Anda penggemar motor lawas pastinya sudah tidak asing dengan motor Yamah Scorpio. Banyak yang membandingkan motor ini dengan motor Honda GL, dilihat dari segi keekonomisan bahan bakarnya.

Karena dibekali dengan mesin yang sama yaitu sebesar 4 tak dan berada di kelas yang sama. Maka kedua motor ini bisa dibandingkan untuk selisih konsumsi bahan bakarnya.

Lantas siapa yang paling irit antara mobil Honda GL dan Yamaha Scorpio?

Berikut ini adalah tabel selisih konsumsi bahan bakar motor Yamaha Scorpio dan Honda Gl, yaitu:

Advertisements
Jenis MotorKonsumsi Bensin
Yamaha Scorpio King37 km/liter
Honda GL51 km/liter

Hasil dari perbandingan diatas menunjukkan Honda GL jauh lebih irit dibandingakan dengan motor Yamaha Scorpio King. Hal tersebut menunjukkan bahwa torsi mesin yang dimiliki oleh Yamaha Scorpio King berpengaruh terhadap tingkat konsumsi bensinnya.

Uji konsumsi bahan bakar bisa dilakukan dengan melihat pada pemakaian bahaan bakar dan jarak tempu yang dicapai. Meski demikian Anda bisa mendapatkan hasil yang berbeda ketika menggunakan gaya berkendara, kondis lalu lintas dan medan jalan yang berbeda.

Resiko Terlambat Isi Bahan Bakar Motor Scorpio

Bahan bakar harus diisi secara tepat waktu. Sebab terlambat dalam pengisian bahan bakar akan menimbulkan kerugian yang besar bagi Anda sebagai pemilik kendaraan. Meski begitu kebiasaan ini masih saja disepelekan oleh banyak orang.

Maka dari itu berikut adalah dampak buruk dari terlambat mengisi bahan bakar pada motor Yamaha Scorpio, yaitu:

Muncul Endapan Pada Tangki Motor

Tangki motor yang sering terlambat isi bensin dapat menjadikan muncul endapan pada permukaan tangki. Sedangkan untuk membersihkannya harus dilakukan pengurasan di bengkel yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tangki Muncul Karat

Karat bisa muncul pada lapisan tangki bagian dalam karena tangki tidak terendam sepenuhnya oleh bahan bakar. Maka dari itu usahakan untuk mengisi bahan bakar secara tepat waktu agar tangki bensin Anda tetap dalam keadaan yang optimal.

Boros Biaya Perawatan

Tangki yang bermasalah karena sering terlambat mengisi bahan bakar bisa menyebabkan pembengkakan biaya dalam perawatannya. Sebab kondisi ini bisa memicu timbulnya kerusakan pada komponen mesin yang lain.