Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Satria per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Satria – Suzuki Satria merupakan salah satu motor yang banyak digemari oleh kalangan remaja pada tahun 2010. Suzuki Satria diproduksi dengan beberapa tipe dengan jenis mesin 2 tak dan 4 tak. Namun ada yang mengatakan bahwa motor Satria termasuk jenis motor yang boros bensin.

Lalu berapa konsumsi bensin Satria? Konsumsi bensin Satria F150 FI adalah 50 km/liter, konsumsi bensin Satria RU 120 R adalah 30 km/liter, konsumsi bensin Satria F 150 Fu adalah 35 km/liter, dan konsumsi bensin Satria Hiu adalah 25 km/liter.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang bensin Satria, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Satria per Kilometer
  • Kapasitas Tangki Bensin Suzuki Satria
  • Jenis Bensin yang Cocok untuk Motor Satria
  • Dampak Buruk Penggunaan Bensin yang Tidak Cocok untuk Motor Satria
  • Tips Mengiritkan Bensin Satria FU
Advertisements

Konsumsi Bensin Satria per Kilometer

Suzuki Satria diproduksi dengan berbagai macam tipe. Sedangkan untuk konsumsi BBM pada setiap motor  Satria berbeda – beda. Berikut adalah konsumsi bensin Satria semua tipe dalam bentuk tabel:

Tipe MotorKonsumsi Bensin
Suzuki Satria F150 FI50 km/liter
Suzuki Satria F 150 Fu35 km/liter
Suzuki Satria RU 120 R30 km/liter
Suzuki Satria Hiu25 km/liter

Kapasitas Tangki Bensin Suzuki Satria

Tangki bensin yang dimiliki motor Satria memiliki kapasitas yang berbeda – beda. Ukuran tangki bensin tersebut dipengaruhi oleh kapasitas mesinnya.

Berikut adalah kapasitas tangki bensin motor Satria.

Advertisements
Tipe MotorKonsumsi Bahan Bakar
Satria RU 120 R5,2 liter
Satria Hiu5,2 liter
Satria F 150 Fu4,9 liter
Satria F150 FI4 liter

Jenis Bensin yang Cocok untuk Motor Satria

Untuk motor Suzuki Satria yang memiliki rasio kompresi tinggi membutuhkan jenis bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Hal tersebut agar kinerja mesin jadi lebih maksimal.

Berikut adalah jenis bensin yang cocok untuk Suzuki Satria sesuai dengan kompresinya.

Tipe MotorRasio KompresiJenis Bahan Bakar
Satria RU 120 R7,0 : 1Premium
Satria Hiu7,0 : 1Premium
Satria F 150 Fu10,2 : 1Pertamax
Satria F150 FI11,5 : 1Pertamax Turbo

Dampak Buruk Penggunaan Bensin yang Tidak Cocok untuk Motor Satria

Dampak Penggunaan Pertalite pada Satria  F 150 Fu dan Satria F150 FI

Sesuai dengan rekomendasi Suzuki, motor Satria keluaran terbaru seperti Satria F 150 Fu dan Satria F150 FI tidak disarankan menggunakan Pertalite.

Hal tersebut karena motor Satria keluaran terbaru sudah memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi, sehingga sangat tidak disarankan menggunakan Pertalite karena mengandung nilai oktan yang rendah.

Lalu apa akibatnya jika motor Satria terbaru menggunakan bensin Pertalite?

Penggunaan BBM jenis Pertalite pada Satria keluaran terbaru baik tipe karbu ataupun injeksi dapat mengakibatkan performa mesin menjadi menurun. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih boros dibandingkan menggunakan Pertamax.

Dampak Penggunaan Pertamax pada Satria RU 120 R dan Satria Hiu

Begitupun dengan Satria keluaran lama seperti Satria RU 120 R dan Satria Hiu. Dengan tingkat rasio yang rendah, maka penggunaan bahan bakar jenis Pertamax sangat tidak disarankan.

Hal tersebut karena Satria RU 120 R dan Satria Hiu memiliki rasio kompresi yang rendah. Jika dipaksa menggunakan Pertamax dengan kandungan RON tinggi, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan meninggalkan residu.

Penyebab Bensin Satria Bocor

Advertisements

Permasalahan yang biasanya ditemukan pada motor Satria adalah kondisi karburator yang banjir bensin. Terjadinya bensin bocor pada karburator tersebut disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut penyebab karburator Satria banjir bensin

Kran bensin Satria rusak

Kerusakan yang terjadi pada kran bensin Satria membuat bensin terus menerus mengalir ke karburator sehingga terjadi banjir bensin. Padahal dalam kondisi normal, bensin hanya akan mengalir pada saat motor Satria dinyalakan saja.

Seal mangkok karburator rusak

Seal karburator terletak di tengah – tengah karburator. Jika seal mangkok karburator sudah mengeras, maka bisa menyebabkan bensin rembes.

Jarum pelampung Satria mulai aus

Jarum pelampung pada motor Satria berfungsi untuk menutup saluran bensin yang menuju ke karburator jika sudah penuh. Jika karet jarum pelampung tersebut rusak, maka aliran besnin tidak bisa dihentikan. Sehingga terjadilah kebocoran bensin ke dalam karburator.

Tips Mengiritkan Bensin Motor Satria FU

Kapastas tangki bensin Satria FU hanya 4,9 liter. Kapasitas tersebut tergolong kecil jika dibandingkan dengan kapasitas mesin yang cukup tinggi.

Meskipun Satria FU bisa dikatakan lebih irit jika dibandingkan dengan Satria generasi sebelumnya, namun konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan masih tergolong boros dibanding dengan motor lainnya.

Untuk itu, berikut beberapa tips untuk membuat motor Satria FU menjadi lebih irit.

Seting karburator dengan tepat

Atur karburator motor Satria sehingga BB dan udara dalam kondisi pas dan ideal. Karena percampuran BB dan udara yang pas bisa membuat motor Satria Anda menjadi lebih irit. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa membawanya ke bengkel.

Gunakan oli motor Satria yang sesuai

Penggunaan oli yang sesuai bisa membuat proses pelumasan mesin menjadi lebih maksimal dan kinerja mesin menjadi lebih enteng. Efeknya, bahan bakar menjadi lebih irit dalam kondisi jarak tempuh yang sudah jauh.

Untuk itu, gunakan oli yang sesuai untuk motor Satria. Oli yang sesuai untuk Satria adalah yang tingkat kekentalannya 10 W – 40. Jangan lupa ganti oli Satria rutin setiap jarak tempuh 2000 km.

Gunakan jenis bahan bakar yang sesuai

Rekomendasi dari Yamaha untuk penggunaan bahan bakar Satria FU adalah Pertamax. Dengan menggunakan jenis bensin tersebut, maka perputaran mesin akan lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar akan lebih irit.