Konsumsi Bensin RX King dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin RX King – Yamaha RX King adalah motor legenda yang banyak diminati oleh masyarakat karena kelincahan dan suara yang dimiliki. Hal ini juga didukung dengan konsumsi bensin yang masih dalam kategori irit.

Lalu berapa konsumsi bensin RX King? Konsumsi bensin RX King Cobra adalah 35 km/liter. Sedangkan untuk konsumsi bensin RX King Master adalah 30 km/liter. Pengujian konsumsi bahan bakar ini didapatkan dengan kondisi lalu lintas perkotaan.

Jika Anda hendak mencari informasi tentang bensin RX King, Anda bisa melihat pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bahan Bakar Motor Yamaha RX King per Liter
  • Jenis dan Kapasitas Tangki Bensin Yamaha RX King
  • Uji Konsumsi Bensin Yamaha RX King dan Motor Di Kelasnya
  • Akibat Kebiasaan Telat Isi Bensin Yamaha RX King

Konsumsi Bensin RX King

Yamaha RX memproduksi beberapa tipe motor series RX, kemudian pada tipe RX king menghadirkan 2 tipe motor karena banyak peminatnya. Kedua series tipe RX king ini memiliki cakupan konsumsi bahan bakar di angka 30 an.

Berikut merupakan konsumsi bensin pada motor Yamaha RX King, yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Jenis MotorKonsumsi Bensin
Yamaha RX King Cobra35 km/liter
Yamaha RX King Master30 km/liter

Tabel di atas didapatkan dengan perhitungan antara jarak yang bisa ditempuh dengan menggunakan 1 liter bensinnya. Meski begitu dalam melakukan pengujian konsumsi bensin harus diperhatikan antara variabel seperti kondisi lalu lintasnya.

Jenis dan Kapasitas Tangki Bensin Motor RX King

Untuk melakukan pengisian bahan bakar tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab tiap kendaraan memiliki jenis bensinnya sendiri. Hal ini berlaku untuk ukuran tangki bahan bakar yang dimiliki. Mengingat kedua hal tersebut berkaitan maka Anda perlu mengetahuinya.

Berikut adlah jenis dan kapasitas tangki bensin di motor Yamaha RX King, yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Jenis Bensin yang Tepat untuk RX King

Motor Yamaha RX King dilengkapi dengan ukuran rasio kompresi mesin sebesar 9:1. Oleh karena itu dalam pemilihan bahan bakarnya, Anda bisa menggunakan bahan bakar jenis Premium dengan kandungan oktan 88.

Meski memiliki standar kualitas yang rendah namun pemakaiannya sejalan dengan ukuran kompresi mesin motor Anda. Sedangkan jika usia mesin kendaraan Anda sudah cukup tua, Anda bisa menggunakan bensin jenis Pertalite (RON 90)

Sebab usia mesin yang cukup tua membutukan bahan bakar dengan performa yang cukup tinggi. Hal ini agar kinerja mesin Anda masih bisa berjalan dengan maksimal meski memiliki tarikan yang cukup berat.

Kapasitas Tangki Bensin RX King

Kedua tipe dari motor Legenda Yamaha RX King mempunyai kapasitas tangki yang sama dan tergolong besar, yaitu sebesar 9L. Ukuran ini masih bisa jika Anda gunakan untuk rute perjalanan yang jauh.

Uji Konsumsi Bensin Yamaha RX  dengan Kawasaki AR 125

Pada masanya motor RX King memiliki beberapa pesaing motor dikelasnya. Hal ini karena tinggi sekali minat masyarat akan motor ini. Salah satu motor yang banyak dibandingkan dengan Yamaha RX King adalah Kawasaki AR 125.

Kedua motor ini memiliki tipe mesin sebesar 2 langkah dengan kapasitas silinder yang sama yaitu sebesa 132 cc. Dua jenis motor ini dulunya banyak diminati oleh masyarakat.

Lantas manakah motor paling irit antara motor Yamaha RX King dan Kawasaki AR 125?

Berikut ini adalah tabel pemakaian bahan bakar untuk kedua motor diatas, yaitu:

Merk MotorKonsumsi Bensin
Yamaha RX King Cobra35 km/liter
Kawasaki AR 12528 km/liter

Dilihat dari tabel konsumsi bensin atara 2 kendaraan tersebut, maka Anda bisa melihat bahwa Yamaha RX King Cobra lebih irit daripada motor pesaingnya, yaitu Kawasaki AR 125. Tidak tanggung-tanggung selisih antara keduanya mencapai 7 km/liter.

Konsumsi bahan bakar bisa diperoleh antara 2 kendaraan maupun lebih untuk mencari hasil perbandingan yang lebih akurat.  Sedangkan ketika melakukan uji konsumsi bensin Anda juga harus memastikan kondisi jalan, gaya berkendara, dan jalur yang digunakan.

Akibat Telat Isi Bensin RX King

Memastikan tangki bensin dalam keadaan yang terisi tidak hanya ketika Anda berkendara saja. Bahkan sebaiknya Anda juga memastikan tangki kendaraan terisi meski tidak digunakan. sebab hal ini akan menimbulkan berbagai kerugian jika tangki kondisi kosong.

Berikut ini merupakan beberapa akibat dari kebiasaan terlambat isi bensin pada motor Yamaha RX King, yaitu:

Tangki Muncul Karat

Karat pada tangki bisa terjadi jika Anda tidak pernah mengisi tangki bahan bakar Anda. Hal ini akan menyebabkan tangki timbul karat bahkan dapat menimbulkan terjadinya kebocoran bensin.

Mengendapnya Kotoran

Kotoran pada tangki bisa menumpuk jika Anda membiasakan terlambat mengisi bahan bakar. Hal ini bisa terjadi pada motor yang tidak pernah dipakai. Sedangkan jika hendak digunakan maka tangki harus dikuras terlebih dahulu dan butuh biaya tambahan.

Mesin Kendaraan Bermasalah

Motor Yamaha RX King termasuk motor lawas yang harus diperhatikan perawatan mesinnya. Maka dari itu usahakan untuk selalu melakukan perawatan yang maksimal, agar usia mesin kendaraan bisa bertahan lama.