Konsumsi Bensin Revo per Kilometer dan Ukuran Tangki Nya

Bensin Revo – Honda Revo merupakan jenis motor bebek yang banyak digemari oleh masyarakat, karena terkenal dengan keungulannya yang irit bahan bakar dibandingkan dengan motor bebek lainnya. Honda Revo terbagi menjadi beberapa tipe dengan konsumsi BBM Revo yang berbeda-beda.

Advertisements

Lalu berapa konsumsi bensin Revo?

Konsumsi bensin Revo X adalah 59,8 km/liter, konsumsi bensin revo Fit adalah 62,2 km/liter, konsumsi bensin Revo 110 FI adalah 62,2 km/liter. Hasil tersebut merupakan hasil uji lab Motor Bakar dan sistem propulsi dengan metode ECE R40 pengukuran kadar emisi dan konsumsi bahan bakar.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai bensin Revo, silahkan menyimak artikel di bawah ini.

Daftar isi :

  • Konsumsi bensin Revo
  • Kapasitas tangki Bensin Honda Revo
  • Jenis Bensin Terbaik Honda Revo
  • Akibat menggunakan bensin yang tidak sesuai
  • Faktor yang Menyebabkan Bensin Revo Boros

Konsumsi Bensin Revo

Berikut ini konsumsi bensin Revo berdasarkan tipe, yang disajikan dalam bentuk tabel :

Tipe MotorKonsumsi BBM
Revo X59,8 km/liter
Revo Fit62,2 km/liter
Revo 110 Fit62,2 km/liter
Advertisements

Nilai konsumsi bahan bakar di atas didapatkan dari hasil uji Lab Motor bakar dan sistem populasi dengan metode ECE R40 dengan output pengukuran emisi buang dan konsumsi bahan bakar.

Kapasitas Tangki Bensin Motor Revo

Honda Revo memiliki ruang kapasitas tangki bensin yang sama pada semua tipe yaitu 4 liter. Sehingga cukup aman untuk digunakan berkendara menempuh jarak jauh dan juga ramah terhadap dompet anda.

Jenis Bensin Terbaik Untuk Motor Revo

Pemilihan bensin terbaik untk Revo dipengaruhi oleh rasio kompresi motor dan nilai oktan. Semakin tinggi kompresi mesin motor semakin tinggi pula kadar oktan bensin dibutuhkan. Sebaiknya anda memgetahui dulu informasi rasio kompresi motor yang anda miliki.

Advertisements

Honda Revo semua tipe memiliki Rasio kompresi mesin yang sama yaitu 9,3 : 1 sehingga jenis bensin terbaik yang cocok digunakan Revo adalah pertalite yang dengan kadar oktan  90.

Akibat Menggunakan Bensin yang Tidak Sesuai

Pemilihan bahan bakar yang tepat bagi Revo merupakan salah bentuk perawatan penting untuk menjaga kesehatan Revo anda. salah mengisi bahan bakar bisa mengakibatkan rusaknya komponen mesin motor dan berbagai efek samping lainnya.

Akibat Menggunakan Bensin Oktan Lebih Rendah

Bensin dengan nilai oktan lebih rendah lebih mudah terbakar dan tidak tahan kompresi tinggi, sehingga apabila nilai oktan terlalu rendah bagi kompresi motor, bisa mengakibatkan ledakan dini di ruang bakar, Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, permukaan piston bisa terkikis bahkan pecah karena tidak bisa menahan ledakan yang terlalu dini.

Akibat Menggunakan Bensin Oktan Lebih Tinggi

Bensin dengan nilai angka oktan yang tinggi akan semakin lambat terbakar, sehingga butuh nilai kompresi mesin yang tinggi pula.

Apabila kompresi mesin terlalu rendah dan nilai oktan terlalu tinggi dapat mengakibatkan pembakaran tidak sempurna sehingga akan menimbulkan adanya residu yang dapat mencemari komponen lainnya dan oli atau Fuel Diltion yang mengakibatkan fungsi mesin jadi menurun dan dapat merusak komponen mesin.

Faktor Yang Menyebabkan Honda Revo Boros Bensin

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi Bensin Revo bahkan boros :

Advertisements

Kondisi Jalan

Kondisi jalan dapat mempengaruhi konsumsi bensin Revo anda, pada kondisi jalan rusak, bergelombang dan menanjak kerja mesin akan lebih berat sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Selain pada kondisi jalan yang macet, meskipun posisi motor tidak bergerak namun putara mesin tetap berjalan dan memakan bensin.

Gaya Berkendara

Faktor yang paling mempengaruhi motor lebih boros adalah gaya berkendara. kebiasaan buruk yang mengakibatkan bensin boros diantaranya adalaha : sering memaainkan gas saat motor berhenti secara terus-terusan, sering ,mengebut dan sering melakukan pengereman mendadak juga bisa memakan banyak bensin.

Beban Muatan

Muatan yang berlebih dapat menambah beban motor dan mesin motor, sehingga konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan juga akan lebih tinggi.

Tekanan Angin Ban Kurang

Tekanan angin ban yang kurang atau ban kempes menyebabkan resistensi ban untuk menggelinding meningkat, sehingga kerja mesin akan lebih berat dan konsumsi bensin menjadi boros.