Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin R25 per Kilometer dan Ukuran Tangki Nya

Bensin R25 – Yamaha R25 merupakan salah satu motor sport 250 CC yang banyak digunakan untuk keperluan sehari – hari. Namun banyak orang yang mengatakan bahwa konsumsi BBM R25 lebih boros dibanding motor 250 CC lainnya seperti CBR250 dan Ninja ZX25R.

Lalu berapa konsumsi bensin YZF – R25? Konsumsi bensin R25 adalah 23,2 km/liter. Uji konsumsi bensin R25 tersebut dilakukan pada kondisi jalan dengan tingkat kepadatan kota.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelasnya tentang konsumsi bensin Yamaha R25, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Yamaha R25 per Kilometer
  • Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Yamaha R25
  • Perbandingan Konsumsi Bensin Yamaha R25 dan Honda CBR250RR
  • Dampak Buruk Motor R25 Kehabisan Bensin

Konsumsi Bensin Yamaha R25 per Kilometer

Yamaha R25 ini memiliki kapasitas mesin 2 tak. Saat dilakukan uji konsumsi bahan bakar, motor Yamaha R25 mendapatkan hasil 23,2 km/liter.

Advertisements

Uji konsumsi bahan bakar Yamaha R25 tersebut tentu bisa saja berbeda pada setiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi kepadatan jalan, kecepatan laju motor, beban yang diangkut, tekanan angin ban, serta faktor lainnya.

Kapasitas Tangki and Jenis Bensin Motor R25

Kapasitas tangki dan jenis bensin untuk setiap motor, berbeda beda. Kapasitas tangki motor sport akan lebih besar dibandingkan dengan motor matic. Bahkan mesin yang ada di motor sport dengan motor matic berbeda sehingga rekomendasi bensin yang digunakan juga seharusnya berbeda.

Untuk lebih lengkapnya seputar kapasitas tangki dan jenis bensin motor R25, simak penjelasannya.

Kapasitas Tangki Bensin Yamaha R25

Motor Yamaha R25 memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 14 liter. Kapasitas tangki tersebut termasuk lebih besar dibandingkan dengan motor Yamaha Nmax yang kapasitas tangkinya 7,1 liter.

Jenis Bensin yang Cocok untuk Motor R25

Motor Yamaha R25 telah dibekali dengan teknologi fuel injeksi dengan kompresi 11 : 6 : 1, sehingga bahan bakar yang cocok untuk Yamaha R25 adalah Pertamax Racing.

Advertisements

Dengan perbandingan kompresi tersebut, motor R25 harus menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan RON 100 yang hanya bisa didapat melalui bensin jenis Pertamax Racing. Sebagai informasi tambahan, RON merupakan tingkat oktan yang menunjukkan kualitas BBM.

Meski begitu, Anda masih bisa menggunakan bahan bakar jenis Pertamax (RON 92) atau Pertamax Plus (RON 95) untuk motor Yamaha  R25 Anda.

Dan demi menjaga kualitas mesin Anda, sebaiknya hindari gunakan bahan bakar jenis Premium ataupun Pertalite karena memiliki RON atau tingkat oktan yang terlalu rendah.

Perbandingan Konsumsi Bensin Yamaha R25 dan Honda CBR250RR

Banyak orang yang menggunakan motor 250 cc untuk keperluan sehari – hari. Beberapa merk motor 250 cc yang banyak digunakan tersebut antara lain Yamaha R25 dan CBR250RR.

Kedua motor sport tersebut memiliki kapasitas yang sama yaitu 250 cc. Selain itu, mesin yang digunakan pun juga sama yaitu 2 silinder.

Oleh sebab itu, banyak orang yang bertanya motor mana yang lebih irit antara Yamaha R25 dan CBR250 RR?

Untuk lebih jelasnya, perbandingan konsumsi bensin motor Yamaha R25 dan CBR250RR bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Advertisements
Merk MotorKonsumsi Bensin
Yamaha R2523,2 km/liter
Honda CBR250RR31 km/liter

Dari tabel tersebut, Anda bisa melihat bahwa Honda CBR250RR lebih irit karena mampu menempuh jarak yang lebih jauh untuk konsumsi bensin per liternya jika dibandingkan dengan Yamaha R25.

Namun hasil uji konsumsi bahan bakar tersebut bisa saja berbeda pada setiap orangnya, tergantung pada tingkat kepadatan jalan, beban angkut motor, serta gaya berkendara.

Dampak Buruk Motor R25 Kehabisan Bensin

Bahan bakar merupakan komponen yang sangat dibutuhkan bagi setiap kendaraan. Tanpa adanya bahan bakar dalam tangki bensin, tentu motor tidak akan bisa berjalan.

Namun seringkali pemilik kendaraan tidak memperhatikan kondisi bahan bakar yang tersedia. Lupa mengisi bensin dan membiarkan tangki bensin kosong berulangkali bisa memberikan efek negatif bagi motor Anda.

Berikut ini beberapa dampak buruk motor Yamaha R25 kehabisan bensin.

Tangki motor Yamaha R25 bisa berkarat

Membiarkan sebagian tangki bensin yang kosong bisa membuat permukaan tangki berkarat. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengisi bahan bakar secara penuh agar tangki motor Yamaha R25 Anda terendam bensin.

Adanya kotoran yang mengendap di bahan bakar

Jika tangki motor dibiarkan berkarat, maka karat tersebut akan mengendap ke dasar tangki dan mengotori bensin. Biasanya hal tersebut disebabkan karena motor Yamaha R25 sudah lama tidak dipakai.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu menguras tangki bensin R25. Tujuannya agar tangki tersebut bersih dan bensin yang diisikan selanjutnya tidak campur dengan kotoran yang ada dalam tangki.

Fuel Pump terganggu dan Motor R25 bisa mogok

Fuel pump merupakan komponen motor yang berfungsi untuk memompa bensin dari tangki menuju ke mesin. Jika kotoran atau karat tersebut tidak segera diatasi, maka fuel pump bisa bermasalah.

Akibatnya, penyaluran bensin ke mesin pun menjadi terganggu dan bisa membuat motor R25 menjadi mogok dan tidak bisa dinyalakan.

Karburator dan Injektor Motor R25 rusak

Karburator dan injektor merupakan tempat untuk proses pembakaran bahan bakar motor. Jika kinerja fuel pump terganggu karena adanya kotoran dalam bahan bakar, maka kerusakan juga bisa menyebar ke karburator dan injektor.

Biaya perbaikan motor Yamaha R25 akan jauh lebih besar

Sering membiarkan tangki bensin kosong memiliki dampak yang cukup serius pada komponen motor lainnya.

Seperti halnya pendingin, bensin pada motor Yamaha R25 juga memiliki fungsi sebagai pendingin pompa. Jika bensin habis, maka komponen tersebut bisa cepat rusak karena bekerja terlalu keras dan mengalami panas yang berlebihan.

Jika kerusakan yang diakibatkan sudah parah, maka biaya untuk memperbaikinya juga semakin besar. Oleh sebab itu, jangan biarkan motor Yamaha Anda kehabisan bensin. Jika penunjuk volume bensin sudah sedikit, segera cari pom bensin atau penjual bensin eceran terdekat untuk mengisi bahan bakar.