Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin R15 dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin R15 – Yamaha R15 merupakan salah satu motor yang memiliki kapasitas sebesar 150 CC. Meski demikian banyak yang mengatakan bahwa konsumsi bensin untuk motor ini lebih boros dibandingkan dengan GSX R150

Lalu berapa konsumsi bensin R15? Konsumsi bensin R15 V1 adalah 46 km/liter, konsumsi bensin R15 V2 adalah 40 km/liter, konsumsi bensin R15 V3 dan  R15M Connected ABS adalah 45 km/liter. Lalu konsumsi bensin R15 Connected adalah 58,6 km/liter.

Berikut ini adalah informasi mengenai konsumsi bensin R15 yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Motor Yamaha R15 Tiap Liter
  • Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Yamaha R15
  • Perbandingan Pemakain Bensin Yamaha R15 dan Suzuki GSX R150
  • Efek Buruk Terlambat Isi Bensin Motor Yamaha R15

Konsumsi Bensin R15

Yamaha R15 hadir dengan beberapa tipe yang keseluruhannya memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang tidak sama. Semakin tinggi spesifikasinya rata-rata jauh lebih irit daripada versi di bawahnya.

Berikut ini adalah data pemakaian bensin pada motor Yamaha R15 yang dapat Anda ketahui:

Advertisements
TipePemakaian Bensin
Yamaha R15 V146 km/liter
Yamaha R15 V240 km/liter
Yamaha R15 V345 km/liter
Yamaha R15 Connected58,6 km/liter
Yamaha R15M Connected ABS45 km/liter

Hasil konsumsi bensin pada kendaraan diperoleh dengan berbagai cara. Pada kendaraan motor perhitungan konsumsi bensin ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor dijalan raya seperti kondisi jalan dan medan yang dilewati.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Yamaha R15

Selain memiliki letak tangki yang berbeda, namun tiap kendaraan mempunyai kapasitas volume bahan bakar yang beragam. Hal ini juga dikaitkan dengan kemampuan kinerja mesin motor. Begitupula dengan penggunaan bensinnya.

Berikut ini merupakan kapasitas tangki dan jenis bensin di motor Yamaha R15

Kapasitas Tangki Bensin Yamaha R15

Motor Yamaha R15 rata-rata memiliki kapasitas tangki yang hampir sama. Tiap tipenya hanya dibekali dengan 2 pilihan kapasitas tangki motor, yaitu sebesar 12 L dan 11 L.

Di bawah ini merupakan kapasitas tangki bensin di tiap tipe motor Yamaha R15, yaitu:

TipeKapasitas Tangki
Yamaha R15 V112 L
Yamaha R15 V212 L
Yamaha R15 V311 L
Yamaha R15 Connected11 L
Yamaha R15M Connected ABS11 L
Advertisements

Jenis Bensin Motor Yamaha R15

Yamaha R15 memiliki nilai kompresi mesin yang tergolong tinggi, yaitu sebesar 10,4 :1. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki motor Yamaha R15 disarankan untuk menggunakan bensin Pertamax (RON 92)

Bensin ini bisa digunakan untuk kompresi mesin sampai 11:1. Meski demikian alangkah lebih bagus jika motor Yamaha R15 menggunakan bensin dengan nilai oktan sampai dengan 95, yaitu Pertamax Plus.

Usahakan untuk tidak memakai bensin dengan kualitas di bawah Pertamax (RON 92). Sebab semakin rendah nilai RON yang ada pada suatu bahan bakar, dikhawatirkan tidak dapat memberikan perlindungan pada mesin motor Yamaha R15 Anda.

Perbandingan Pemakaian Bensin R15 dan GSX R150

Dalam melakukan perbandingan antara 2 jenis kendaraan, selain harus mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Anda juga perlu melihat pada performa mesin dan komparasinya harus sama agar bisa diadu.

Maka dari itu disini akan dibandingkan antara Yamaha R15 dan Suzuki GSX R150. Sebab kedua kendaraan ini memiliki spesifikasi yang sama dan berada di kelas yang sama, yaitu 150 cc.

Lantas siapa yang paling irit antara Yamaha R15 dan Suzuki GSX R150?

Advertisements

Berikut ini adalah tabel perbandingan rata-rata konsumsi bensin pada kedua motor tersebut, yaitu:

MerkKonsumsi Bensin
Yamaha R1546 km/liter
Suzuki GSX R15035,5 km/liter

Berdasarkan hasil uji pemakaian bahan bakar diatas, maka disimpulkan motor Yamaha R15 lebih irit daripada Suzuki GSX R150. Hal ini juga disebabkan oleh mesin Suzuki sendiri yang memang harus terus berpacu di putaran yang tinggi.

Dalam melakukan uji konsumsi bahan bakar dilakukan di kondisi jalan yang beragam. Dengan dikombinasikan pula dengan gaya berkendara yang berbeda, namun tetap sama antara keduanya. Hal ini untuk mendapatkan hasil uji yang lebih akurat.

Dampak Buruk Terlambat Isi Bensin Motor Yamaha R15

Motor menggunakan bensin agar bisa dioperasikan. Sedangkan membiarkan kendaraan dalam kondisi yang aus bensin akan memberikan efek buruk yang merugikan. Meski demikian belum banyak pengendara yang mengetahui tentang hal ini.

Berikut ini merupakan beberapa efek buruk yang ditimbulkan ketika Anda terlambat mengisi bensin Yamaha R15, yaitu:

Fuel Pump Bermasalah

Ketika fuel pump pada kendaraan bermasalah alhasil akan menurunkan fungsinya sebagai pengatur distrubis ke mesin melaui bahan bakar. Hal ini jika dibiarkan terlalu lama dapat membuat motor ngadat dan sulit untuk dinyalakan.

Kerusakan Menyebar Ke Karburator

Meski berawal dari permasalahan yang sepele, namun terlambat mengisi bahan bakar dapat merusak komponen karburator Anda. Hal ini diawali dari sistem fuel pump yang bermasalah dan adanya kotoran dari tangki bahan bakar yang ikut terbawa.

Tangki Berkarat

Tangki bagian dalam yang berkarat disebabkan karena tidak diisi bensin secara tepat waktu. Hal ini bisa menimbulkan korosi dan membuat lapuk tangki bahan bakar. Selain berkarat tangki bensin Anda bisa rawan mengalami kebocoran.