Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin PCX per Kilometer dan Kapasitas Bensin Nya

Bensin PCX –Dari sisi bahan bakar, Honda PCX jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan Yamaha Nmax yang merupakan pesaing di segmen motor premium skutik.

Berapa konsumsi bensin PCX? Konsumsi bensin PCX 150 adalah 50,7 km/liter dan konsumsi PCX 160 adalah 45 km/liter, nilai tersebut berdasarkan hasil uji lab RnD Honda menggunakan metode ECE40.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai konsumsi bensin PCX anda bisa mengikuti artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin PCX
  • Jenis Bahan Bakar Yang Sesuai Untuk Honda PCX
  • Kapasitas Tangki Bensin Honda PCX
  • Penyebab Konsumsi bensin PCX Boros
  • Penyebab Indikator Bensin PCX Tidak Berfungsi

Konsumsi Bensin PCX

Berikut adalah tabel konsumsi bahan bakar PCX berdasarkan tipe :

Tipe PCXKonsumsi Bensin
PCX 15050,7 km/liter
PCX 16045 km/liter
Advertisements

Nilai tersebut merupakan hasil uji Lab RnD Honda dengan metode pengujian ECE40.

Besarnya nilai konsumsi bahan bakar dapat berubah kapan saja, tergantung pada gaya berkendara, medan jalan yang dilalui serta kondisi kompenen mesin motor PCX anda.

Jenis Bahan Bakar yang Sesuai Untuk Honda PCX

Pemilihan jenis bahan bakar yang sesuai denga motor ditentukan oleh rasio kompresi mesin motor dan nilai oktan bahan bakar. Sehingga pembakaran berlangsung dengan sempurna dan tenaga yang dihasilkan juga optimal.

Kompresi meisn Honda PCX adala 12 : 1, dengan bensin yang direkomemdasikan oleh Honda dan sesuai dengan buku pedoman yang dipegang oleh setiap pemilik Honda PCX adalah bensin dengan RON minimal 90 atau minimal menggunakan Pertalite.

Meskipun berkompresi tinggi namun Honda PCX mampu diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah, hal ini dikarenakan PCX menggunakan sistem PGM-Fi yang canggih serat ECM (engine control module) yang mengatur otomatis waktu pengapian sesuai bahan bakar dan beban motor.

Kapasitas Tangki Bensin Motor PCX

Setiap motor memiliki kapasitas tangki yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kapasitas mesin motor tersebut, begitu juga dengan Honda PCX yang memiliki ukuran kapasitas tangki tersendiri.

Berikut ini adalah tabel daftar kapasitas tangki bahan bakar Honda PCX berdasarkan tipe :

Advertisements
Tipe MotorKapasitas Tangki Bensin
PCX 1508 liter
PCX 1608,1 liter

Penyebab Konsumsi Bensin Motor PCX Boros

Berikut ini penyebab konsumsi bensin PCX boros yang bisa anda ketahui :

Gaya Berkendara

Gaya berkendara merupakan faktor yang paling mempengaruhi konsumsi bensin anda, kebiasaan memainkan gas, kebut kebutan dan melukan pengereman mendadak dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi boros.

Untuk menghemat bensin, usahakan untuk mengemudi dengan kecepatan stabil, serta terapkan eco driving saat berkendara.

Beban Muatan

Beban muata sangat mempengaruhi konsumsi bensin motor anda, semakin berat beban muatan motor anda semakin besar pula konsumsi bensi yang dibutuhkan.

Sebaiknya hindari beban muatan melebihi batas maksimal, selain meningkatkan konsumsi bensin, tapi juga bisa membahayakan bagi keamanan berkendara.

Kondisi medan Jalan

Kondisi medan jalan juga mempengaruhi konsumsi bensin PCX, pada kondisi jalan menanjak, tidak rata dan jalan yang rusak akan membuat kerja mesin semakin berat, imbasnya adalah konsumsi bensin yang meningkat unuk mendapatkan performa yang optimal.

Tekanan Angin Ban tidak mencukupi

Ketika tekanan angin ban kurang dan tidak stabi beban kendaraan pada ban menjadi lebih berat, sehingga resistensi ban untuk berputar semakin tinggi. Hal ini menyebabkan motor membutuhkan tenaga ekstra untuk melaju yang otomatis konsumsi bahan bakar juga meningkat.

Telat Ganti Oli

Kualitas oli yang sudah buruk akan menyebabkan kerja komponen mesin dalam motor menjadi kasar dan berat, sehingga konsumsi bahan bakar punmenjadi tidak efisien dan menjadi boros.

Penyebab indikator bensin PCX error

Advertisements

Indikator bensin merupakan komponen yang beperan memberikan informasi bensin yang tersisa, sehingga dapat diperkirakan seberapa jauh motor bisa digunakan untuk berkendara.

Berikut ini penyebab indikator bensin error :

  • Adanya kerusakan pada aki motor
  • Fuel sensor pada motor rusak
  • Pelampung bensin bermasalah
  • Terdapat penyokan pada tangki baha n bakar
  • Terjadi kerusakan pada speedometer.