Konsumsi Bensin Panther per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Panther – Jenis bahan bakar setiap mobil berbeda, tergantung dari jenis mesinnya. Sedangkan pada Isuzu Panther termasuk jenis mobil yang memiiki tingkat efisiensi bahan bakar yang bisa diandalkan.

Advertisements

Lantas berapa pemakaian bahan bakar untuk Isuzu Panther? Konsumsi bensin Isuzu Panther LM Smart dan LV adalah 9 km/liter, Isuzu Panther  LS Hi – Grade  adalah 10 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Isuzu Panther LS Turbo  adalah 12 km/liter dan Isuzu Panther Grand Touring adalah 14,3 km/liter.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai konsumsi bahan bakar Isuzu Panther, silahkan untuk melihatnya pada artikel berikut ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bahan Bakar Isuzu Panther per Kilometer
  • Volume Tangki dan Jenis Bahan Bakar Isuzu Panther
  • Perbandingan Pemakaian Bahan Bakar Panther dan Toyota Kijang Inova
  • Efek Buruk Mobil Isuzu Panther Habis Bahan Bakar
Advertisements

Konsumsi Bensin Isuzu Panther per Kilometer

Mobil Isuzu Panther memiliki standar kapasitas mesin sebesar 2.400 cc dengan penggunaan transmisi manual 5. Komponen mesin tersebut membuat konsumsi bahan bakar pada mobil Isuzu Panther hampir sama pada tiap tipenya

Berikut ini adalah konsumsi bensin pada mobil Isuzu Panther, yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Jenis MobilKonsumsi Bahan Bakar
Isuzu Panther LM Smart9 km/liter
Isuzu Panther LV9 km/liter
Isuzu Panther LS Hi – Grade10 km/liter
Isuzu Panther LS Turbo12 km/liter
Isuzu Panther Grand Touring14,3 km/liter

Jumlah konsumsi bahan bakar pada Isuzu Panther tersebut diperoleh dari hasil uji coba dengan tingkat kepadatan lalu lintas kota. Kondisi kepadatan jalan, jenis mesin dan muatan beban yang dibawa akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar Isuzu Panther

Meski terdapat banyak series mobil untuk mobil Isuzu Panther. Namun untuk standar ukuran tangki dan jenis relatif sama. Meski demikian Anda tidak bisa menyamakannya dengan jenis mobil lainnya.

Maka dari itu agar tidak salah memilih jenis bahan bakar untuk mobil Isuzu Panther Anda, silahkan melihat pada penjelasan berikut.

Kapasitas Tangki Bahan Bakar Isuzu Panther

Advertisements

Mobil keluarga Isuzu Panther ini memiliki ukuran kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 L. Kapasitas tersebut masih memungkinkan ketika digunakan berkendara dalam jarak yang jauh.

Semua tipe mobil Isuzu Panther mempunyai ukuran tangki bahan bakar relatif sama. Maka Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah dalam mengetahui ukuran pengisian BBM pada mobil Isuzu Panther.

Jenis Bahan Bakar Isuzu Panther

Standar ukuran rasio kompresi mesin yang dimiliki oleh Isuzu Panther adalah 17,0 : 1. Maka dari itu mobil ini tidak bisa diisi bahan bakar jenis bensin. Ukuran kompresi mesin tersebut mewajibkan menggunakan bahan bakar jenis solar dengan performa tinggi.

Maka dari itu Pertamina DEX adalah pilihan bahan bakar solar yang tepat untuk mobil Isuzu Panther Anda. Penggunaan bahan bakar solar dengan performa rendah sangat tidak dianjurkan.

Pertamina DEX memiliki nilai CN sebesar 53 dengan standar Euro 4. Perlu Anda ketahui bahwa CN adalah standar nilai untuk kandungan oktan cetane number yang menentukan kualitas pada bahan bakar diesel.

Biosolar ataupun solar biasa jika digunakan pada mobil Isuzu Panther dapat menjadikan pembakaran tidak sempurna dan membuat emisi yang tinggi. Oleh sebab itu meskipun menggunakan bahan bakar solar, standar solar yang ada pada mobil ini cukup tinggi.

Perbandingan Pemakaian Bahan Bakar Panther dan Kijang Inova

Perbandingan untuk konsumsi bahan bakar pada mobil Isuzu Pather harus dilakukan dengan kendaraan yang memiliki kapasitas mesin yang sama.

Mobil Isuzu Panther sering dijejerkan dengan mobil Toyota Kijang Inova dari segi performa maupun irit borosnya dalam pemakaian bahan bakar. Lantas siapakah yang paling irit dari 2 kendaraan pemakaian bahan bakar solar ini?

Berikut ini adalah tabel informasi mengenai perbandingan konsumsi bahan bakar antara Isuzu Panther dan Toyota Kijang Inova:

Advertisements
Jenis MobilPemakaian Bahan Bakar
Isuzu Panther12 km/liter
Toyota Kijang Inova Diesel12,5 km/liter

Berdasarkan informasi yang dilihat dari tabel diatas. Maka dapat disimpulkan bahwa Toyota Kijang Innova Diesel sedikit lebih irit dibandingkan dengan Isuzu Panther. Meski begitu keduanya memiliki selisih yang tipis yaitu sebesar 0,5 km/liter.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Isuzu Panther Grand Touring maka mobil seris Isuzu Panther akan jauh lebih irit dari pada mobil Toyota Kijang Inova.

Meski demikian standar uji tersebut masih bisa mengalami perbedaan karena beberapa faktor yang terjadi dilapangan. Walau begitu dari segi performa keduanya tidak kalah handal dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Efek Buruk Mobil Isuzu Panther Habis Bahan Bakar

Pengisian bahan bakar harus selalu Anda perhatikan sebagai pemilik kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa membiarkan kendaraan dalam kondisi habis bensin akan sangat berpengaruh terhadap kondisi mesin kendaraan.

Berikut adalah dampak buruk dari kebiasaan membiarkan Isuzu Panther Anda kehabisan bensin, yaitu:

Fuel Pump Kendaraan Cepat Panas

Kebiasan membiarkan bahan bakar habis dapat membuat fuel pump pada kendaraan Anda menjadi cepat panas karena volume bahan bakarnya yang rendah. Selain itu hal ini juga mampu membuat performa kendaraan menurun.

Udara Dapat Masuk Ke Sistem Bahan Bakar

Kondisi ini biasa disebut dengan masuk angin pada kendaraan. Jika bahan bakar sering kehabisan maka udara dapat masuk ke tempat bahan bakar dan membuat pemampatan. Hal ini menjadikan bahan bakar sulit diproses.

Maka dari itu agar kendaraan Anda tidak mengalami kesulitan ketika dinyalakan, pastika untuk memperhatikan pengisian bahan bakarnya.

Timbulnya Kerak Pada Penyimpanan Bahan Bakar

Kondisi penyimpanan bahan bakar yang kosong dapat membuat kerak timbul pada permukaannya. Hal ini akan membuat tempat penyimpanan bahan bakar menjadi rapuh karena terjadinya korosi.