Konsumsi Bensin Pajero dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin Pajero – Mobil Pajero Sport menggunakan 2 varian bahan bakar, bensin dan solar. Penggunaan bahan bakar untuk all varian Mitsubishi Pajero sport baik diesel atau bensin terbilang cukup boros.

Lalu berapa konsumsi bensin pajero? Konsumsi bensin Pajero Sport V6 adalah 12,3 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Pajero Sport Dakar 4×4 adalah 13,4 km/liter. Nilai tersebut ditentukan dan dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kondisi jalanan.

Bagi Anda yang mencari informasi tentang konsumsi bensin Pajero, silahkan melihat penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bensin Pajero Sport
  • Jenis Bensin dan Kapasitas Tangki Mitsubishbi Pajero Sport
  • Perbandingan Pemakaian Bensin Pajero Sport dan Toyota Fortuner
  • Dampak Buruk Mitsubishi Pajero Sport Kehabisan Bensin

Konsumsi Bensin Pajero per Kilometer

Berikut ini adalah pemakain bahan bakar pada mobil Mitsubishi Pajero yang dapat Anda lihat dalam bentuk tabel:

Jenis MobilKonsumsi Bensin
Mitsubishi Pajero Sport V612,3 km/liter
Mitsubishi  Pajero Sport Dakar 4×413,4 km/liter

Perhitungan pemakaian bahan bakar ini cenderung ditentukan dari penggunaan rotasi gigi tak stabil dan percepatan naik turun yang sering melakukan stop and go. Meski demikian beberapa keadaan jalan juga bisa mempengaruhi nilai uji konsumsi BBM-nya.

Jenis Bensin dan Kapasitas Tangki Mitsubishi Pajero Sport

Jenis bahan bakar yang Anda pilih untuk kendaraan Anda akan berpengaruh terhadap kualitas mesinnya. Hal ini karena tiap-tiap kendaraan memiliki spesifikasi bahan bakar dan kompresi berbeda untuk menentukan jenis bensin yang tepat.

Sedangkan kapasitas tangki mobil mempengaruhi jumlah volume bensin maksimal yang bisa Anda isi ketika melakukan pengisian.

Jenis Bensin yang Tepat untuk Pajero Sport

Mobil Mitsubishi Pajero Sport V6 adalah varian pertama Pajero yang menggunakan bahan bakar bensin. Sedangkan untuk jenis Pajero sport Dakar 4×4 menggunakan bahan bakar solar.

Mitsubishi V6 memakai mesin V6 MIVEC 3.0 L SOHC dengan kompresi mesin 10, 5:1 sehingga mobil ini sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar berupa bensin RON 95. RON adalah nilai oktan yang menjadi patokan kualitas dari suatu bahan bakar.

Oleh karena itu penggunaan bensin untuk Mitusbishi Pajero Sport V6 adalah RON 95 (Pertamax Plus) atau bisa juga menggunakan bensin Pertamax dengan RON 92. Penggunaan Pertamax adalah pilihan paling minimal.

Penggunaan bensin jenis premium dengan RON 88 tidak diperkenankan pada mobil Pajero ini. Sebab hal itu akan berpengaruh pada efisiensi dan performa kendaraan yang tidak tercapai.

Sedangkan untuk Mitsubishi  Pajero Sport Dakar 4×4 disarankan untuk menggunakan bbm solar berkualitas tinggi, yakni Pertamina Dex. Hal ini karena rasio kompresinya adalah 15:5. Penggunaan bensin selain solar tidak diperkenankan untuk jenis mobil yang satu ini.

Kapasitas Tangki Mobil Mitsubishi Pajero

Kapasitas untuk tangki mobil Mitsubishi Pajero Sport V6 dan Mitsubishi  Pajero Sport Dakar 4×4 cukup besar, yakni sebesar 68 liter. Bahkan ukuran ini juga cukup besar untuk standar ukuran tangki mobil.

Perbandingan Pemakaian Bensin Pajero dan Fortuner

Mitsubishi dan Toyota sama-sama mengeluarkan series mobil yang berbahan bakar solar dan bensin. Kedua jenis mobil ini sering digunakan perbandingan untuk menentukan mobil yang paling irit.

Mitsubishi memiliki Pajero Sport V6 yang berbahan bakar bensin dan memiliki spesfikasi yang sama dengan Toyota Fortuner 2.7.

Lantas siapakah yang  lebih irit antara Mitsubishi Pajero Sport V6 dengan Toyota Fortuner 2.7?

Berikut ini adalah tabel perbandingan untuk tingkat pemakaian bensin antara kedua jenis mobil tersebut, yaitu?

Mitsubishi Pajero :

Tipe PajeroKonsumsi Bensin
Mitsubishi Pajero Sport V612,3 km/liter
Mitsubishi  Pajero Sport Dakar 4×413,4 km/liter

Toyota Fortuner :

Tipe FortunerKonsumsi Bensin
Toyota Fortuner 2.711,1 km/liter
Toyota Fortuner G16,4 km/liter

Dari data di tabel diatas maka dapat dilihat bahwa antara Mitsubishi Pajero Sport V6 dan Toyota Fortuner 2.7 memiliki tingkat pemakaian BBM yang sama. Meski demikian dapat disimpulkan bahwa Pajero lebih irit dengan rentang angka yang tipis.

Sedangkan untuk jenis Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 lebih boros jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner G dengan selisih angka yang cukup jauh.

Meski demikian untuk nilai hasil uji tersebut tidak dapat Anda jadikan patokan pokok. Sebab kondisi mesin mobil dan medan jalan juga berpengaruh terhadap penentuan hasil uji pemakaian bahan bakar tersebut.

Dampak Mitsubishi Pajero Sport Kehabisan Bensin

Terdapat beberapa dampak negatif jika Anda membiarkan tangki mobil Anda dalam keadaan kosong. Hal tersebut akan berpengaruh buruk bagi Anda dan juga mesin kendaraan. Sebab hal in jika dibiarkan bisa menimbulkan kerusakan dengan biaya perbaikan yang besar.

Maka dari itu Anda dapat melihat penjelasan seputar dampak buruk mobil Mitsubishi Pajero Sport V6 yang kehabisan bensin, berikut ini:

Komponen Mesin Mobil Kotor

Kotoran yang terjadi ketika mobil kehabisan bensin adalah kondisi mesin mobil yang cenderung berkarat karena debu dan korosi pada logam. Hal ini dapat terjadinya karena adanya embun panas pada dasar tangki bensin mobl Anda.

Membiarkan mobil dalam kondisi seperti ini dapat membuat mobil mengalami turun mesin.

Injector Error

Performa mobil akan mengalami penurunan ketika mobil sering kehabisan bensin. Hal ini dapat berpengaruh pada injector mobil yang bermasalah dan sulit untuk dihidupkan kembali.