Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin NMAX dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin NMAX – Yamaha NMAX merupakan motor produksi Yamaha pada segmen motor premium skutik. NMAX mempunyai bodi yang besar serta dikenal sangat nyaman saat dikendarai. Namun dari sisi bahan bakar banyak yang meragukan konsumsi bensin NMAX

Lantas berapa konsumsi bensin NMAX? Konsumsi bensin NMAX 155 ABS adalah 39,8 km/liter, konsumsi bensin All New NMAX 155 Connected adalah 39,5 km/liter dan konsumsi bensin All New NMAX 155 Connected/ABS adalah 45,5 km/liter

Untuk penjelasan yang lebih lengkap tentang konsumsi bensin NMAX, silahkan menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin NMAX
  • Jenis Bensin NMAX
  • Kapasitas Tangki Bensin NMAX
  • Tips Berkendara Hemat Dengan NMAX
  • Penyebab Indikator Bensin NMAX Error
Advertisements

Konsumsi Bensin NMAX

Berikut ini adalah tabel konsumsi bensin NMAX berdasarkan tipe dalam bentuk tabel:

Tipe NMAXKonsumsi Bensin
NMAX 155 ABS39,8 km/liter
All New NMAX 155 Connected39,5 km/liter
All New NMAX 155 Connected/ABS45,5 km/liter

Besarnya nilai konsumsi di atas dapat berbeda pada setiap pengendara, hal tersebut tergantung pada beban muatan, gaya berkendara, kondisi jalan serta kondisi mesin NMAX saat itu.

Jenis Bensin Motor NMAX

Pemilihan bahan bakar yang sesuai ditentukan oleh nilai oktan bahan bakar dan kompresi mesin motor, semakin tinggi nilai oktan semakin tinggi kompresi mesin yang dibutuhkan untuk pembakaran yang sempurma agar energi yang dihasilkan optimal.

Yamaha NMAX memiliki kompresi mesin 10,5 : 1 dan 11,6 :1 untuk All New NMAX, dengan nilai rasio kompresi tersebut Yamaha NMAX dianjurkan menggunakan bensin dengan nilai oktan 92 atau jenis Pertamax.

Kapasitas Tangki Bensin Yamaha NMAX

Setiap motor memiliki volume kapasitas tangki bensin yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kapasitas mesin serta dimensi motor tersebut. Hal ini juga berlaku pada NMAX yang memiliki kapasitas tangki bensin tersendiri.

Berikut ini adalah daftar volume kapasitas tangki Yamaha NMAX berdasarkan tipenya :

Advertisements
Tipe NMAXKapasitas Tangki
NMAX 155 ABS6,6 liter
All New NMAX 155 Connected7,1 liter
All New NMAX 155 Connected/ABS7,1 liter

Tips Berkendara Irit Dengan NMAX

Selain gaya berkendara, terdapat beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi konsumsi bensin NMAX menjadi tidak efisien alias boros. Berikut ini tips berkendara agar bensin NMAX irit :

Gaya Berkendara

Gaya berkendara merupakan faktor utama yang berpengaruh pada konsumsi bensin. Kebiasan memainkan kecepatan dan gas serta kebiasaan melakukan pengereman mendadak saat motor sedang kencang dapat memakan banyak bensin.  selalu usahakan berkendara dengan baik dan kecepatan stabil agar bensin lebih irit.  

Pehatikan Kondisi Jalan

Kondisi jalan yang anda lalui sangat berpengaruh pada konsumsi bensin. Medan jalan yang menanjak, tidak rata, dan rusak menyebabkan kerja mesin motor menjadi lebih berat sehingga bensin yang dibutuhkan juga semakin besar.

Pada jalan tanjakan, rusak dan tidak rata usahakan untuk menjaga kestabilan kecepatan dan tidak sering melakukan pengereman mendadak yang terlalu dalam.

Beban Muatan

Meski NMAX memiliki bagasi yang luas, usahakan untuk tidak membebani motor dengan muatan terlalu berat. karena semakin berat beban muatan akan semakin berat mesin untuk melaju, konsumsi bensin pun menjadi boros.

Pastikan Tekanan Angin Ban Cukup

Ketika tekanan angin ban kurang resistensi ban untu berputar akan tinggi, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk motor melaju yang otomatis konsumsi bensin pun menjadi ekstra.

Lakukan Pemeriksaan Motor dan Ganti Oli Secara Rutin

Tips yang terakhir Pastikan anda melakukan pemeriksaan rutin NMAX anda pada bengkel resmi, hal ini bertujuan untuk pemeriksaan pada kondisi komponen mesin untuk memnjaga kondisi motor tetap prima.

Pada motor yang tidak diservis dan ganti oli secara rutin akan menyebabkan mesin tidak bekerja secara optimal serta kerusakan pada komponen mesin yang menyebabkan konsumsi bensin menjadi boros.

Penyebab Indikator Bensin NMAX Error

Indikator bensin NMAX pada dasarnya akan berkedip ketika bensin yan tersisa pada tangki berkisar 1 liter. Namun sering ditemui inkikator yang terus berkedip meski sudah diisi. Berikut ini penyebab indikator bensin NMAX error:

  • Kondisi aki motor yang tidak prima
  • Adanya kerusakan pada fuel sensor
  • Pelampung bensin rusak
  • Adanya penyokan pada tangki bensin
  • Adanya masalah pada speedometer.