Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Megapro dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Megapro – Bagi Anda yang sedang mencari motor dengan konsumsi bensin yang irit, Honda Megapro bisa menjadi salah satu pilihannya. Motor ini terdiri dari mesin injeksi dan karburator yang konsumsi bensinnya berbeda.

Lalu berapa konsumsi bensin Megapro? Konsumsi bensin New Megapro FI adalah 50,72 km/liter, konsumsi bensin Mega Pro karbu adalah 45 km/liter, sedangkan konsumsi bensin Megapro Primus adalah 40 km/liter.

Informasi yang lebih jelas tentang Honda Megapro bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Megapro
  • Kapasitas Tangki Bensin Honda Megapro
  • Jenis Bensin yang Cocok untuk Honda Megapro
  • Dampak Penggunaan Bensin Oktan Tinggi untuk Honda Megapro
  • Penyebab Kran Bensin Megapro Rembes
  • Penyebab Indikator Bensin Megapro Mati
Advertisements

Konsumsi Bensin Megapro

Honda Megapro FI atau injeksi memiliki konsumsi bensin yang lebih irit dibandingkan dengan Honda Megapro generasi sebelumnya. Berikut adalah konsumsi bensin Honda Megapro.

Tipe MotorKonsumsi Bensin
New Megapro FI50,72 km/liter
Megapro karbu45 km/liter
Megapro Primus40 km/liter

Kapasitas Tangki Bensin Motor Megapro

Kapasitas tangki bensin Honda Megapro semua tipe sama, yaitu 12,3 liter. Dengan kapasitas tangki tersebut, motor Megapro bisa berjalan hingga 500 km saat dilakukan pengisian bensin full.

Jenis Bensin yang Cocok untuk Honda Megapro

Penggunaan jenis BBM pada motor harus sesuai dengan rasio kompresinya. Hal tersebut agar proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar lebih sempurna.

Advertisements

Sesuai dengan rasio kompresinya, jenis bensin yang sesuai untuk Honda Megapro adalah Pertalite atau jenis bensin yang mengandung RON minimal 90.

Dengan menggunakan jenis bensin yang sesuai, maka kinerja mesin menjadi maksimal serta tarikan mesin akan lebih halus.

Dampak Penggunaan Bensin Oktan Tinggi untuk Megapro

Semakin tinggi nilai oktan yang terkandung pada bensin, maka semakin lambat pula bensin tersebut terbakar. Untuk itu, penggunaan bensin oktan tinggi tidak selalu cocok jika diapilikasikan pada setiap motor.

Sama halnya dengan Honda Megapro. Dengan rasio kompresi mesin 9,5 : 1, jenis bensin yang cocok adalah Pertalite dengan RON 90. Jika motor Megapro dipaksa menggunakan BBM yang mengandung RON terlalu tinggi seperti Pertamax turbo, maka bisa menurunkan performa mesin.

Karena Pertamax memiliki kandungan RON yang tinggi. Apabila digunakan pada Honda Megapro, maka proses pembakaran jadi tidak sempurna sehingga meninggalkan residu. Efeknya motor Megapro bisa mengalami mati mendadak.

Penyebab Kran Bensin Megapro Rembes

Kran bensin motor Megapro memiliki fungsi untuk mengatur aliran bensin menuju ke ruang bakar. Jika kran bensin rusak, maka bensin akan bocor. Ciri – ciri kran bensin rusak adalah ditemukan rembesan bensin yang menetes dari kran bensin.

Penyebab kran bensin Megapro bisa rembes adalah adanya tumpukan kotoran di sambungan tangki bawah. Jika rembesan bensin terjadi terus menerus, lama kelamaan bensin di dalam tangki akan habis.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda lakukan kuras tangki untuk menghilangkan tumpukan kotoran yang berada di dalam tangki. Anda juga bisa mengecek kondisi tangki setiap 6 bulan sekali.

Penyebab Indikator Bensin Mega Pro Mati

Indikator bensin pada motor Megapro berfungsi sebagai petunjuk isi bensin yang ada di dalam tangki. Jika indikator bensin mati, hal tersebut tentu sangat merepotkan bagi pemilik motor.

Beberapa penyebab indikator bensin Megapro mati antara lain:

Advertisements

Pelampung bensin Megapro bermasalah

Pelampung bensin yang rusak bisa menjadi salah satu alasan mengapa indikator bensin tidak berfungsi. Cara untuk mengetahui kerusakan pada rangkaian kabel pelampung adalah menggunakan AVO meter. Jika indikator bensin tetap tidak menyala, berarti pelampung bensin perlu diganti.

Putusnya jaringan kabel

Indikator bensin akan menyala jika ada aliran listrik yang mengalir melalui kabel. Jika ada jaringan kabel yang putus, maka listrik tidak akan bisa dialirkan dengan normal, sehingga bisa dipastikan lampu indikator tidak akan bisa menyala.

Speedometer motor Megapro rusak

Speedometer bisa menyala karena adanya aliran listrik melalui jaringan kabel di bawahnya. Seiring bertambahnya usia motor, bisa jadi komponen tersebut mengalami kerusakan sehingga indikator tidak bisa menyala.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu membawanya ke bengkel untuk pengecekan.

Aki motor Megapro habis

Aki menjadi sumber listri pada motor Megapro. Jika aki bermasalah, maka suplai listrik pada motor akan terganggu. Hal tersebut tentu membuat kinerja sensor akan terganggu dan indikator mesin jadi tidak berfungsi.