Konsumsi Bensin March dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin March – mobil Nissan March adalah salah satu mobil yang banyak digunakan oleh wanita. Dari segi konsumsi bahan bakarnya pun mobil ini dinilai lebih irit dari pada mobil Honda Brio.

Lantas berapa konsumsi bensin March? Konsumsi bensin March 1,2 MT, 1,2 AT, 1,2 XS AT  adalah 149 km/liter. Lalu konsumsi bensin March 1,5 MT, 1,5 AT adalah 23,8 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin March NISMO adalah 18,5 km/liter.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai konsumsi bensin March yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bahan Bakar NissanMarch per Liter
  • Ukuran Tangki dan Jenis Bensin yang Cocok untuk Nissan March
  • Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Nissan March dan Honda Brio
  • Efek Buruk Nissan March Telat Isi Bensin

Konsumsi Bensin March

Berikut ini adalah tabel pemakaian bahan bakar mobil Nissan March per tipenya dan disajikan dalam bentuk tabel, yaitu:

Jenis MobilKonsumsi BBM
Nissan March 1,2 MT14,9 km/liter
Nissan March 1,2 AT14,9 km/liter
Nissan March 1,2 XS AT14,9 km/liter
Nissan March 1,5 MT23,8 km/liter
Nissan March 1,5 AT23,8 km/liter
Nissan March NISMO18,5 km/liter

Ukuran Tangki dan Jenis BBM untuk Mobil March

Masing-masing kendaraan tentu saja mempunyai kapasitas mesin dan ukuran yang berbeda. Oleh sebab itu, sebagai pemilik kendaraan anda harus mengetahui tiap detail komponen yang ada untuk memudahkan Anda dalam melakukan perawatan.

Ukuran Tangki Mobil Nissan March

Semua tipe untuk mobil Nissan March memiliki ukuran tangki bahan bakar yang sama, yaitu sebesar 41 L. Ukuran ini dapat digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Jenis Bensin yang Sesuai untuk Mobil Nissan March

Mobil Nissan March menggunakan bensin dengan nilai oktan (RON 92). Maka dari itu bensin ini sangat dianjurkan untuk menggunakan bensin Pertamax. Hal ini karena mobil Nissan March memiliki rasio kompresi sebesar 10,2 :1.

Berdasarkan ukuran kompresi mesin tersebut maka standarkualitas bahan yang bakar yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda. Pilihan lain yang dapat Anda gunakan adalah Pertamax Turbo dengan RON 95.

Semakin tinggi nilai oktan yang ada pada bbm untuk mobil Nissan March dapat mempermudah proses pembakaran dan tanpa meninggalkan residu. Sebaliknya Anda bisa menghindari pemakaian bahan bakar dibawah RON 92, seperti Pertalite (RON 90).

Perbandingan Konsumsi BBM March dan Brio

Di kelas mesin untuk mobil Nissan March ini terdapat mobil Honda Brio yang memiliki kesamaan mesin sebesar 4 tak. Oleh sebab itu tidak heran jika kedua kendaraan ini sering diperbandingkan untuk menentukan kendaraan yang paling irit.

Maka dari itu kali ini akan dicari perbandingan nilai konsumsi bahan bakar untuk mobil Nissan March dan Honda Brio. Lantas siapakah diantara keduanya yang paling irit?

Untuk mengetahui hal tersebut Anda dapat melihatnya pada penjelasan di bawah ini, yaitu:

Merk MobilKonsumsi Bensin
Nissan March Nismo18,5 km/liter
Honda Brio Satya16,9 km/liter

Dari tabel diatas maka Anda dapat mengetahui bahwa Nissan March jauh lebih irit dibandingkan dengan mobil Honda Brio. Nissan memiliki nilai 1,5 km/liter lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil Honda Brio.

Sesuai dengan penjelasan diatas Anda juga bisa menyimpulkan bahwa uji konsumsi bahan bakar bisa menunjukkan hasil yang tidak sama. Sebab dalam kegiatannya ditentukan oleh beberapa variabel seperti gaya berkendara, kepadatan jalan dan beban muat yang dibawa.

Efek Buruk Nissan March Telat Isi Bensin

Bagi Anda yang masih sering membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong, wajib untuk memperbaiki kebiasaan tersebut. Sebab faktanya hal ini akan memberikan beberapa dampak buruk bagi kendaraan Anda.

Berikut ini adalah dampak buruk dari mobil Nissan March yang telat diisi bahan bakar, yaitu:

Mobil Jadi Sulit Dihidupkan

Mobil yang telat melakukan isis bensin akan membuat mobil jadi lebih sulit untuk dinyalakan. Hal ini karena sistem karburator yang telah rusak dan tidak bisa mendorong agar mesin bisa hidup secara sempurna.

Terganggunya Sistem Pada Injeksi

Selain itu mobil Nissan march injeksi memiliki pompa bahan bakar yang harus terendam di dalam tangki. Sedangkan jika bensin habis maka sistem injeksi pada kendaraan tersebut akan terganggu.

Terjadinya Overheat

Tangki bensin yang kosong dapat membuat sistem pompa bahan bakar menjadi mudah panas atau overheat. Kondisi ini jika dibiarkan dapat merusak sistem bahan bakar dan komponen mesin lainnya.

Munculnya Karat yang Mengganggu

Salah satu kerusakan fatal dari membiarkan tangki bahan bakar kosong adalah timbulnya kerak pada tangki. Jika kondisi ini sudah terjadi maka Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pengurasan tangki di bengkel.