Konsumsi Bensin Luxio dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Luxio – Mobil MPV Luxio pabrikan Daihatsu tergolong memiliki kapasitas tangki bensin yang sedikit. Untuk mengetahui berapa kapasitas tangki dan jumlah konsumsi bensin Luxio, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin Luxio? Konsumsi bensin Luxio adalah 10,1 km/liter untuk rute dalam kota. Sedangkan, 13,9 km/liter untuk rute luar kota dengan kapasitas tangki 43 liter.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Luxio
  • Kapasitas Tangki Bensin Mobil Luxio
  • Penyebab Konsumsi Bensin Mobil Luxio Boros
  • Cara Irit BBM Daihatsu Luxio
  • Tanda – Tanda Filter Bensin Luxio Harus Dibersihkan

Konsumsi Bensin Luxio

Di bawah ini merupakan konsumsi bensin Luxio.

Advertisements
Tipe MobilKonsumsi Bensin
Luxio (Rute dalam kota)10,1 km/liter
Luxio (Rute luar kota)13,9 km/liter

Salah satu cara untuk mengetahui konsumsi bensin Luxio yaitu melakukan perjalanan dalam kota atau luar kota. Berdasarkan data tabel di atas, konsumsi bensin Luxio saat perjalanan rute dalam kota lebih boros dibandingkan luar kota.

Hal ini dikarenakan, ketika berkendara dalam kota, Anda akan menemui banyak kemacetan, sehingga lebih sering melakukan pengereman dan akselerasi yang dapat membuat suplai bahan bakar menjadi lebih boros.

Perlu diketahui bahwa, mobil Luxio memiliki rasio kompresi 10:1, maka jenis bahan bakar yang direkomendasikan untuk dikonsumsi beroktan 90 (Pertalite) atau 92 (Pertamax). 

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Luxio

Setelah mengetahui konsumsi bensin Luxio, Anda akan penasaran berapa kapasitas tangki bensin Luxio?

Kapasitas tangki bensin Luxio adalah 43 liter. Ukuran tersebut sama dengan ukuran tangki bensin Daihatsu Gran max. Namun, kapasitas tangki bensin luxio lebih kecil, jika dibandingkan dengan Suzuki APV.

Advertisements

Penyebab Konsumsi Bensin Luxio Boros

Ada beberapa hal yang membuat konsumsi bahan bakar mobil Luxio boros, antara lain :

Filter udara tersumbat

Jika pada filter udara tersumbat, maka aliran udara yang masuk akan terhalang oleh kotoran atau debu yang menumpuk. Hal tersebut dapat mengakibatkan suplai udara yang masuk dalam mesin akan berkurang, sehingga kinerja piston semakin berat, dan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

Terlalu sering menggunakan AC suhu paling dingin

Saat berkendara dan menyalakan AC dengan suhu paling rendah (dingin) dalam jangka waktu yang lama dapat membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros. Hal tersebut dikarenakan, kinerja AC dibebankan pada mesin, sehingga konsumsi mesin terhadap bahan bakar menjadi lebih banyak.

Tekanan angin pada ban kurang

Ban kempes dan gundul dapat membuat konsumsi bensin mobil menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan, ban kempes akan sering mengalami gesekan dengan aspal, sehingga membuat beban mesin semakin berat, dan butuh tenaga (bahan bakar) lebih banyak.

Penggunaan ban tapak besar

Selain ban kempes, dan gundul, penggunaan ban ukuran yang besar juga dapat menambah gesekan, serta beban mesin, sehingga dapat membuat konsumsi bensin Luxio boros.

Cara Irit BBM Daihatsu Luxio

Dibawah ini beberapa cara menghemat bensin mobil Luxio.

Advertisements
  • Saat perpindahan gigi, lakukan sebelum 2000 – 3000 RPM
  • Gunakan jenis bahan bakar yang sesuai
  • Hindari akselerasi dan pengereman yang tidak diperlukan
  • Pastikan tekanan angin ban cukup
  • Jangan membawa beban melebihi kapasitas
  • Gunakan kecepatan stabil
  • Atur suhu AC sesuai dengan kebutuhan

Tanda – Tanda Filter Bensin Luxio Harus Dibersihkan

Berikut tanda – tanda filter bensin mobil Daihatsu Luxio harus dibersihkan.

Terjadi penurunan performa mesin mobil

Kerusakan yang terjadi pada filter bensin biasanya disebabkan karena kotoran yang menumpuk pada filter sudah waktunya untuk dibersihkan.

Apabila hal tersebut dibiarkan, dapat membuat aliran bahan bakar tersumbat dan terjadi penurunan performa mesin yang akan sangat dirasakan saat mobil melewati tanjakan. Namun, perlu diketahui bahwa penurunan performa mesin mobil disebabkan komponen filter yang rusak.

Mesin mobil Luxio sulit dinyalakan

Filter yang terdapat dalam tangki bensin berfungsi untuk menyaring kotoran yang akan masuk ke dalam pompa bensin. Jika kotoran yang menumpuk pada filter bensin mobil terlalu banyak, dapat terjadi penyumbatan aliran bahan bakar, sehingga mobil sulit untuk dinyalakan.

Mesin mobil Luxio berhenti mendadak

Saat komponen penyaring bensin terjadi penyumbatan, mobil tetap dapat berjalan. Namun, bahan bakar akan cepat habis, ketika mesin dinyalakan. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, maka akan membuat kinerja mesin semakin terhambat.

Apabila kondisi filter bensin benar – benar telang usang, sebaiknya ganti dengan yang baru. Berdasarkan informasi yang diperoleh, penggantian filter bensin mobil dilakukan seta 2 tahun sekali atau per 40.000 km, tetapi tergantung dengan kondisinya.