Advertisements

Konsumsi Bensin L300 dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin L300 – Bahan bakar L300 terdiri dari solar dan bensin. Kebanyakan orang memanfaatkan L300 ini sebagai mobil angkutan barang. Namun, untuk mengetahui kehematan konsumsi bensin L300, silahkan simak artikel di bawah ini.

Berapa konsumsi bensin L300? Konsumsi bensin L300 pick up diesel adalah 9,4 km/liter. Sedangkan, konsumsi bensin L300 minibus sebesar 7,8 km/liter untuk rute dalam kota.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin L300
  • Kapasitas Bensin Mitsubishi L300
  • Penyebab Mesin Diesel L300  Boros
  • Akibat Mencampur BBM Mobil L300
Advertisements

Konsumsi Bensin L300

Anda bisa mengetahui seberapa hemat mobil L300, dengan melakukan percobaan perbandingannya. Di bawah ini merupakan daftar konsumsi bahan bakar L300 yang tersaji dalam bentuk tabel:

Tipe MobilKonsumsi Bensin
L300 Pick Up / Diesel 2.5 L9,4 km/liter
L300 Minibus Standar (Rute dalam kota) / Bensin7,8 km/liter

Tabel di atas, merupakan perbandingan yang dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek yang sama, seperti tahun kendaraan.

Selain tahun kendaraan, spesifikasi mesin menjadi hal penting sebelum membeli mobil, terutama dalam kondisi bekas.  Dengan mengetahui spesifikasi mesin, Anda akan mengetahui jenis bahan bakar apa yang sesuai dan seberapa hemat konsumsi bensinnya.

Kapasitas Bensin Mitsubishi L300

Kapasitas tangki bensin mobil L300 berbeda – beda, disesuaikan dengan kapasitas mesin dan ukuran bensin. Semakin besar kapasitas mesin mobil, maka semakin besar kapasitas tangki bensin.

Berikut informasi ukuran kapasitas tangki bensin L300.

Advertisements
Tipe MobilKapasitas Tangki
L300 Pick Up47 liter
L300 Minibus Standar47 liter

Penyebab Mesin Diesel L300 Boros

Secara umum, mobil bermesin diesel terkenal tangguh dan hemat konsumsi bahan bakar. Namun, ada beberapa penyebab yang dapat membuat konsumsi bahan bakar L300 menjadi boros, antara lain :

Terjadi kerusakan nozzle injector

Nozzle injector merupakan komponen berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar ke ruang pembakaran. Terhadinya kerusakan atau jebolnya injektor dapat membuat volume bahan bakar yang keluar akan lebih banyak, sehingga konsumsi bensin menjadi boros.

Salah satu tanda untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut, biasanya akan muncul asap hitam dari knalpot karena proses pembakaran yang tidak sempurna.

Kompresor AC selalu menyala

Kompresor AC yang selalu menyala dapat membut beban kerja mesin bertambah, sehingga memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Oleh karen itu, jika kompresor AC secara terus menerus menyala, maka konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros.

Filter udara kotor

Advertisements

Dengan adanya filter udara, kotoran akan tersaring dan tidak masuk ke dalam mesin. Semakin lama jumlah kotoran yang tersaring akan semakin banyak, sehingga kotoran akan menumpuk.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka akan terjadi kemampetan, sehingga suplai udara ke dalam mesin berkurang, sehingga lebih banyak menyemprotkan bahan bakar agar mesin tetap menyala. Hal tersebutlah yang membuat konsumsi bahan bakar mobil diesel boros.

Sistem pendingin bermasalah

Terjadinya kerusakan pada sistem pendingin dapat membuat mesin sulit mencapai suhu kerja ideal, sehingga jumlah udara dan bahan bakar yang mengalir ke dalam mesin lebih banyak.

Penggunaan ban mobil tapak lebar

Ban mobil dengan tapak lebar membuat permukaan yang menempel pada aspal semakin banyak, sehingga tenaga mesin dan jumlah konsumsi bahan bakar yang diperlukan juga semakin banyak.

Kesalahan dalam cara berkendara

Selain kerusakan komponen, konsumsi bahan bakar yang boros diakibatkan karena cara kemudi yang tidak tepat.

Jika Anda mengemudi secara ugal – ugalan, dan sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak dapat membuat jumlah bahan bakar yang diperlukan lebih banyak.

Hal tersebut dikarenakan, ketika Anda melakukan peningkatan kecepatan akan membuat throttle valve terbuka besar, dan mesin membutuhkan tenaga yang besar.

Dengan terbukan throttle valve membuat jumlah udara yang masuk semakin banyak, sehingga konsumsi bahan bakar yang diperlukan bertambah untuk meningkatkan putaran mesin agar peningkatan kecepatan / akselerasi tercapai.

Akibat Mencampur BBM Mobil L300

Seperti yang telah diketahui bahwa mobil L300 dipasarkan dengan mesin diesel dan bensin. Untuk L300 mesin diesel biasanya menggunakan solar.

Di dalam bahan bakar mobil mesin diesel terdapat kandungan oli yang berperan membantu pelumasan pada injection pump. Oleh karena itu, jika bahan bakar jenis bensin dimasukkan dalam mesin diesel dapat menyebabkan pembakaran dini (mesin ngelitik atau knocking).

Terjadinya pembakaran dini tersebut disebabkan karena tidak adanya kandungan oli (pelumas), membuat suhu meningkat hingga menyebabkan overheating.

Jika Anda mencampurnya hanya seperempat / setengah dari kapasitas tangki, masih tergolong aman untuk tidak terjadinya turun mesin. Namun, alangkah baiknya jika menggunkaan jenis bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik.