Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Karisma dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Karisma – Honda Karisma merupakan salah satu motor bebek keluaran tahun lama. Ukuran tangki bensin Karisma lama lebih kecil, jika dibandingkan Karisma 125S (Matic). Sedangkan, untuk mengetahui konsumsi bensin Karisma, Anda dapat menyimak artikel di bawah ini.

Berapa jumlah konsumsi bensin Karisma? Konsumsi bensin Karisma lama adalah 1 : 50 atau 50 km/liter dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3,7 liter. Untuk kapasitas tangka karisma baru/matic adalah 5,1 liter.

Pada artikel “Bensi Karisma” akan membahas tentang :

  • Konsumsi Bensin Karisma
  • Kapasitas Tangki Bensin Motor Karisma
  • Penyebab Indikator Bensin Honda Karisma Rusak
  • Penyebab Kran Vakum Bensin Karisma Bocor
  • Jenis Bahan Bakar Motor Karisma
  • Cara Bersihkan Filter Bensin Karisma
Advertisements

Konsumsi Bensin Karisma

Jumlah konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor dapat dihitung dengan cara membandingkan volume bensin dengan jumlah kilometer yang ditempuh.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, diketahui jumlah konsumsi bensin Karisma 125 lama yaitu 1 : 50. Hal tersebut dapat diartikan bahwa konsumsi 1 liter bensin dapat digunakan berkendara sampai 50 km atau 50 km/liter.

Kapasitas Tangki Bensin Motor Karisma

Seperti penjelasan di atas ukuran tangki BBM antara Karisma lama dan baru memiliki perbedaan. Di bawah ini merupakan daftar kapasitas tangki bahan bakar Honda Karisma.

Tipe MotorKapasitas Tangki
Karisma 125 D3,7 liter
Karisma X 1253,7 liter
Modenas Karisma 125 S (Baru / Matic)5,1 liter
Advertisements

Jenis Bahan Bakar Motor Karisma

Saat memilih jenis bahan bakar yang sesuai untuk motor, Anda harus mengetahui besar kecilnya rasio kompresi. Hal tersebut dikarenakan kesalahan pemilihan jenis bensin dapat menimbulkan kerusakan pada mesin.

Berikut informasi jenis bahan bakar yang digunakan motor Karisma.

Tipe MotorRasio KompresiJenis BBM
Karisma 125D9 : 1Premium / Pertalite
Karisma X1259 : 1Premium / Pertalite
Karisma 125S10 : 1Pertalite / Pertamax

Penyebab Indikator Bensin Honda Karisma Rusak

Ketika indikator bensin menunjukkan kondisi bensin full, tetapi isi tangki BBM telah habis, maka hal tersebut pertanda bahwa indikator mengalami kerusakan.

Berikut beberapa penyebab indikator bensin Karisma rusak.

  • Terjadi kerusakan pada pelampung
  • Adanya masalah kelistrikan, dan fuel sensor
  • Terjadi kerusakan pada komponen aki
  • Terjadi kerusakan di bagian speedometer
  • Tangki bensin mengalami perubahan bentuk
Advertisements

Biasanya pemilik Honda Karisma mengeluhkan LCD indikator bensin yang meleleh. Hal tersebut dapat terjadi ketika layar LCD mengalami sunburn atau terlalu lama terpapar sinar matahari. Namun, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan mengganti filter polarizer.

Penyebab Kran Vakum Bensin Karisma Bocor

Kran vakum bensin berfungsi sebagai pembuka dan penutup aliran bensin menuju ruang pembakaran. Keran ini memiliki 2 saluran, yaitu menuju manifold, dan karburator. Cara kerja kran vakum secara otomatis, ketika mesin motor distarter, maka keran akan terbuka dan mengalirkan bensin.

Ketika telah mengetahui bahwa kendaraan bermotor yang Anda menggunakan kran bensin tipe vakum, sebaiknya lakukan pengecekan untuk berjaga – jaga adanya kebocoran.

Kebocoran yang terjadi pada kran vakum motor biasanya disebabkan oleh melemahnya per / pegas, sehingga membuat membran terus terbuka. Dengan terbukanya membran tersebut dapat membuat bensin secara terus menerus hingga karburator banjir.

Cara Bersihkan Filter Bensin Karisma

Filter bensin pada motor berfungsi sebagai penyaring partikel atau debu pada bahan bakar sebelum menuju karburator. Jika filter bensin kotor mengakibatkan pompa bensin terhambat, sehingga motor mengalami kemacetan.

Di bawah ini merupakan cara membersihkan filter bensin motor.

  1. Silahkan buka pompa bahan bakar.
  2. Selanjutnya, keluarkan filter bensin yang berada di pompa bensin.
  3. Lepaskan filter bensin dari pompa bahan bakar.
  4. Lakukan pembersihan menggunakan bensin yang bersih.
  5. Setelah itu, keringkan filter bensin dengan udara bertekanan.
  6. Jika pembersihan telah selesai, lakukan pemasangan kembali.

Apabila filter bensin benar – benar kotor dan tidak dapat dibersihkan kembali, sebaiknya Anda membeli filter bensin yang baru. Untuk harga filter bensin Honda Karisma sekitar Rp. 201.500.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, penggantian / perawatan filter bensin motor sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 30.000/ 40.000 km.