Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Jupiter per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Jupiter – Banyak orang yang menggunakan motor Jupiter untuk pemakaian sehari – hari karena dianggap konsumsi bbm nya yang irit. Jika Anda membutuhkan motor dengan konsumsi bensin yang irit, Yamaha Jupiter bisa menjadi pilihannya.

Lalu berapa konsumsi bensin Jupiter? Konsumsi bensin Jupiter Z1 adalah 55 km/liter, konsumsi bensin New Jupiter Mx adalah 47 km/liter, dan konsumsi bensin Yamaha Jupiter Z adalah 44 km/liter.

Jika ingin mendapatkan informasi seputar bensin Jupite, silahkan baca artikel ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Jupiter
  • Kapasitas Tangki Bensin Yamaha Jupiter
  • Rekomendasi Bahan Bakar yang Cocok untuk Yamaha Jupiter
  • Dampak Penggunaan Bahan Bakar tidak Sesuai Rasio Kompresi Jupiter
  • Akibat Kran Vacum Bensin Jupiter Tersumbat dan Cara Mengatasinya
Advertisements

Konsumsi Bensin Jupiter

Yamaha Jupiter membutuhkan konsumsi bahan bakar yang berbeda – beda. Konsumsi bensin tersebut dipengaruhi oleh kecepatan laju motor, beban motor, serta tekanan angin bannya.

Berikut adalah konsumsi bensin Yamaha Jupiter:

Tipe MotorKonsumsi Bensin
Yamaha Jupiter Z155 km/liter
Yamaha New Jupiter MX47 km/liter
Yamaha Jupiter Z44 km/liter

Kapasitas Tangki Bensin Motor Jupiter

Yamaha Jupiter memiliki kapasitas tangki yang berbeda – beda.  Semakin besar kapasitas tangki bensin, maka semakin besar pula kapasitas mesin yang digunakan.

Berikut adalah ukuran kapasitas tangki bensin motor Yamaha Jupiter

Tipe MotorKapasitas Tangki
Yamaha Jupiter Z14,1 liter
Yamaha Jupiter Z4,1 liter
Yamaha New Jupiter MX4 liter
Advertisements

Jenis Bahan Bakar Motor Jupiter dan Rasio Kompresi Nya

Terdapat berbagai jenis bensin yang dijual di Indonesia mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamax Turbo. Setiap jenis bensin tersebut memiliki kandungan oktan tertentu yang tidak semuanya cocok digunakan untuk motor Yamaha Jupiter.

Pemilihan jenis bahan bakar untuk motor Jupiter harus sesuai dengan rasio kompresinya agar proses pembakaran lebih sempurna.

Berikut jenis bahan bakar yang cocok untuk motor Yamaha Jupiter sesuai dengan rasio kompresinya.

Tipe MotorRasio KompresiJenis Bahan Bakar
Jupiter Z19,3 : 1Pertalite
Jupiter Z9,3 : 1Pertalite
New Jupiter MX 15010,4 : 1Pertamax
New Jupiter MX 13510,9 : 1Pertamax
Advertisements

Dampak Penggunaan Bahan Bakar tidak Sesuai Rasio Kompresi Jupiter

Rasio kompresi merupakan perbandingan volum silinder saat piston berada di titik terendah dan titik paling atas. Semakin tinggi perbadingan rasio kompresi tersebut, semakin banyak pula bahan bakar yang terbakar.

Jika rasio kompresi tinggi, maka membutuhkan bahan bakar dengan tingkat RON yang tinggi juga. Lalu bagaimana jika motor Jupiter menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kompresinya? Berikut penjelasannya.

Dampak Penggunaan Bensin Oktan Rendah pada Rasio Kompresi Jupiter Tinggi

Yamaha Jupiter keluaran terbaru memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi. Misalkan saja Jupiter MX 135 dengan rasio kompresi 10,9 : 1. Bahan bakar yang cocok adalah Pertamax dengan RON 92. Jika dipaksa menggunakan bensin Pertalite dengan RON 90, maka mesin bisa cepat panas.

Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka ledakan mesin bisa terjadi lebih cepat. Akibatnya, karbon bisa menumpuk di ruang bakar dan membuat kompresi menjadi lebih panas. Jika dibiarkan bisa terjadi kebocoran kompresi dan mesin Jupiter mengalami kerusakan.

Dampak Penggunaan Bensin Oktan Tinggi pada Rasio Kompresi Jupiter Rendah

Sama halnya dengan kompresi tinggi, penggunaan bensin oktan tinggi pada motor Jupiter yang rasio kompresinya rendah juga tidak baik. Misalkan motor Jupiter Z idealnya menggunakan Pertalite RON 90. Jika diberi bensin Pertamax Plus dengan RON 95, maka bisa menimbulkan masalah.

Penggunaan oktan tinggi pada rasio kompresi Jupiter yang rendah bisa menyebabkan proses pembakaran pada ruang mesin tidak sempurna. Sisa bahan bakar yang tidak terbakar bisa menimbulkan kerak karbon dan bisa menyebabkan berbagai masalah pada mesin jupiter nantinya.

Akibat Kran Vacum Bensin Jupiter Tersumbat dan Solusinya

Kran vakum merupakan salah satu komponen pada motor Jupiter yang memiliki fungsi untuk mengalirkan bensin secara otomatis.

Biasanya kran vacum tersebut mengalami penyumbatan oleh kotoran yang ada pada tangki sehingga aliran bensin dari tangki ke karburator menjadi kurang. Selain itu, penyumbatan juga bisa terjadi karena penggunaan bensin eceran yang kotor.

Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka bisa menimbulkan berbagai masalah. Berikut beberapa akibat kran vacum motor Jupiter bermasalah.

  • Mesin motor Jupiter susah dinyalakan menggunakan stater
  • Konsumsi bahan bakar Jupiter menjadi lebih boros
  • Busi motor mudah basah sehingga menyebabkan busi cepat rusak
  • Stationer motor Jupiter menjadi tidak stabil

Jika kran vacum Jupiter Anda sedang bermasalah, Anda perlu memperbaikinya dengan segera agar motor bisa bekerja dengan normal.

Jika kondisi vakum bensin sudah parah, Anda bisa mengganti vacum bensin Jupiter dengan yang baru. Namun jika kondisi vakum bensin masih baik, maka Anda bisa melakukan pembersihan sendiri.

Berikut cara membersihkan vakum bensin yang tersumbat:

  1. Cabut selang yang terhubung dari keran vakum ke karburator.
  2. Tusuk – tusuk selang tersebut menggunakan kawat besi agar kotoran keluar.
  3. Agar lebih bersih, tiup lubang menggunakan angin kompresor.