Konsumsi Bensin Innova per Kilometer dan Ukuran Tangki Nya

Bensin Innova – Toyota Innova diproduksi dengan 2 tipe mesin, yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Untuk konsumsi bensinnya, Toyota Innova Reborn dikatakan lebih irit jika dibandingkan Innova generasi awal.

Advertisements

Lalu berapa liter konsumsi bbm Innova per kilometernya? Konsumsi bensin Innova generasi awal mesin bensin adalah 8 km/liter, dan konsumsi bensin Innova generasi awal mesin diesel adalah 11 km/liter. Sedangkan konsumsi Toyota Innova Rebor mesin besin adalah 11,6 km/liter, dan konsumsi bensin Innova Reboen mesin diesel adalah 12 km/liter.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang bensin Innova:

  • Konsumsi bensin Toyota Innova per Kilometer
  • Kapasitas Tangki Bensin Mobil Toyota Innova
  • Jenis Bahan Bakar Terbaik untuk Toyota Innova
  • Akibat Penggunaan Jenis Bensin yang Tidak Tepat pada Innova
  • Gejala Filter Bensin Mobil Innova Bermasalah
Advertisements

Konsumsi bensin Toyota Innova per Kilometer

Berikut adalah tabel konsumsi bahan bakar Toyota Innova semua generasi.

Tipe MobilUkuran Bensin
Toyota Innova Generasi awal mesin bensin8 km / liter
Toyota Innova Generasi awal mesin diesel11 km / liter
Toyota Innova Reborn mesin bensin11,6 km / liter
Toyota Innova Reborn mesin diesel12,5 km / liter

Toyota Reborn merupakan mobil Toyota generasi terbaru yang mulai diluncurkan pada tahun 2016. Karena transmisi baru yang ada pada Innova Reborn membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit hingga 10% dibandingkan dengan Innova generasi awal.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Toyota Innova

Toyota Kijang Innova semua tipe memiliki kapasitas tangki bensin yang sama, yaitu 55 liter. Kapasitas tangki bensin Innova ini lebih besar dibandingkan saudaranya Toyota Avanza yang kapasitas tangki bensinnya 45 liter. Sehingga perjalanan jauh yang ditempuh dengan mobil Innova menjadi lebih aman.

Jenis Bahan Bakar Terbaik untuk Toyota Innova

Mesin yang digunakan untuk Toyota Innova ada 2 jenis, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Kedua jenis mesin tersebut membutuhkan bahan bakar yang berbeda.

Berikut adalah jenis bahan bakar yang cocok untuk Toyota Innova mesin bensin dan Toyota Innova mesin diesel.

Bahan Bakar yang Cocok untuk Innova Mesin Bensin

Advertisements

Sesuai dengan anjuran pabrik, bahan bakar yang cocok untuk Toyota Innova adalah Pertamax dengan nilai RON 92.

Meskipun begitu, Anda masih bisa menggunakan bahan bakar Pertalite dengan kandungan RON 90. Hal tersebut karena Toyota Innova memiliki kompresi 9,8 : 1 yang cocok menggunakan bahan bakar Pertalite.

Namun akan lebih baik jika Toyota Innova menggunakan bahan bakar yang sesuai anjuran dari pabrik, yaitu Pertamax.

Bahan Bakar yang Cocok untuk Innova Mesin Diesel

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan bakar Innova mesin diesel adalah yang kandungan sulfurnya rendah. Tujuannya adalah agar emisi gas buang tetap terjaga dan filter bensin tetap bersih.

Jadi, bahan bakar yang cocok untuk Toyota Innova mesin diesel adalah Pertamina Dex.

Karena solar Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur yang rendah sehingga mampu mencegah terjadinya korosi.

Akibat Penggunaan Jenis Bensin yang Tidak Tepat pada Innova

Dampak penggunaan bensin yang tidak tepat pada innova mesin bensin dan mesin diesel berbeda. Hal ini dikarenakan performa mesin pada kedua tipe tersebut juga berbeda. Berikut penjelasannya.

Advertisements

Pada pada Innova Mesin Bensin

Jenis bensin yang dianjurkan oleh pabrik untuk Toyota Innova adalah Pertamax. Jika Toyota Innova menggunakan bahan bakar yang lebih rendah seperti Pertalita, maka efek buruknya adalah sisa pembakaran akan menempel pada sistem pembakaran.

Pada Innova Mesin Diesel

Bahan bakar yang disarankan untuk Innova mesin diesel adalah yang mengandung sulfur rendah. Jika penggunaan bahan bakar diganti dengan yang mengandung sulfur tinggi bisa membuat ruang bakar dan filter bensin menjadi mudah kotor.

Selain itu, biaya perbaikan yang dibutuhkan lebih banyak karena usia pemakaian fuel filter jadi lebih singkat. Oleh sebab itu, gunakan bahan bakar Innova yang sesuai anjuran pabrikan.

Gejala Filter Bensin Mobil Innova Bermasalah

Saringan atau filter bensin memiliki fungsi menyaring kotoran agar tidak bercampur dengan bahan bakar. Jika kinerja filter bensin bisa terganggu, sehingga penyaringan kotoran menjadi tidak maksimal.

Berikut gejala fiter bensin Toyota Innova bermasalah.

Mesin mobil Innova sulit dinyalakan

Selain pada busi dan aki, mesin yang tidak mau hidup juga bisa disebabkan oleh filter bensin yang tersumbat. Hal tersebut bisa terjadi karena bensin yang mengalir ke ruang bak tidak mencukupi. Akibatnya, sistem pembakaran bahan bakar menjadi terganggu dan mesin Innova susah dinyalakan.

Mesin Innova tiba – tiba mogok

Pasokan bahan bakar yang kurang bisa menyebabkan mesin Innova mati mendadak. Biasanya hal tersebut diakibatkan penggunaan jenis bensin yang tidak sesuai, sehingga residu mengendap di dalam tangki bensin dan kotoran menyumbat filter bensin.

Mesin Innova tidak bertenaga

Performa mesin Innova yang berkurang bisa Anda rasakan terutama saat melewati jalan tanjakan. Hal tersebut terjadi karena bahan bakar tidak bisa mengalir akibat filter bensin yang tersumbat kotoran. Anda perlu melakukan pengecekan lebih detail untuk mengetahui penyebab turunnya kinerja mesin tersebut.