Konsumsi Bensin Hyundai dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Hyundai – Penggunaan bensin untuk mobil Hyundai masih berada di standar yang irit jika digunakan dalam sehari-hari.

Advertisements

Lalu berapa konsumsi bensin Hyundai? Konsumsi bensin Hyundai Grand i10 adalah 25,5 km/liter. Konsumsi bensin Hyundai Santa Fe dan Sataria adalah 10 km/liter. Konsumsi bensin Hyundai Creta adalah 13,3 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Hyundai Palisade adalah 25,5 km/liter.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap terkait konsumsi  bensin Hyundai yang dapat Anda ketahui.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bensin Hyundai Per Kilometer
  • Daya Muat dan Jenis Bensin untuk Mobil Hyundai
  • Perbandingan Konsumsi Bensin Hyundai Creta dan Honda HR-V
  • Efek Buruk Mobil Hyundai Telat Mengisi Bensin

Konsumsi Bensin Hyundai Per Kilometer

Mobil Hyundai telah mengeluarkan beberapa variasi mobil. Beberapa diantara sudah bertransformasi sebagai kendaraan yang mengguankan energi listrik dan bukan bensin. Meski begitu tipe mobil Hyundai bahan bakar bensin tetap diproduksi.

Berikut ini merupakan tabel konsumsi bensin untuk mobil Hyundai tiap tipenya, yaitu:

Advertisements
Jenis MobilKonsumsi Bensin
Hyundai Grand i1025,5 km/liter
Hyundai H19,1 km/liter
Hyunddai Santa Fe10 km/liter
Hyundai Tuscon15,7 km/liter
Hyundai Palisade25,5 km/liter
Hyundai Staria10 km/liter
Hyundai Creta13,3 km/liter

Dari hasi uji konsumsi bahan bakar yang ada dapat diperoleh dengan perhitungan antara jarak tempuh dan bahan bakar yang digunakan. Meski begitu beberapa faktor dapat mempengaruhi hasil dari uji coba, seperti gaya berkendara dan medan jalan yang dilalui.

Besar Tangki dan Jenis Bensin untuk Mobil Hyundai

Perlu Anda ketahui bahwa dalam memilih kendaraan Anda harus mengetahui berbagai keunggulan dan komponen yang ada. Salah satunya adalah mengetahui ukuran tangki bensin beserta jenis bensin yang tepat. Hal ini membantu Anda memilih jenis mobil yang tepat.

Berikut ini merupakan penjelasan terkait daya muat dan jenis bensin yang sesuai untuk mobil Hyundai, yaitu:

Besar Tangki Bensin Mobil Hyundai

Keseluruhan tipe mobil Hyundai yang ada dipasaran di bekali dengan ukuran tangki bensin yang tidak sama. Meski demikian dapat dipastikan bahwa kapasitas tangki bahan bakar yang dimiliki cukup besar diatas kendaraan pada umumnya.

Di bawah ini adalah informasi mengenai daya muat tangki bensin pada mobil Hyundai, yaitu:

Jenis MobilVolume Tangki
Hyundai Grand i1043 L
Hyundai H175 L
Hyunddai Santa Fe67 L
Hyundai Tuscon62 L
Hyundai Palisade71 L
Hyundai Staria75 L
Hyundai Creta50 L
Advertisements

Jenis Bensin yang Cocok untuk Mobil Hyundai

Penggunaan bensin pada mobil Hyundai harus memakai bensin dengan minimal nilai oktan sebesar 92, yaitu Pertamax. Namun alangkah lebih baik juga jika memakai bensin dengan nilai oktan 95, yaitu Pertamax Plus.

Hal ini disebabkan oleh besaran kompresi mesin pada mobil Hyundai yaitu sebesar 10,5 :1. Maka dari itu, jenis bensin yang tepat adalah Pertamax dan Pertamax Plus. Kondisi mesin kendaraan Anda bisa terganggu jika menggunakan bensin dengan nilai oktan yang rendah.

Nilai oktan atau RON tersebut adalah standar yang menentukan kualitas dari bensin tersebut. Maka dari itu, mobil Hyundai tidak diperbolehkan untuk menggunakan mobil dengan nilai Oktan 90 (Pertalite) atau oktan 88 (Premium)

Perbandingan Konsumsi Bensin Hyundai Creta dan HR-V

Mobil Hyundai banyak diminati oleh masyarakat karena konsumsi bahan bakarnya yang hemat. Meski demikian terdapat merk mobil lain dengan spesifikasi yang sama, yaitu Honda HR-V

Oleh karenanya Anda dapat membandingkan data konsumsi bensin antara mobil Hyundai Creta dan Honda HR-V. Sebab kedua mobil tersebut sama-sama menggunakan 4 tak dan menjadi rival di kelasnya.

Lalu siapakah mobil paling irit antara mobil Hyundai dan mobil Honda HR-V?

Untuk menjawab informasi tersebut silahkan melihat pada tabel perbandingan konsumsi bensin dibawah ini.

Advertisements
MerkKonsumsi Bensin
Honda HR-V11,5 km/liter
Hyundai Creta13,3 km/liter

Jika dilihat dari tabel perbandingan konsumsi bahan bakar diatas, maka bisa disimpulkan mobil Hyundai Creta lebih irit dari pada rivalnya, yaitu Honda HR-V. Hal ini karena menggunakan 1 liter bensin mobil Hyundai Creta bisa menempuh jarak yang lebih jauh.

Uji konsumsi bensin pada suatu kendaraan bisa dilihat langsung dari MID pada kendaraan. Meski demikian perhitungan konsumsi bensin bisa berbeda-beda, tergantung dari usia mesin kendaraan, lalu lintas dan kepadatan jalan beserta kecepatan yang dipakai.

Efek Buruk Mobil Hyundai Telat Mengisi Bensin

Meski merupakan hal yang terdengar sepela, namun mengisi bensin secara tepat waktu bagi semua kendaraan adalah hal yang penting. Sebab mobil dapat terkena dampak buruk jika tangki mobil dibiarkan kosong dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah efek buruk mobil Hyundai terlambat mengisi bensin yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Indikator Kawat Pelampung Rusak

Pada tangki bensin terdapat indikator kawat pelampung yang harus selalu terendam bakan bakar. Atau setidaknya Anda harus mengisi bahan bakar seperempat dari daya tampung tangki. Sebab hal ini bisa menyebabkan jarum indikator bensin tidak lagi akurat.

Proses Pembakaran Tidak Sempurna

Membiarkan tangki mobil dalam keadaan yang kosong bisa menimbulkan komponen asing masuk dalam bahan bakar Anda. Hal ini menjadikan pembakaran pada mesin tidak bisa berjalan dengan sempurna.