Konsumsi Bensin HRV per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin HRV – Honda HRV merupakan merupakan jenis mobil penumpang SUV (sport utility vehicle) yang diproduksi oleh Honda. Dari segi konsumsi bahan bakar, Honda HRV tergolong irit dibandingkan dengan mobil SUV lainnya.

Advertisements

Lantas berapa konsumsi bensin HRV? Konsumsi bensin HRV 1.5 E adalah 12 km/liter dan untuk konsumsi bensin HRV 1.8 Prestige adalah 10,5 km/liter. Hasil tersebut merupakan hasil uji berkendara dengan rute dalam kota.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai bensin HRV, anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin HRV
  • Jenis Bensin Yang Tepat Untuk HRV
  • Kapasitas Tangki HRV
  • Tanda Filter Bensin Honda HRV Bermasalah

Konsumsi Bensin HRV

Berikut ini merupakan tabel konsumsi bahan bakar Honda HRV berdasarkan tipe :

Advertisements
Tipe HRVKonsumsi Bensin
HRV 1.5 E12 km/liter
HRV 1.8L Prestige10,5 km/liter

Ukuran tersebut merupakan konsumsi bahan bakar HRV saat diuji di rute jalan dalam kota.

Selain itu tes juga dilakukan di rute luar kota dan tol dengan kecepatan konstan 100 km/jam. Untuk luar kota nilai konsumsi bensin HRV 1.5 E adalah 14,5 km/liter dan HRV 1.8L Prestige mencapai 15,6 km/liter.

Dan yang terakhir adalah rute jalan tol dengan kecepatan konstan 100 km/jam, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar HRV 1.5 E mampu mencapai 16,2 km/liter dan HRV 1.8L prestige mencapai 17 km/liter.

Nilai konsumsi bahan bakar dapat berubah kapan saja hal ini tergantung gaya berkendara tiap individu, medan jalan yang dilalui dan faktor internal mesin lainnya.

Jenis Bensin yang Tepat untuk HRV

Pemilihan jenis bahan akan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin dan tenaga yang dihasilkan. Jenis bahan bakar harus disesuaikan dengan rasio kompresi mesin mobil, sehingga pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna.

Advertisements

Honda HRV mempunyai rasio kompresi mesin 10,5 : 1, sehingga bensin yang tepat untuk HRV adalah bensin Pertamax dengan nilai RON 92. Berdasarkan rekomendasi dari Honda pada buku pedoman HRV yang dimiliki oleh setiap pemilik HRV, Honda HRV disarankan untuk menggunakan bensin dengan nilai oktan diatas 90.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil HRV

Setiap kendaraan memiliki kapasitas tangkinya sendiri, hal ini dipengaruhu oleh spesifikasi mesin mobil tersebut. Begitu juga dengan Honda HRV yang memiliki  ukuran kapasitas tangki tersendiri.

Honda HRV semua tipe mempunyai kapasitas tangki bensin yang sama yaitu 40 liter. Sehingga Honda HRV sangat aman digunakan untuk bepergian jarak jauh.

Tanda Filter Bensin Honda HRV Bermasalah

Filter bensin atau fuel filter mempunyai fungsi menyaring bensin agar tidak bercampur dengan bensin ketika memasuki ruang pembakaran. Jika filter terganggu maka sistem pembakaran akan tidak maksimal dan terganggu dan berujung merusak komponen mesin.

Berikut ini tanda filter bensin Honda HRV bermasalah :

Advertisements

Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

Mobil yang susah dinyalakan bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun hal ini bisa disebabkan oleh filter bensin yang bermasalah dan menyebabkan kurangnya asupan bensin yang masuk. Sehingga mobil sulit dinyalakan.

Mesin Mobil Sering Tiba-Tiba Mati

Selain menyebabkan mobil sult dinyalakan, asupan bensin yang tidak stabil dan kurangnya asupan bensin juga menyebabkan mobil mati mendadak. Mobil mungkin masih bisa dinyalakan di awal, karena masih ada bensin tersisa di saluran bahan bakar, namun bensin akan habis saat sedang melaju dan melakukan pembakaran sehingga mobil sering tiba-tiba mati di tengah jalan.

Performa Mobil Menurun

Performa  mesin mobil Honda HRV yang berkurang dapat anda rasakan terutama saat melewati jalan tanjakan, dan medan jalan berat seperti rusak dan tidak rata. Hal ini Karena mobil membutuhkan tenaga yang lebih besar namun kebutuhan bahan bakar tidak terpenuhi.