Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Hiace dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Hiace – Mobil Toyota Hiace menjadi salah satu mobil yang digemari pengusaha rental mobil. Hal tersebut karena mobil ini memiliki peforma mesin yang bagus dan konsumsi bahan bakar yang cukup irit.

Lalu berapa konsumsi bensin Hiace ? Konsumsi bensin Hiace tipe standar adalah 9 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Hiace tipe 3,0D adalah 8,4 km/liter.

Untuk mengetahui informasi lebih jelas tentang konsumsi bensin Hiace, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Hiace
  • Kapasitas Tangki Bensin Toyota Hiace
  • Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Toyota Hiace
  • Dampak Penggunaan Bahan Bakar Bensin pada Toyota Hiace
  • Arti Lampu Indikator Mobil Hiace Menyala
  • Akibat Mobil Toyota Hiace Sering Kehabisan Bahan Bakar

Konsumsi Bensin Hiace

Berikut adalah tabel konsumsi bensin Toyota Hiace:

Advertisements
Tipe MobilKonsumsi Bensin
Toyota Hiace Tipe Standar9 km/liter
Toyota Hiace Tipe 3,0 D8,4 km/liter

Konsumsi bahan bakar untuk Toyota Hiace semua tipe kurang lebih sama, yaitu sekitar 8 – 9 km per liternya. Namun konsumsi BBM tersebut bisa berbeda tergantung pada kepadatan jalan dan beban angkut mobil.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Hiace

Kapasitas tangki bensin Toyota Hiace adalah 70 liter. Kapasitas ini tergolong cukup besar sehingga mobil ini cocok digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Namun, kapasitas tangki milik Hyundai H1 lebih besar jika dibandingkan dengan Toyota Hiace. Kapasitas tangki Hyundai H1 itu sendiri adalah 75 liter.

Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Toyota Hiace

Advertisements

Setiap mobil memiliki jenis bensin yang berbeda – beda tergantung pada jenis mesin yang digunakan. Untuk Jenis bahan bakar yang cocok untuk Toyota Hiace adalah Biosolar dan Pertamina Dex.

Namun untuk kinerja mesin yang lebih baik, sebaiknya gunakan Pertamina Dex yang memiliki kandungan CN (Cetane Number) 51, lebih tinggi dibandingkan dengan Biosolar yang memiliki kandungan CN 48.

Dengan menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai, maka proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin akan jauh lebih maksimal

Dampak Penggunaan Bahan Bakar Bensin pada Toyota Hiace

Mobil bertenaga diesel seperti Toyota Hiace membutuhkan jenis bahan bakar solar. Jika dipaksa menggunakan bahan bakar jenis bensin pada Toyota Hiace, tentu hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja mesinnya.

Toyota Hiace menggunakan mesin diesel sehingga tidak membutuhkan bahan bakar yang mudah terbakar. Jika tetap memasukkan bensin ke dalam Toyota Haice, maka bahan bakar tersebut akan meledak sehingga terjadi proses pembakaran dini. Akibatnya, mesin akan mengalami ngelitik atau knocking.

Lalu bagaimana jika mobil Toyota Haice sudah terlanjur diisi oleh bahan bakar bensin?

Advertisements

Sebaiknya Anda gunakan mobil secara perlahan untuk menghindari terjadinya panas yang berlebihan pada mesin. Anda bisa melaju di putaran 100 rpm.

Arti Lampu Indikator Mobil Hiace Menyala

Salah satu masalah yang sering ditemui pada mobil Hiace adalah lampu indikator yang menyala terus menerus. Hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa komponen pada mobil yang bermasalah.

Lampu indikator mobil Hiace yang menyala berarti ada dua kemungkinan yang terjadi. Jika lampu indikator menyala dan berkedip, berarti air yang ada di dalam filter perlu diganti. Namun jika lampu indikator menyala terus menerus, berarti kotoran dari endapan bahan bakar sudah menumpuk.

Jika lampu indikator mobil Hiace sudah menyala, Anda tidak perlu panik. Cukup bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk melakukan pemeriksaan.

Akibat Mobil Toyota Hiace Sering Kehabisan Bahan Bakar

Salah satu kelebihan mobil mesin diesel seperti Toyota Hiace adalah konsumsi BBM nya yang lebih irit serta tenaga mesin yang lebih kuat.

Namun bagaimana jika mobil Hiace sering kehabisan solar?

Jika mobil Hiace kehabisan solar, maka kondisi tangki bensin akan kosong. Hal tersebut bisa mengakibatkan adanya embun udara di dalam tangki. Akhirnya, solar di dalam tangki bensin bisa tercampur dengan air. Jika terus dibiarkan, maka mobil Hiace akan sulit dinyalakan.

Uuntuk mengatasinya permasalahan tersebut, Anda bisa melakukan pembersihan sistem. Oleh sebab itu, jangan biarkan kondisi bahan bakar mobil Toyota Hiace sampai habis.