Advertisements

Konsumsi Bensin GSX dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin GSX –  GSX adalah salah satu jenis motor sport yang digunakan karena tingkat keiritan bahan bakarnya.

 Berapa konsumsi bensin GSX? Konsumsi bensin GSX150,  S150 Shutered, S150 Keyless, Suzuki R150 Shuttered, R150 Keyless,  R150 ABS adalah 41,7 km/liter. Sedangkan, konsumsi bensin GSX 1300 R adalah 31,5 km/liter dan konsumsi bensin GSX 250R dan 250F adalah 32 km/liter.

Berikut ini telah kami sajikan informasi seputar konsumsi bensin GSX secara lengkap.

Daftar Isi:

  • Penggunaan Bahan Bakar Suzuki GSX Per Liter
  • Daya Tampung Tangki  dan Jenis Bensin yang Tepat untuk Suzuki GSX
  • Perbandingan Penggunaan Bensin Suzuki GSX dan Honda CBR150R
  • Akibat Buruk Suzuki GSX Kehabisan Bensin

Konsumsi Bensin Suzuki GSX

Di bawah ini adalah tabel konsumsi bensin pada motor Suzuki GSX per tipe dalam bentuk tabel, yaitu:

Advertisements
Jenis MotorPenggunaan BBM
Suzuki GSX 15041 km/liter
Suzuki GSX S150 Shutered Key41 km/liter
Suzuki GSX S150 Keyless Ignition System41 km/liter
Suzuki GSX R150 Shuttered Key41,7 km/liter
Suzuki GSX R150 Keyless41,7 km/liter
Suzuki GSX R150 ABS41,7 km/liter
Suzuki GSX 1300 R38,5 km/liter
Suzuki GSX 250R32 km/liter
Suzuki GSX 250F32 km/liter

Penggunaan bahan bakar bisa didapatkan dengan menghitung jumlah kilometer jarak yang telah ditempuh dan dibagi dengan jumlah bahan bakar yang sudah terpakai. Oleh sebab itu perhitungan konsumsi bahan bakar dapat menunjukkan keiritan dari suatu kendaraan.

Kapasitas Tangki dan BBM Untuk Motor GSX

Pertamina sebagai penyedia bensin bagi kendaraan memiliki banyak sekali jenis yang dapat Anda gunakan sesuai dengan jenis dan tipe kendaraan Anda. Maka dari itu pastikan Anda memiliki spesifikasi bensin yang sesuai.

Sedangkan untuk daya tampung tangki ialah batasan maksimal muatan bahan bakar yang bisa dimasukkan pada tangki kendaraan. Berikut adalah daya tampung tangki dan jenis bensin yang sesuai untuk motor Suzuki GSX, yaitu:

Daya Tampung Tangki Bensin Suzuki GSX

Ukuran tangki bahan bakar pada motor Suzuki GSX dinilai cukup besar. Meski demikian kapasitas pada tiap tipenya cenderung berbeda.

Maka dari itu berikut ini adalah data kapasitas tangki  bensin pada Suzuki GSX tiap tipe, yaitu:

Jenis MotorKapasitas Tangki
Suzuki GSX 15011 L
Suzuki GSX S150 Shutered Key11 L
Suzuki GSX S150 Keyless Ignition System11 L
Suzuki GSX R150 Shuttered Key11 L
Suzuki GSX R150 Keyless11 L
Suzuki GSX R150 ABS11 L
Suzuki GSX 1300 R21 L
Suzuki GSX 250R15 L
Suzuki GSX 250F12 L
Advertisements

Jenis Bensin yang Tepat untuk Motor  Suzuki GSX

Berdasarkan data kompresi mesin motor Suzuki GSX yang sebesar 11,5 : 1. Maka jenis bahan bakar yang paling sesuai adalah Pertamax Turbo dengan RON 98. Sebab bensin ini dikhususkan untuk kendaraan dengan rasio kompresi sebesar 11:1 – 13:1.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa rasio kompresi mesin dari motor Suzuki GSX masih tercakup dalam standar bensin Pertamax Turbo. Sedangkan untuk pilihan bahan bakar lainnya Anda bisa menggunakan bensin dengan RON 100 atau Pertamax Racing.

Namun untuk penggunaan bensin Pertamax Racing Anda dapat dikenakan biaya yang lebih mahal. Meski demikian spesifikasi kandungan oktan yang dimiliki masih sesuai dengan kompresi mesin kendaraan yang Anda miliki.

Perbandingan Konsumsi Bensin GSX dan CBR150R

Tiap kendaraan memiliki tipe yang berbeda-beda. Meski demikian Anda masih bisa mencari perbandingan dari salah satu tipe kendaraan yang memiliki spesifikasi yang sama. Maka dari itu disini akan dicari konsumi bensin untuk Suzuki GSX dan Honda CBR150R.

Kedua motor sport ini memiliki spesfikasi mesin 4 tak dan mesin 1 silinder. Lantas siapakah diantara keduanya yang lebih irit?

Untuk mengetahui tingkat keiritan dari kedua motor sport tersebut, maka Anda dapat melihatnya pada tabel di bawah ini, yaitu:

Merk MotorPenggunaan Bensin
Suzuki GSX41,7 km/liter
Honda CBR150R41,5 km/liter
Advertisements

Hasil tes konsumsi bahan bakar pada motor Suzuki GSX dan Honda CBR150R menunjukkan hasil yang mirip. Meski begitu dapat disimpulkan bahwa masih lebih irit Suzuki GSX meskipun dengan selisih yang sangat tipis.

Pengetesan hasil konsumsi bahan bakar dari kedua motor tersebut bisa saja menunjukkan hasil yang tidak sama pada sumber lainnya. Sebab dalam melakukan uji konsumsi bahan bakar kondisi jalan, kecepatan kendaraan dan kondisi mesin juga mempengaruhi.

Akibat Motor GSX Kehabisan Bensin

Berikut adalah dampak negatif motor Suzuki GSX telat isi bensin, yaitu:

Timbulnya Karat pada Tangki

Permukaan tangki Anda dapat timbul karat jika terbiasa telat mengisi bensin. Hal ini akan berbahaya bagi mesin kendaraan.

Rusaknya Sistem Injektor pada Kendaraan

Selain itu terdapat injektor yang menggunakan pompa terendam bahan  bakar pada tangki akan terkena dampaknya. Hal ini  dapat menyebabkan kerusakan lain pada mesin kendaraan Anda.