Konsumsi Bensin Gran Max dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin Gran Max – Mobil ini identik dengan mobil pick up untuk angkat muat barang. Meski begitu mobil ini juga mempunyai variasi mobil van dengan tingkat keiritan yang baik.

Lalu berapa konsumsi bensin Gran Max?

Konsumsi bensin Gran Max Pick Up adalah 13,3 km/liter, konsumsi bensin Daihatsu Gran Max 1,5 L Euro 4 adalah 12,5 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Daihatsu Gran Max MB dan Daihatsu Gran Max Blind Van adalah 13,5 km/liter.

Konsumsi bensin Gran Max bisa Anda lihat secara lengkap dalam artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Penggunaan Bensin di Mobil Daihatsu Gran Max per Liter
  • Jenis BBM dan Ukuran Tangki pada Daihatsu Gran Max
  • Rasio Penggunaan Bensin Daihatsu Gran Max dan Tipe Mobil yang Sama
  • Dampak Negatif Kebiasaan Telat Isi Benisn di Daihatsu Gran Max

Konsumsi Bensin Gran Max

Mobil Daihatsu Gran Max menghadirkan beberapa variasi mobil yang bisa digunakan. Berikut data konsumsi mobil gran max setiap tipe dalam bentuk tabel:

TipePenggunaan Bensin
Daihatsu Gran Max Pick Up13,3 km/liter
Daihatsu Gran Max 1,5 L Euro 412,5 km/liter
Daihatsu Gran Max MB13,5 km/liter
Daihatsu Gran Max Blind Van13,5 km/liter

Hasil uji di atas, bisa Anda hitung dengan perbandingan atara penggunaan bensin 1 liter dan jarak yang bisa ditempuh.

Sedangkan pada tiap-tiap pengguna bisa memiliki hasil uji yang berbeda meski menggunakan mobil yang sama. Hal ini karena bensin juga dioengaruhi dengan kondisi jalan dan kecepatan.

Jenis BBM dan Ukuran Tangki pada Mobil Gran Max

Mobil Daihatsu Gran Max mempunyai tipe mobil dengan jenis yang berbeda-beda. Oleh sebab itu Anda harus paham betul tentang jenis mobil dan komponen yang ada, seperti ukuran tangki dan jenis bensin yang tepat.

Oleh sebab itu di bawah ini akan dijelaskan tentang jenis BBM dan ukuran tangki di mobil Daihatsu Gran Max:

Jenis BBM untuk Mobil Daihatsu Gran Max

Mobil Daihatsu Gran Max mempunyai rasio kompresi mesin yang sama pada tiap-tiap tipenya. Oleh sebab itu untuk jenis bensin yang digunakan juga tergolong sama. Dengan rasio mesin sebesar 9,5 : 1 maka Anda bisa memakai bensin jenis Pertalite (RON 90)

Hal ini dikarenakan jenis bensin Pertalite memang direkomendasikan untuk kendaraan dengan rasio kompresi antara 9:1 – 10:1. Meski begitu jika tidak ada stock BBM Pertalite Anda masih bisa untuk menggunakan bahan bakar jenis Pertamax (RON 92)

Menggunakan bahan bakar dengan kualitas diatasnya masih diperbolehkan. Sebaliknya jika menggunakan jenis bensin dengan kualitas yang lebih rendah dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap kondisi kendaraan Anda.

Ukuran Tangki pada Mobil Daihatsu Gran Max

Meski mempunyai beberapa tipe yang berbeda. Namun hal yang sama dari kesemua tipe mobil Daihatsu Gran Max adalah kapasitas tangki yang dimilikinya. Untuk semua tipe mobil Daihatsu Gran memiliki ukuran tangki bensin sebesar 43 L.

Perbandingan Keiritan Bensin Gran Max dan Luxio

Daihatsu memiliki beberapa jenis mobil dengan tipe yang sama. Salah satunya adalah Daihatsu Gran Max Blind Van dan Daihatsu Luxio. Kedua jenis kendaraan tersebut mempunyai desain dan standar mesin yang sama.

Maka dari itu tidak heran jika banyak yang membandingkan kualitas kedua kendaraan tersebut dari berbagai bidang. Dilihat dari kapasitas mesinnya yaitu sebesar 4 tak, dapat dipastikan kedua mobil ini bisa dibandingkan dengan standar yang sama.

Lalu siapa mobil paling irit antara Daihatsu Gran Max Blind Van dan Daihatsu Luxio?

Di bawah ini adalah perbandngan konsumsi bensin untuk  kedua mobil tersebut yang dapat Anda simak:

Jenis MobilKonsumsi Bensin
Daihatsu Gran Max Blind Van13,5 km/liter
Daihatsu Luxio13,9 km/liter

Berdasarkan tabel perbandingan diatas, Anda bisa memastikan bahwa Daihatsu Luxio lebih irit dibandingkan dengna mobil Daihatsu Gran Max Blind Van. Meski begitu keduanya mempunyai selisih nilai yang tidak jauh, yakni sebesar 0,4 km/liter.

Perhitungan konsumsi bahan bakar pada suatu kendaraan bisa memudahkan Anda untuk mengetahui kendaraan yang paling irit. Meski demikian konsumsi bensin ini bisa menunjukkan hasil yang lebih maksimal jika faktor pendukungnya disamakan.

Dampak Negatif Kebiasaan Telat Isi Bensin Gran Max

Kebiasaan telat mengisi bahan bakar pada kendaraan bisa menimbulkan dampa negatif bagi kendaraan Anda. Meski demikian masih banya pemilik kendaraan yang tidak peduli akan hal itu.

Maka dari itu di bawah ini adalah beberapa dampak negatif dari mobil Daihatsu Gran Max yang telat mengisi bahan bakar, yaitu:

Tangki Bensin Karatan

Tangki bensin yang lama dibiarkan dalam keadaan yang kosong akan membuat permukaannya menjadi berkarat. Sedangkan jika karat dibiarkan terlalu lama akan membuat bensin rawan bocor.

Mobil Mogok dan Mesin Mati

Kebiasaan tidak mengisi bensin bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mesin kendaraan. Hal ini bia menyebabkan mesin kendaraan Anda bisa mati dan sulit untuk dinyalakan.

Biaya Servis yang Membengkak

Meski terdengar sepele namun tidak mengisi bensin secara tepat waktu bisa menimbulkan pengeluaran yang sangat besar. Sebab tangki yang berkarat atau muncul endapan harus dilakukan pengurasan di bengkel.