Konsumsi Bensin Freed dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Freed – Honda Freed merupakan mobil MPV mini yang diproduksi oleh Honda. Meskipun sudah tidak diproduksi sejak 2016, Honda freed masih banyak ditemui dan diperjual belikan sebagai mobil bekas di Indonesia. Jika anda akan membeli Honda Freed, informasi konsumsi bensin bisa menjadi pertimbangan anda.

Advertisements

Lalu berapa konsumsi bensin Freed? konsumsi bensin Freed adalah 11,2 km/liter pada rute jalan dalam kota, 13,8 km/liter pada rute luar kota dan pada kecepatan konstan 100 km/jam konsumsi bensin Freed bisa mencapai 17 km/liter.

Untuk informasi selengkapnya mengenai konsumsi bensin Honda Freed, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bensin Freed
  • Jenis Bensin yang cocok Untuk Honda Freed
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar Honda Freed
  • Dampak Menggunakan Bensin  yang Tidak Tepat pada Honda Freed
  • Tanda Filter Bahan Bakar Perlu Diganti

Konsumsi Bensin Freed

Advertisements

Konsumsi bensin pada setiap kendaraan dan pengendara tidaklah sama antara satu sama lain, hal ini dikarenakan konsumsi bbm dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah medan jalan yang dilalui.

Pada sebuah uji efisiensi bahan bakar, didapatkan konsumsi bbm Honda Freed mencapai 11,2 km/liter pada rute jalan dalam kota, 13,8 km/liter pada rute luar kota dan pada kecepatan konstan 100 km/jam konsumsi bensin Freed bisa mencapai 17 km/liter.

Jenis Bensin Yang Cocok Untuk Honda Freed

Pemilihan jenis bbm yang sesuai untuk mobil dpengaruhi oleh rasio kompresi mesin mobil dan nilai oktan bahan bakar. Tujuannya agar proses pembakaran berlangsung sempurna dan energi yang dihasilkan optimal.

Honda Freed memiliki rasio kompresi mesin 10,4 : 1, dan besin yang direkomendasikan oleh Honda adalah bensin dengan nilai oktan minimal 91. Untuk mendapatkan hasil yang optimal Honda Freed disarankan untuk menggunakan bensin jenis Pertamax dengan nilai RON 92.

Kapasitas Tangki Bensin Freed

Setiap mobil memiliki spesifikasi kapasitas tangki bahan bakar tersendiri, hal ini tergantung pada kapasitas mesin mobil dan besarnya dimensi mobil.

kapasitas tangki bahan bakar Honda Freed adalah 42 liter. Dengan besarnya kapasitas tangki tersebut Honda Freed sangat aman untuk digunakan berkendara jarak jauh

Dampak Menggunakan Bensin yang Tidak Tepat

Advertisements

Nilai oktan adalah angka ketahanan bensin pada tekanan sebelum terbakar. Nilai yang tinggi, tekanan yang ditahan juga semakin tinggi. Sehingga semakin tinggi kompresi mesin mobil, nilai oktan pada bahan bakar yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

Honda Freed memiliki kompresi mesin 10,4:1 sehingga bahan bakat yang sesuai adalah pertamax dengan nilai oktan 92.  Berikut ini adalah dampak menggunakan bensin dengan nilai oktan yang tidak sesaui :

Dampak Menggunakan Bensin Dengan Oktan Rendah

Bahan bakar dengan nilai oktan jauh dari yang disarankan menyebabkan ledakan dini di ruang bakar karena tidak tahan kompresi tinggi sehingga  menyebabkan mesin mobil ngelitik atau knocking yang selanjutnya akan merusak mesin.

Dampak Menggunakan Bensin Dengan Oktan Tinggi

Oktan yang terlalu tinggi pada kompresi mesin mobil, dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna, sehingga meninggalkan residu yang bisa menggangu saluran pembakaran dan mengokotori oli, yang otomotis akan berdampak pada komponen mesin.

Tanda Filter Bensin Mobil Freed Perlu Diganti

Advertisements

Pemilik mobil sering kali terlewat untuk meperhatikan filter bahan bakar atau fuel filter, karena posisinya yang tersembunyi. Padahal komponenini mempunyai peran penting untuk mencegah kotoran pada bahan bakar masuk proses pembakaran.

Berikut ini adalah tanda filter bensin anda perlu diganti :

Mesin Susah Dinyalakan

Mesin yang susah dinyalakan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah filter bensin rusak. hal ini karena pada filter bensin yang rusak, kotoran akan lolos dan menyumbat pompa dan seluran bahan bakar, sehingga asupan bahan bakar tidak terpenuhi ketika mesin akan dinyalakan.

Mobil Sering Tiba-tiba Mati

Selain mesin yang sulit dinyalakan, sumbatan kotoran karena filter yang rusak juga menyebabkan aliran bahan bakat tidak stabil ketika mobil melaju, sehingga asupan bensin tidak terpenuhi dan mobil akan mati mendadak ditengah jalan.

Performa Mobil Menurun

Aliran bensin yang tidak stabil menyebabkan energi yang dihasilkan juga tidak optimal, sehingga performa akan menurun. Turunnya performa dapat dirasakan utamanya ketika mobil melewati tanjakan dan medan jalan berat.

Indikator Check Engine Terus Menyala

Salah satu ciri filter bensin rusak adalah indikator check engine pada dashboard yang teris menyala. Namun untuk memasktikan kerusakan pada filter bensin anda perlu membawa mobil ke bengkel resmi untuk memastikan dan pemeriksaan lebih lanjut.