Advertisements

Konsumsi Bensin Evalia dan kapasitas Tangki Nya

Bensin Evalia – Mobil Nissan Evalia mempunyai mesin 1,5 L dan banyak digunakan karena kapasitas muatnya yang besar. Meski demikian banyak yang menyebut bahwa Evalia sebagai mobil yang irit bahan bakar.

Lalu berapa konsumsi bensin Evalia? Konsumsi bensin Evalia 1.5 XV M/T  adalah 12 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Evalia 1.5 St M/T, 1.5 SV MT, 1.5 SV A/T, 1.5 XV A/T adalah 17,2 km/liter.

Bagi Anda yang mencari informasi tentang konsumsi bensin Evalia, silahkan untuk melihat pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Nissan Evalia Tiap Kilometer
  • Ukuran Tangki dan Jenis Bensin yang Tepat untuk Nissan Evalia
  • Rasio Konsumsi Bensin Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio X A/T
  • Akibat Buruk Nissan Evalia Kehabisan Bensin

Konsumsi Bensin Evalia

Berikut ini adalah data konsumsi bensin mobil Nisssan Evalia tiap tipe dalam bentuk tabel, yaitu:

Advertisements
Jenis MobilKonsumsi Bensin
Nissan Evalia 1.5 St M/T17,2 km/liter
Nissan Evalia 1.5 SV MT17,2 km/liter
Nissan Evalia 1.5 SV A/T17,2 km/liter
Nissan Evalia 1.5 XV M/T12 km/liter
Nissan Evalia 1.5 XV A/T17,2 km/liter

Data konsumsi bahan di atas, diperoleh dari hasil uji konsumsi bahan bakar, yang bisa berbeda bagi tiap-tiap orang. Meski begitu Anda bisa menggunakannya sebagai patokan dalam memilih mobil di kelas yang sama dan paling irit.

Untuk jenis mobil MPV yang  memiliki tampilan besar dan mesin 4 silinder, penggunaan bahan bakar pada mobil Nissan Evalia terbilang cukup irit. Rata-rata pemakaian bensinnya menunjukkan angka yang sama yaitu di 17,2 km/liter.

Kapasitas Tangki dan Jenis BBM Untuk Mobil Evalia

Penting bagi Anda untuk mengetahui ukuran tangki pada kendaraan Anda. Hal ini dapat menjadi acuan dalam pengisian bahan bakar maksimal yang bisa Anda lakukan. Sedangkan untuk jenis bahan bakar bisa disesuaikan dengan ukuran kompresi mesinnya.

Maka dari itu berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai ukuran tangki dan jenis bensin yang sesuai untuk mobil Nissan Evalia, yaitu:

Kapasitas Tangki Mobil Nissan Evalia

Advertisements

Semua tipe mobil Nissan Evalia memiliki ukuran tangki yang sama, yaitu sebesar 55 L. Ukuran ini dirasa cukup sesuai dengan body mobil Nissan Evalia yang besar khasnya mobil MPV.

Jenis Bensin yang Tepat untuk Mobil Nissan Evalia

Mobil Nissan Evalia memiliki rasio kompresi mesin sebesar 10,5 : 1. Maka dari itu jenis bahan bakar yang cocok untuk mobil ini adalah yang Pertamax. Sebab pertamax memiliki RON 92 yang dianjurkan untuk kompresi mesin 10:1 – 11:1.

Perlu Anda ketahui bahwa RON ini sebagai tolak ukur kualitas pada bensin. Angka RON yang semakin tinggi menunjukkan bahwa bensin memiliki kualitas terbaik. RON 92 adalah standard oktan minimal yang bisa dipakai pada mobil Nissan Evalia.

Meski begitu Anda masih bisa untuk menggunakan bensin dengan nilai RON diatas 92 seperti Pertamax Plus dengan RON 95 atau pun Pertamax Turbo dengan RON 98.

Sebaliknya jika Anda menggunakan bensin dengan RON dibawah 92 seperti Pertalite yang memiliki RON 90, maka dikhawatirkan kualitas mesin Anda juga ikut terganggu. Maka dari itu penting bagi Anda untuk menggunakan bahan bakar yang tepat untuk kendaraan Anda.

Perbandingan Konsumsi Bensin Evalia dan Luxio X A/T

Mobil Nissan Evalia merupakan jenis mobil MPV yang memiliki body yang besar dan lebar. Hal ini sangat disukai karena mampu membawa muatan yang banyak. Meski begitu terdapat jenis mobil MPV lain yang bisa dibandingkan tingkat keiritannya.

Lantas siapakah yang paling irit diantara mobil Nissan Evalia dan juga Daihatsu Luxio X A/T? Sedangkan jika dilihat dari kapasitasnya mesinnya adalah sama yaitu 1,5 liter dengan daya 1500 cc.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka Anda dapat melihat perbandingannya pada tabel pemakaian bahan bakar antara kedua mobil tersebut di bawah ini:

MerkKonsumsi Bensin
Nissan Evalia17,2 km/liter
Daihatsu Luxio X A/T13,9 km/liter
Advertisements

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa mobil MPV dari Nissan yaitu Evalia ini cenderung lebih irit bahan bakar dari pada mobil Daihatsu Luxio X A/T. Dengan 1 liter bensinnya mobil Nissan Evalia mampu menempuh jarak yang lebih banyak.

Data konsumsi bahan bakar tersebut diperoleh dengan uji konsumsi bahan bakar pada 2 kendaraan. Meski begitu kondisi jalan dan juga kecepatan yang digunakan berbeda akan mempengaruhi hasil dari uji konsumi bahan bakar tersebut.

Akibat Mobil Evalia Kehabisan Bensin

Sebagai mobil yang memerlukan tenaga agar dapat bergerak. Bensin pada mobil Nissan Evalia memiliki peran yang cukup penting. Meski demikian masih banyak orang yang tidak memperhatikan perawatan minimal ini pada kendaraannya.

Oleh sebab itu berikut adalah dampak negatif dari mobil Nissan Evalia yang kehabisan bensin, yaitu:

Resiko Mesin Kemasukan Udara

Tangki bahan bakar kering tentu saja dapat membuat mesin kendaraan Anda akan memasukkan udara kedalam mesin, alih-alih besin kepada sistem bahan bakarnya. Sebab tangki bahan bakar yang sebelumnya kering dapat membuat udara masuk.

Munculnya Endapan Kotor pada Tangki

Tangki yang tidak diisi bahan bakar dapat membuatnya memunculkan endapan. Kondisi ini akan berbahaya bagi mesin karena kotoran dapat tersedot dan filter kendaraan cepat kotor.