Konsumsi Bensin CRF dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin CRF – Motor CRF dipasarkan dalam beberapa tipe, antara lain CRF150L, CRF250L Rally, dan CRF1100L. Masing – masing tipe motor tersebut memiliki kapasitas tangki dan konsumsi bensin. Untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi bensin CRF, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa konsumsi bensin CRF? Konsumsi bensin CRF 150L adalah 42,3 km/liter. Sedangkan, konsumsi bensin CRF 250L Rally sebanyak 35,8 km/liter. Jumlah konsumsi bensin setiap tipe CRF berbeda – beda.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin CRF
  • Kapasitas Tangki Bensin CRF
  • Jenis Bensin Motor CRF Yang Cocok
  • Ciri – Ciri Filter Bensin CRF Kotor
  • Akibat Salah Pilih Jenis Bensin CRF

Konsumsi Bensin CRF

Besar kapasitas mesin serta teknologi yang dimiliki oleh setiap motor dapat mempengaruhi jumlah konsumsi bensin CRF. Berikut daftar konsumsi bensin CRF semua tipe dalam bentuk tabel.

Advertisements
Tipe MotorKonsumsi Bensin
CRF 150L42,3 km/liter
CRF 250 Rally35,8 km/liter
CRF 1000L Africa Twin (DCT Type)20,8 km/liter
CRF 1000L Africa Twin (Manual Type)20,4 km/liter
CRF 1000L Africa Twin Adventure Sports20,8 km/liter
CRF 1100L Africa Twin Adventure Sports (Transmisi Manual)20,4 km/liter
CRF 1100L Africa Twin Adventure Sports (DCT Otomatis)20,8 km/liter

Sesuai dengan informasi di atas diketahui bahwa motor CRF 150L tergolong paling irit dibandingkan tipe lainnya. Namun, konsumsi bensin 42,3 km/liter merupakan konsumsi bensin perjalanan dalam kota.

Selain kapasitas mesin, kondisi jalan dan kecepatan berkendara dapat mempengaruhi konsumsi bensin motor CRF.

Kapasitas Tangki Bensin Motor CRF

Di bawah ini merupakan kapasitas tangki bensin CRF.

Tipe MotorKapasitas Tangki
CRF 150L7,2 liter
CRF 250 Rally10,1 liter
CRF 1000L Africa Twin (DCT Type)18,8 liter
CRF 1000L Africa Twin (Manual Type)18,8 liter
CRF Africa Twin Adventure Sports24,2 liter
CRF 1100L24,8 liter
Advertisements

Perlu diketahui besar kecilnya tangki bensin akan disesuaikan dengan dimensi dan kapasitas mesin motor. Dari tabel di atas, CRF 150L memiliki ukuran kapasitas tangki bensin paling kecil dibandingkan tipe CRF lainnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, apabila bahan bakar diisi secara full, Honda CRF dapat dapat menempuh perjalanan kurang lebih 300 km.

Jenis Bensin Motor CRF Yang Cocok

Sebaiknya saat memilih jenis bensin yang sesuai dengan motor CRF, sesuaikan dengan rasio kompresi mesin motor. Hal ini penting untuk dilakukan agar proses pembakaran sempurna, dan menjaga performa serta keawetan komponen.

Berikut daftar rasio kompresi dan rekomendasi jenis bensin CRF.

Tipe MotorRasio KompresiJenis Bensin
CRF 150L9,5:1Pertalite
CRF 250 Rally10,7:1Pertamax
CRF 1000L Africa Twin10,6:1Pertamax
CRF 1100L Africa Twin10,1:1Pertalite, Pertamax
Advertisements

Akibat Salah Pilih Jenis Bensin CRF

Setiap jenis bahan bakar memiliki kandungan, serta nilai oktan masing – masing. Biasanya produsen motor akan merancang mesin sesuai jenis BBM yang dibutuhkan.

Untuk motor dapat menggunakan bahan bakar berjenis premium, pertamax, dan pertalite. Namun, sebagian orang tetap memilih pertamax, meskipun mesin kendaraannya tidak membutuhkan bensin dengan nilai oktan yang tinggi.

Perlu diketahui bahwa pemberian bensin dengan nilai oktan yang tinggi tidak selalu memberikan dampak positif pada mesin, tetapi hal tersebut tergantung dengan spesifikasi mesin.

Sedangkan, pemberian bensin dengan nilai oktan yang lebih rendah pada mesin motor oktan tinggi dapat menimbulkan knocking.

Selain kesalahan dalam memilih jenis bensin, gonta – ganti jenis bensin juga dapat menyebabkan dampak negatif jika dilakukan secara terus – menerus, yaitu konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan performa mesin berkurang.

Ciri – Ciri Filter Bensin Honda CRF Kotor

Filter bensin atau filter fuel pump merupakan komponen penyaring kotoran yang berada di dalam tangki bensin. Seiring dengan berjalannya waktu, kotoran yang ditampung oleh filter bensin akan semakin banyak.

Ketika filter bensin pada motor telah kotor, biasanya mesin motor akan sulit dinyalakan, sehingga perlu beberapa kali starter, dan motor akan terasa tersendat saat dijalankan. Jika sudah begini, sebaiknya segera lakukan pembersihan, agar kotoran tidak masuk dan merusak pompa bensin.

Sedangkan, untuk penggantian filter bensin motor dilakukan setiap 30.000 km atau 40.000 km. Untuk harga filter bensin motor CRF150L (original Honda) sekitar Rp. 118.000.