Konsumsi Bensin Corolla per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Advertisements

Bensin Corolla – Corolla merupakan mobil sedan keluaran Toyota yang dikenal dengan kemewahan desain interior dan juga eksteriornya yang elegan. Selain dikenal dari kemewahannya, Corolla juga dikenal dengan mobil sedan yang irit

Lalu berapa konsumsi bensin Corolla? Konsumsi bensin Corolla DX adalah 12 km/ liter, konsumsi bensin Corolla Twincam adalah 8 km/liter, konsumsi bensin Corolla Cross adalah 11,5 km/liter, konsumsi bensin Corolla Altis adalah 12,5 km/liter, dan konsumsi bensin Great Corrolla adalah 9 km/liter.

Untuk infomasi lebih lengkapnya tentang konsumsi bensin Corolla, silahkan menyimak artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Corolla
  • Kapasitas Tangki Bensin Corolla
  • Jenis Bensin Corolla
  • Faktor Penyabab Konsumsi Bensin Corolla Boros
  • Akibat Menggunakan Bensin Tidak Sesuai

Konsumsi Bensin Corolla

Berikut ini adalah tabel daftar konsumsi bensin Toyota Corolla berdasarkan tipenya:

Tipe MobilKonsumsi Bensin
Corolla DX12 km/liter
Corolla Twincam8 km/liter
Corolla Cross11,5 km/liter
Corolla Altis12,5 km/liter
Great Corolla9 km/liter

Komsumsi di atas merupakan konsumsi bensin Corolla saat digunakan berkendara pada jalanan dalam kota. Besarnya nilai konsumsi BBM dapat berubah tergantung pada medan jalan yang dilalui.

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Corolla

Setiap mobil memiliki kapasitas tangki mobil yang berbeda-beda, hal ini bergantung pada kapasitas mesin mobil tersebut. Semakin besar kapasitas mesin mobil, semakin besar kapasitas tangki bensin yang dibutuhkan.

Toyota Corolla memiliki kapasitas tangki bensi yang sama pada hampir semua tipenya yaitu 50 liter dan 55 liter pada New Corolla Altis.

Jenis Bensin Yang Cocok Pada Mobil Corolla

Pemilihan jenis bensin Toyota Corolla harus disesuaikan dengan rasio kompresi mesin mobil. Hal tersebut bertujuan agar proses pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna.

Jenis bensin yang direkomendasikan untuk Toyota Corolla adalah bnsin dengan nilai RON 92 atau jenis bensin Pertamax.

Dampak Menggunakan Bensin Yang Tidak Sesuai

Banyak beranggapan mengisis bensin Pertamax lebih baik daripada Pertalite karena mesin menjadi lebih ringan. Hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Karena pemilihan bensin perlu disesuaikan dengan kompresi mesin.

Bensin Oktan Terlalu Tinggi

Menggunakan bensin dengan nilai terlalu tinggi bisa menyebabkan pembakaran bbm tidak sehingga menimbulkan residu yang selanjutnya menjadi kerak karbon yang dapat menyumbat saluran pembakaran dan mengontaminasi komponen mesin dan oli. Akibatnya komponen mesin akan terganggu.

Contoh bensin dengan nilai oktan tinggi dari Pertamax adalah Pertamax turbo dengan RON 98

Bensin Oktan Terlalu Rendah

Sedangkan menggunkan  bensin dengan nilai oktan terlalu rendah menyebabkan ledakan dini pada mesin pembakaran Karena bensin tidak tahan  pada kompresi tinggi, hal ini menyebbakan mesin ngelitik atau knocking, selain itu akselerasi akan menurun dan konsumsi bensin jadi lebih boros.

Contoh bensin nilai oktan lebih rendah dari Pertamax adalah adalah Pertalite dengnan RON 90 dan Premium dengan RON 88

Faktor Penyebab Konsumsi Bensin Corolla Boros

Berikut ini adalah beberapa faktior yang dapat menyebabkan konsumsi bensin Toyota Corolla boros :

Kondisi Komponen Mesin Yang Tidak Prima

Kondisi mesin yang tidak pima dapat membuat konsumsi bensin menjadi tidak efisien, kerja mobil yang berat dank eras akan membutuhkan asupan bensin yang lebih besar sehingga bensin menjadi boros. Sebaiknya selalu lakukan pemeriksaan rutin mobil anda di bengkel resmi untuk menjaga kondisi mobil.

Telat Ganti Oli

Kualitas oli yang sudah baik lagi akan menyebabkan komponen mesin tidak terlumasi secara sempurna, dan dapat merusak komponen mesin. Sehingga mesin tidak bekerja secara maksimal dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk kerja mesin semakin besar.

Tekanan Angin Ban Kurang

Tekanan angina ban yang tidak stabil dan kurang menyebabkan ban lebih berat untuk berputar karena beban ban menjadi lebih berat, sehingga membutuhkan banyak tenaga ekstra untuk berputar, imbasnya bensin menjadi lebih boros.

Kondisi Jalan

Saat melewati jalan menanjak, jalan yang tidak rata dan bergelombang menyebabbkan mesin bekerja ektstra dan bensin yang dibutuhkan juga semakin besar, selain itu di jalanan perkotaan yang macet, ketika mobil dalam posisi diam namun mesin tetap menyala juga  menyebabkan konsumsi bahan bakar tidak efisien.

Gaya Berkendara

Faktor terakhir dan yang paling utama adalah gaya mengemudi, gaya mengemudi yang suka mengebut, memainkan gas dan kebiasaan melakukan pengerememan mendadak dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi boros.

Usahakan untuk mengemudi dengan kecepatan konstan, dan tidak melakukan pengereman mendadakan dan menggerem terlalu dalam. Serta terapkan eco driving saat berkendara.