Konsumsi Bensin CB150R dan kapasitas Tangki Nya

Bensin CB150R – Spesifikasi mesin berbeda – beda yang dimiliki setiap kendaraan bermotor dapat mempengaruhi tingkat konsumsi BBM (Bensin). Konsumsi bensin CB150R yang telah diproduksi dalam beberapa generasi juga memiliki tingkat konsumsi bensin yang berbeda.

Advertisements

Untuk mengetahui hal tersebut, simak artikel di bawah ini.

Berapa konsumsi bensin CB150R? Konsumsi bensin CB150R Old adalah 36,3 km/liter. Sedangkan, konsumsi bensin motor CB150R sebanyak ±40,58 km/liter.

Pada artikel “Bensin CB150R” akan membahas tentang :

  • Konsumi Bensin CB150R
  • Kapasitas Tangki Bensin CB150R
  • Ciri – Ciri Filter Bensin Motor CB150R Kotor
  • Penyebab Indikator Bensin CB150R Error

Konsumsi Bensin CB150R

Berikut daftar konsumsi bensin CB150R dalam bentuk tabel:

Advertisements
Tipe MotorKonsumsi Bensin
CB150R Old36,3 km/liter
All New CB150R Streetfire40,58 km/liter

Berdasarkan data di atas diketahui bahwa motor All New CB150R memiliki tingkat konsumsi bensin yang lebih hemat dibandingkan CB150R lama.

Spesifikasi mesin CB150R old dilengkapi mesin berkapasitas 150 cc, sedangkan All New CB150R Streetfire 149,16 cc. Jika dilihat dari kapasitas mesin, keduanya tidak berbeda jauh, tetapi jumlah konsumsi bahan bakarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Kapasitas Tangki Bensin CB150R

Meskipun memiliki merk yang sama, tetapi biasanya setiap tipe motor memiliki spesifikasi yang berbeda. Namun, CB150R old, CB150R Streetfire, dan All New CB150R Streetfire memiliki ukuran kapasitas tangki bensin sama, yaitu 12 liter.

Ukuran kapasitas tangki bensin CB150R tersebut sedikit lebih kecil, jika dibandingkan kapasitas tangki Honda Verza (12,2 liter).

Jenis Bensin CB150R Yang Sesuai

Salah sata untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal, yaitu harus menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi mesin.

Berikut jenis bensin CB150R sesuai dengan rasio kompresi.

Tipe MotorRasio KompresiJenis Bensin
CB150R11:1Pertamax
All New CBR150R11,3:1Pertamax / Pertamax Turbo
Advertisements

Ciri – Ciri Filter Bensin Motor CB150R Kotor

Filter bensin CB150R berfungsi sebagai penyaring kotoran bahan bakar sebelum masuk ke pompa bensin (fuel pump). Untuk itu, semakin lama kotoran yang menumpuk pada filter akan semakin banyak, dan jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan aliran bahan bakar tersumbat.

Ciri – ciri filter bensin harus dibersihkan yaitu tarikan mesin motor terasa berat, hingga motor mengalami kemacetan / mogok. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan kondisi filter bensin setiap 1 tahun sekali.

Ketika filter bensin motor CB150R kotor, Anda dapat melakukan pembersihan menggunakan bensin atau carbu cleaner. Namun, jika yang terjadi kerusakan pada filter bensin, Anda dapat menggantinya dengan yang baru.

Penggantian filter bensin CB150R cukup mudah, karena letak filter bensin CB150R berada di luar bagian bawah tangki dan pompa bensin. Untuk harga filter bensin CBR150R old sekitar Rp. 69.000.

Penyebab Indikator Bensin CB150R Error

Indikator bensin motor merupakan komponen penunjuk volume bahan bakar tersisa dalam tangki bensin. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut, dapat membuat Anda sulit mengetahui kondisi bensin CB150R dalam tangki.

Error atau kerusakan yang terjadi pada motor, biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

Advertisements

Kerusakan pada jalur kelistrikan

Jalur listrik pada motor memiliki peran yang penting yaitu mengalirkan daya atau arus pada komponen. Oleh karena itu, jika aliran arus yang terhubung antara indikator bensin dan fuel sensor terputus, maka  indikator bensin tidak dapat menerima sinyal dengan baik.

Untuk memeriksa hal tersebut, Anda dapat mengetes jalur kelistrikan menggunakan taspen test lamp.

Terjadi kerusakan komponen pelampung bensin

Di dalam tangki bensin terdapat pelampung yang dapat bergerak mengikuti permukaan bahan bakar yang berfungsi sebagai penunjuk level volume bensin.

Apabila komponen pelampung bensin CB150R mengalami kerusakan, dapat membuat pembacaan pada indikator bensin menjadi error. Untuk mengetahui kerusakan pada pelampung bensin, Anda dapat mengeceknya dengan cara lepas – pasang sambungan kabel yang terhubung dengan pelampung.

Jika indikator bensin bergerak, maka pelampung masih dalam kondisi baik. Namun, apabila sebaliknya, sebaiknya lakukan pengecekan menggunakan Avometer.

Perubahan bentuk tangki bensin / penyok

Jangan anggap sepele tangki bensin motor yang penyok terlalu parah, karena dapat mempengaruhi kinerja pelampung bensin.

Perubahan bentuk tangki yang parah hingga menyentuh pelampung bensin, dapat membuat pelampung bensin sulit bergerak, sehingga nilai yang ditunjukkan pada indikator bensin menjadi error.

Selain penyebab – penyebab di atas, terlalu sering membiarkan motor kehabisan bensin dapat menyebabkan indikator bensin rusak, terutama indikator bensin dengan panel digital.