Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Camry dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Camry – Mobil Toyota Camry pertama kali diproduksi pada tahun 2006. Generasi terbaru Camry memiliki desain yang mewah sehingga banyak orang yang menyukainya. Bagi Anda yang ingin membeli Toyota Camry, ketahui dulu perbandingan konsumsi bensin (BBM) di setiap tipenya.

Lalu berapa konsumsi bensin Camry? Konsumsi bensin Camry Hybrid adalah 17,8 km/liter, konsumsi bensin Camry V6 3500 cc adalah 14,36 km/liter, sedangkan konsumsi bensin  XV40 2400 cc adalah 15,8 km/liter.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang konsumsi bensin Camry, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Camry
  • Kapasitas Tangki Bensin Toyota Camry
  • Jenis Bensin yang Bagus untuk Toyota Camry
  • Akibat Menggunakan Bensin Oktan Rendah pada Camry
  • Akibat Filter Bensin Toyota Camry Jarang Dibersihkan
Advertisements

Konsumsi Bensin Camry

Konsumsi bensin Toyota Camry di setiap tipenya berbeda – beda tergantung pada jenis mesinnya. Berikut ini konsumsi bensin Toyota Camry.

Tipe MobilKonsumsi Bensin
Toyota Camry Hybrid17,8 km/liter
Toyota Camry V6 3.500 cc14,36 km/liter
Toyota Camry XV40 2400 cc15,8 km/liter

Nb: Uji konsumsi bensin Camry di atas dilakukan di kondisi jalan bebas hambatan

Kapasitas Tangki Bensin Toyota Camry

Mobil Toyota Camry memiliki kapasitas tangki bensin yang cukup besar, sehingga cocok untuk perjalanan jauh.

Berikut adalah kapasitas tangki bensin Toyota Camry :

Tipe MobilKapasitas Tangki BBM
Toyota Camry Hybrid50 liter
Toyota Camry V6 3.500 cc70 liter
Toyota Camry XV40 2400 cc70 liter
Advertisements

Jenis Bensin yang Bagus untuk Mobil Camry

Penggunaan bahan bakar untuk setiap mobil perlu disesuaikan dengan jenis mesinnya. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari permasalahan yang mungkin terjadi pada mesin.

Lalu apa bensin yang cocok untuk Toyota Camry?

Jenis bensin yang cocok untuk Toyota Camry adalah Pertamax dengan RON 92. Memang ada beberapa mobil Toyota yang cocok menggunakan bahan bakar jenis Pertalite. Namun khusus untuk mobil Camry, Toyota menyarankan untuk menggunakan Pertamax.

Akibat Menggunakan Bensin Oktan Rendah pada Camry

Pemakaian jensi bahan bakar pada mobil Toyota Camry sebaiknya sesuai dengan rekomendasi dari pabriknya. Karena jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, maka mesin bisa mengalami berbagai masalah.

Berikut beberapa akibat Toyota Camry menggunakan bahan bakar oktan rendah.

Advertisements

Konsumsi bensin jadi lebih boros

Penggunaan bensin Pertalite pada Toyota Camry bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros jika dibandingkan dengan Pertamax.

Hal tersebut karena bensin menjadi lebih cepat terbakar sebelum waktunya.

Mesin Toyota Camry mengalami knocking

Penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah pada Toyota Camry juga bisa mengakibatkan mesin mengalami ngelitik atau knocking. Hal tersebut disebabkan karena proses pembakaran yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan sisa kerak di ruang pembakaran.

Biaya perbaikan mahal

Jika mesin terlanjur knocking parah, hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membersihakan ruang pembakaran dari sisa karbon.

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pembersihan ruang bakar sekitar 350 ribuan.

Akibat Filter BBM Camry Jarang Dibersihkan

Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja mesin pada mobil Camry adalah sistem pembakaran. Ada beberapa komponen yang memiliki fungsi penting pada sistem pembakaran, salah satunya adalah filter bensin.

Filter bensin pada Toyota Camry berfungsi untuk menyaring kotoran dari bensin agar tidak masuk ke karburator dan ruang bakar. Jika filter bensin jarang dibersihkan, maka akan menyebabkan beberapa masalah.

Berikut akibat filter bensin Toyota Camry yang jarang dibersihkan.

Kinerja mesin Camry terganggu

Kotoran yang menumpuk di ruang bakar tidak akan tersaring dengan sempurna jika filter bensin mengalami kerusakan. Kotoran tersebut bisa saja menyumbat filter bensin sehingga pasokan bahan bakar menjadi tidak maksimal.

Putaran mesin tidak maksimal

Filter bensin yang kotor menyebabkan aliran bahan bakar menjadi tidak sempurna. Hal tersebut tentu membuat proses pembakaran tidak bisa berjalan dengan baik.

Akibatnya, mesin Toyota Camry bisa mengalami brebet saat mobil digas. Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek kondisi filter bensin mobil Camry Anda jika menemukan masalah seperti itu.

Mesin Camry sulit dinyalakan

Kondisi tangki bensin yang kotor bisa disebabkan karena penggunaan jenis bahan bakar yang tidak sesuai. Kotoran tersebut bisa menyumbat filter bensin dan membuat pasokan bahan bakar menjadi kurang. Hal tersebut bisa mengakibatkan mobil menjadi sulit dinyalakan.

Oleh sebab itu, lakukan pengecekan pada filter bensin setiap jarak tempuh mobil Camry mencapai 40 ribu km. Jika kondisi filter bensin masih baik, Anda cukup membersihkannya maka masalah sudah beres. Namun jika kondisi filter bensin sudah rusak, maka sebaiknya diganti dengan yang baru.