Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Byson per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Byson – Selain desain motornya yang keren, Yamaha Byson juga terkenal akan keiritannya. Dalam konsumsi bahan bakarnya, Yamaha Byson bahkan dikatakan lebih irit jika dibandingkan saingannya yaitu Honda Verza.

Lalu berapa konsumsi bensin Byson? Konsumsi bensin Byson karbu adalah 44 km/liter, sedangkan konsumsi bensin All New Byson FI adalah 46 km/liter. Sedangkan untuk kapasitas tangkinya, yaitu 12 liter.

Berikut ini beberapa hal yang akan dibahas tentang bensin Byson pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Byson per Kilometer
  • Kapasitas Tangki Bensin Yamaha Byson
  • Jenis Bensin yang  Cocok untuk Yamaha Byson
  • Dampak Buruk Penggunaan Bensin Premium pada Motor Byson
  • Penyebab Indikator Bensin Byson Berkedip Terus Menerus
  • Posisi Kran Bensin Byson yang Benar dan Fungsinya
Advertisements

Konsumsi Bensin Byson per Kilometer

Yamaha Byson memiliki dua tipe yaitu Byson karbu dan Byson Fi. Untuk konsumsi bahan bakarnya, Byson Injeksi lebih irit dibandingkan dengan Byson karbu.

Berikut adalah konsumsi bahan bakar Yamaha Byson dalam bentuk tabel

Tipe MotorKonsumsi BBM
Yamaha Byson karbu44 km/liter
All New Byson FI46 km/liter

Konsumsi bahan bakar tersebut bisa berbeda di setiap orang tergantung pada tingkat kepadatan jalan, beban motor, serta kondisi tekanan angin ban.

Kapasitas Tangki Bensin Yamaha Byson

Kapasitas tangki bensin Yamaha Byson karbu da Yamaha Byson FI sama, yaitu 12 liter. Meskipun begitu, Yamaha Byson FI telah dilengkapi dengan teknologi Fuel Inejction sehingga konsumsi bahan bakarnya menajdi lebih irit.

Jenis Bensin yang Cocok untuk Yamaha Byson

Penggunaan jenis bensin untuk motor Yamaha Byson harus tepat agar kinerja mesinnya lebih optimal. Pemilihan jenis bensin tersebut harus sesuai dengan rasio kompresi Yamaha Byson dengan RON (nilai oktan) yang terkandung di dalam bensin tersebut.

Lalu apa jenis bensin yang cocok untuk Yamaha Byson?

Advertisements

Sesuai rasio kompresi Yamaha Byson, maka jenis bensin yang cocok adalah Pertalite. Karena Pertalite memiliki kandungan RON 90 yang sesuai dengan rasio kompresi Yamaha Byson karbu dan Byson  FI, yaitu 9,5 : 1.

Dampak Buruk Penggunaan Bensin Premium pada Motor Byson

Bahan bakar Premium memiliki nilai oktan rendah yaitu 88. Artinya bensin tersebut akan mudah terbakar. Semakin tinggi rasio kompresi, maka semakin tinggi pula proses pembakaran yang terjadi. Hal itulah yang membuat Byson membutuhkan bahan bakar oktan tinggi agar proses pembakaran sempurna.

Namun jika kompresi mesin tinggi diberikan bahan bakar dengan oktan rendah, maka proses pembakaran bisa terjadi lebih cepat. Bensin bisa terbakar lebih awal sebelum busi menyala, sehingga akan terjadi ledakan keras pada piston.

Hal tersebutlah yang membuat mesin Byson jadi ngelitik atau knocking. Jika terus dibiarkan, lama – lama piston bisa bolong.

Untuk memperbaiki piston yang rusak tersebut, motor Yamaha Byson Anda harus turun mesin dan biaya yang dibutuhkan pun cukup besar.

Penyebab Indikator Bensin Byson Berkedip Terus Menerus

Advertisements

Permasalahan yang sering terjadi pada motor Yamaha Byson adalah indikator bensin yang error. Biasanya indikator bensin Byson berkedip terus menerus meski kondisi bensin dalam tangki masih banyak. Padahal dalam kondisi normal, indikator bensin akan menyala jika bensin dalam tangki akan habis.

Indikator bensin Byson yang berkedip terus menerus bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu Fuel Pump error atau kabel pada speedometer putus.

Usia fuel pump yang sudah lama bisa menjadi penyebab indikator bensin menjadi error. Cara mengeceknya adalah dengan menggunakan fuel pump dari motor lain. Jika indikator tersebut berfungsi normal, maka Fuel Pump Byson rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Namun jika fuel pump masih saja berkedip, maka permasalahan ada pada kabelnya. Biasanya mekanik akan mencari kabel dari speedometer yang putus dan menyambungnya dengan kabel yang baru.

Posisi Kran Bensin Byson yang Benar dan Fungsinya

Posisi Kran Bensin Byson yang Benar

Bagi pengguna motor Byson karburator, tentu sudah tidak asing dengan adanya kran bensin. Fungsi kran bensin tersebut untuk mengatur aliran bahan bakar dari tangki menuju ke ruang pembakaran.

Kran bensin bisa diatur dalam 3 posisi yaitu On, Off, dan Res. Lalu bagaimana posisi kran bensin Byson yang benar?

Saat akan mengendarai motor Byson yang kondisi bahan bakarnya full, posisi kran bensn Byson yang benar adalah “On”.

Ketika motor Byson sedang servis karburator, maka posisi kran bensin Byson yang benar adalah “Off”.

Namun jika kondisi motor Byson dalam keadaan kehabisan bensin dan membutuhkan bahan bakar cadangan, maka posisi kran bensin Byson yang benar adalah “Res”.

Fungsi Kran Bensin Byson

Kran bensin Byson bisa diatur dalam posisi on, off, dan res sesuai dengan kondisi motor tersebut. Lalu apa fungsi kran bensin Byson?

Posisi “On” pada kran bensin Byson berfungsi agar motor memiliki cadangan bahan bakar yang bisa digunakan saat dalam keadaan darurat.

Posisi “Res” pada kran bensin Byson fungsinya untuk mengalirkan bahan bakar cadangan ke dalam tangki. Hal tersebut akan berguna jika Anda mengalami kehabisan bensin saat di tengah jalan.

Namun perlu diingat, posisi “Res” pada kran bensin hanya boleh dilakukan dalam kondisi darurat. Setelah mengisi bahan bakar full, maka posisi kran bensin harus dikembalikan menjadi posisi “On”

Sedangkan kran bensin posisi “Off” berfungsi untuk menghentikan aliran bahan bakar dari tangki ke ruang pembakaran. Biasanya posisi off kran bensin dilakukaan saat motor melakukan perawatan pada bagian ruang bakar atau karburatornya.