Konsumsi Bensin Beat per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Beat – Sebagai jenis motor matic, Honda beat banyak digunakan oleh masyarakat dalam kesehariannya. Konsumsi bbmnya jauh lebih irit dibandingkan dengan motor sekelasnya.

Advertisements

Lalu berapa konsumsi bensin Beat? Konsumsi bensin Beat Facelift adalah 40 km/liter, Beat eSP adalah 47,2 km/liter, Beat POP eSP adalah 63 km/liter dan  Beat eSAF 55 km/liter. Sedangkan Beat PGM Fi dan Beat Street adalah 60,6 km/liter.

Agar Anda dapat mengetahui informasi konsumsi bensin Beat secara lengkap, silahkan melihat penjelasan pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Pemakaian Bensin Honda Beat per Liter
  • Kapasitas Tangki Bensin dan Jenis Bensin Honda Beat yang Tepat
  • Perbandingan Konsumsi Bensin Honda Beat dan Yamaha Mio
  • Efek Buruk Motor Honda Beat Telat Isi Bensin

Konsumsi Bensin Honda Beat per Kilometer

Berikut konsumsi bensin beat semua tipe yang tersaji dalam bentuk tabel:

Advertisements
TipeKonsumsi Bensin
Honda Beat Facelift40 km/liter
Honda Beat PGM Fi60,6 km/liter
Honda Beat eSP47,2 km/liter
Honda Beat POP eSP63 km/liter
Honda Beat Street60,6 km/liter
Honda Beat eSAF55 km/liter

Informasi pemakaian bahan bakar diperoleh dari uji konsumsi bensin dengan standar SFC atau Spesiic Fuel Cunsumption. Jadi perhitungan konsumsi bensin akan menggunakan perbandingan antara total bahan bakar dengan daya yang dihasilkan.

Kapasitas Tangki Bensin dan Jenis Bensin Honda Beat yang Tepat

Meski berasal dari merk yang sama namun mesin dan beberapa komponen yang ada kadang tidak sama. Tiap tahun pabrik kendaraan selalu mengusahakan untuk produksi kendaraan dengan versi terbaru dan lebih baik dari versi sebelumnya.

Maka dari itu berikut ini adalah penjelasan tentang kapasitas tangki dan jenis bensin yang tepat untuk motor Honda Beat Anda, yaitu:

Advertisements

Kapasitas Tangki Bensin Honda Beat

Kapasitas tangki bensin yang dimiliki oleh motor Honda Beat berbeda-beda tergantung dari tipe kendaraannya. Meski begitu ukurannya tergolong kecil karena di bawah 5 liter.

Berikut ini adalah kapasitas tangki bensin untuk motor Honda Beat, yaitu:

TipeKonsumsi Bensin
Honda Beat Facelift4,2 Liter
Honda Beat PGM Fi3,7 Liter
Honda Beat eSP4,2 Liter
Honda Beat POP eSP3,7 Liter
Honda Beat Street4,2 Liter
Honda Beat eSAF4,2 Liter

Jensi Bensin Honda Beat yang Tepat

Motor Honda Beat ditunjang dengan rasio komprenya sebesar 10,0 :1. Dengan rasio kompresi mesin seperti itu maka motor Honda Beat disarakankan untuk mengguankan bensin Pertalite atau Pertamax.

Berdasarkana data rasio kompresi motor seperti itu, maka Honda Beat disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan RON 90 atau RON 92. Dimana RON 90 dapat Anda temukan pada Pertalite dan Ron 92 pada Pertamax.

Penggunakan bahan bakar dengan RON yang lebih rendah yaitu Premium (RON 88) tidak disarankan. Demikian juga dengan Pertamax Plus (RON 95) dengan harga yang lebih mahal namun spesifikasinya tidak tepat.

Perbandingan Konsumsi Bensin Beat dan Mio

Sudah sejak lama masyarakat mengguankan Honda Beat dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu terdapat 1 jenis motor dengan spesifikasi yang hampir sama dan berada di kelas yang sama, yaitu motor Yamaha Mio.

Maka dari itu mari dibahas perbandingan antara salah satu tipe kendaraan dengan spek yang sama, yaitu Yamaha Mio M3 dengan Honda Beat eSP.

Siapakah diantara keduanya yang jauh lebih irit?

Berikut ini adalah tabel perhitungan konsumsi bahan bakar antara motor Honda Beat eSP dengan Yamaha Mio M3, yaitu:

Advertisements
Merk MotorKonsumsi Bensin
Honda Beat eSP47,2 km/liter
Yamaha Mio M346 km/liter

Dari data diatas maka dapat disimpulkan Honda Beat eSP jauh lebih irit jika dibandingkan dengan motor Yamaha Mio M3. Honda Beat eSP mampu menempuh jarak yang lebih banyak dalam penggunaan 1 liter bensinnya.

Data tersebut adalah hasil uji coba dari konsumsi bahan bakar dengan kondisi jalan yang sama. Meski demikian tiap-tiap kendaraan bisa menghasilkan data yang berbeda tergantung dari faktor penunjang yang ada.

Efek Samping Beat Kehabisan Bensin

Pada kendaraan mempunyai bensin yang harus diisi tanpa menunggu tangki bensin. Perlu Anda ketahui bahwa telah mengisi bensin pada motor matic terutama Beat dapat berdampak buruk bagi kendaraan Anda.

Maka dari itu berikut ini adalah dampak buruk pada motor Honda Beat yang sering kehabisan bensin, yaitu:

Fuel Pump Terganggu

Mesin yang menggunakan bensin dari tangki penyimpanan yang berkarat akan ikut terkena dampak buruknya. Jika kondisi ini terus berlanjut maka fuel pump juga akan terganggu fungsinya. Motor Anda dapat ngadat atau mogok sewaktu-waktu.

Timbul Masalah pada Karburator dan Injector

Masalah serius yang bisa timbul karena telat mengisi bensin adalah pada karburator dan juga injector. Jika kedua komponen tersebut bermaslaah maka sistem pembakaran pada kendaraan Anda akan terganggu.

Tangki Motor Berkarat

Kondisi yang sering terjadi karena telat mengisi bensin adalah timbulnya karat pada tangki motor. Hal ini akan membua permukaan tangki menjadi lebih rapuh dan rawan jebol. Tidak hanya itu hal juga akan berpangaruh terhadap kualitan bahan bakar Anda.