Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Ayla dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Ayla – Daihatsu Ayla merupakan jenis mobil LCGC (low cost green car) mobil dengan harga ekonomis, hemat energi, dan ramah lingkungan. Dalam berbagai uji efisiensi bahan bakar oleh sejumlah media, konsumsi bahan bakar Ayla tidak pernah mengecewakan dan selalu masuk 5 besar.

Lantas berapa konsumsi bensin Ayla? Konsumsi bensin Ayla transmisi matic adalah 18 km/liter dan Ayla transmisi manual 21 km/liter.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang konsumsi bensin Ayla, anda bisa menyimak artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Ayla
  • Jenis Bensin Yang Sesuai Untuk Ayla
  • Kapasitas Tangki Bensin Daihatsu Ayla
  • Faktor penyebab indikator bensin Ayla error
  • Ciri-ciri Pompa Bensin Ayla Rusak
Advertisements

Komsumsi Bensin Ayla

Berikut ini adalah konsumsi bensin Ayla per liter berdasarkan jenis transmisi mesinnya :

Tipe AylaKonsumsi BBM
Ayla transmisi manual21 km/liter
Ayla transmisi automatic18 km/liter

Konsumsi bbm pada setiap kendaraan dan pengendara bisa berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gaya berkendara, beban muatan, kondisi jalan dan faktor internal mesin.

Jenis Bensin Yang Sesuai Untuk Mobil Ayla

Untuk mendapatkan proses pembakaran yang sempurna serta energi yang dihasilkan optimal, anda perlu menyesuaikan jenis bensin dan nilai oktan bensin dengan rasio komponen mesin. Semakin tinggi rasio kompresi mesin semaikin tinggi nilai oktan yang dibutuhkan.

Daihatsu Ayla memiliki kompresi mesin 11 : 1, sehingga bensinyang sesuai dengna kebutuhan mesin Dayhatsu Ayla adalah bensin dengan nilai RON 92 atau jenis Pertamax.

Kapasitas Tangki Bensin Daihatsu Ayla

Advertisements

Setiap kendaraan mobil memiliki kapasitas tangki bensin yang berberda-beda, hal ini disesuaikan dengan kapasitas mesin mobil dan juga dimensi mobil. Begitu juga dengan Daihatsu Ayla yang memiliki kapasitas tangki bensin tersendiri, yaitu sebesar 33 liter.

Faktor Penyebab Indikator Bensin Ayla Error

Pada dasarnya indikator bensin akan kedip ketika jarum atau bar pada indikator menunjuk pada huruf E (empty), namun jika sudah diisi, indikator tetap menyala dan jarum ataupun bar tidak bergerak, tandanya indikator bensin Ayla anda sedang eror.

Berikut ini faktor penyebab indikator bensin Ayla error:

  • Bahan bakar sering dibiarkan habis total tidak bersisa
  • Indikator bensin rusak
  • Jalur kabel putus
  • Kondisi aki tidak prima
  • Adanya kerusakan pada pelampung bensin
  • Adanya masalah pada speedometer

Ciri-ciri Pompa Bensin Ayla Rusak

Fuel pump atau pompa bensin merupakan komponen yang berfungsi memompa bahan bakar menuju injektor ruang bakar sesuai dengan volume bensin yang dibutuhkan. Lalu bagaimana jika pompa bensin rusak?

Berikut ini adalah ciri-ciri pompa bensin Ayla rusak :

Advertisements

Mobil susah distarter

Selain disebabkan oleh aki, mobil susah distarter juga bisa diakibatkan oleh rusaknya pompa bensin. Hal ini karena kurangnya asupan bensin di saluran pembakaran. Rusaknya fuel pump juga bisa disebabkan oleh fuel filter yang bermasalah, sehingga kotoran pada bensin tidak tersaring dan menyumbat pompa.

Suara Mesin Mobil Kasar

Pompa bensin yang bermasalah akan menimbulkan suara mesin yang mendengung. Selain itu, meskipun mobil bisa distarter diawal, pada pompa bensin yang bermasalah akan menimbulkan suara brebet ketika mobil di gas serta suara mobi yang kasar.

Indikator Check Engine Terus Berkedip

Saat indikator check engine yang terdapat pada dashbor pengemudi terus berkedip, salah satu penyebabnya bisa dikarenkann adanya kerusakan pada pompa bensin. Namun untuk memastikan kerusakan terdapat pada pompa bensin, anda bisa melakukan tes tekanan bensin dengan fuel pressure gauge.

Suara Pompa Yang Lemah

Suarta yang terdengar pertama klai ketikan mobil distarter merupakan suara pompa bensin, jadi apabila ketika anda menekan kunci kea rah ON, bunyi mesin terdengar lemah tandanya terjadi masalah pada pompa bensin anda.