Advertisements

Konsumsi Bensin Avanza dan kapasitas Tangki Nya

Bensin Avanza – Mobil Toyota Avanza menjadi salah satu mobil yang dimiliki banyak orang. Hal tersebut karena desainnya yang bagus serta kapasitas mesin yang cukup bagus. Selain itu, perawatan yang mudah serta harga jual yang tidak terlalu tinggi menjadi pemicu banyaknya peminat mobil ini.

Lalu berapa konsumsi bensin Avanza? Konsumsi bensin Avanza 1.3 G adalah 18 km/liter, konsumsi bensin All  New Avanza adalah 16 km/liter, konsumsi bensin Avanza 1.5 S adalah 9.9 km/liter, dan konsumsi bensin Avanza Veloz adalah 9.8 km/liter.

Berikut beberapa hal yang akan dibahas tentang bensin Avanza pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Avanza per Kilometer
  • Kapasitas Tangki Bensin Toyota Avanza
  • Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Avanza
  • Dampak Penggunaan Bahan Bakar Oktan Rendah pada Toyota Avanza
  • Tanda Bensin Avanza Habis
  • Penyeba Indikator Bensin Avanza Mati
Advertisements

Konsumsi Bensin Avanza

Toyota Avanza terdiri dari 2 jenis mesin. Setiap tipe mobil Avanza tersebut membutuhkan konsumsi bensin yang berbeda – beda.Berikut adalah konsumsi bensin Avanza lengkap dalam bentuk tabel:

Tipe MobilKonsumsi Bensin
Toyota Avanza 1.3 G18 km/liter
All New Avanza16 km/liter
Toyota Avanza 1.5 S9.9 km/liter
Toyota Avanza Veloz 1.59.8 km/liter

Data di atas merupakan data percobaan konsumsi bensin yang dilakukan dengan keadan jalan dan keadaan mobil sama.

Kapasitas Tangki Bensin Toyota Avanza

Kapasitas tangki bensin yang dimiliki mobil Avanza berbeda pada setiap tipenya. Semakin besar kapasitas mesinnya, maka semakin besar pula kapasitas tangkinya.

Berikut adalah kapasitas tangki bensin mobil Toyota Avanza:

Tipe MobilKapasitas Tangki
Toyota Avanza 1.3 G43 liter
All New Avanza45 liter
Toyota Avanza 1.5 S45 liter
Toyota Avanza Veloz 1.545 liter
Advertisements

Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Mobil Avanza

Pemilihan jenis bahan bakar untuk setiap mobil tidaklah sama, tergantung pada jenis mesin dan rasio kompresinya. Karena jika pemilihan bahan bakar tersebut tidak sesuai bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada mesin.

Bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil Avanza adalah bensin yang mengandung oktan minimal 90. Sehingga bahan bakar yang cocok untuk Toyota Avanza adalah minimal Pertalite. Anda juga bisa menggunakan Pertamax untuk hasil kinerja mesin lebih optimal.

Dampak Penggunaan Bahan Bakar Oktan Rendah pada Toyota Avanza

Penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah seperti Premium pada mobil Avanza sangat tidak disarankan. Hal tersebut karena bensin Premium memiliki nilai oktan yang terlalu rendah yaitu 88 sehingga tidak sesuai dengan rasio kompresinya.

Lalu apa dampak buruk penggunaan premium pada Toyota Avanza?

Dampak buruknya adalah tekanan di dalam ruang bakar mesin meningkat sehingga menimbulkan panas yang terlalu berlebihan. Sehingga proses pembakaran pun menjadi tidak sempurna. Jika terus dibiarkan, maka mesin Avanza bisa mengalami knocking.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jenis bahan bakar yang sesuai untuk menjaga kondisi mesin Avanza agar tetap awet.

Tanda Bensin Avanza Mobil Habis

Advertisements

Jika indikator jarum fuel meter sudah berada di posisi E (empty) atau kosong, itu tanda bahwa bensin mobil Avanza sudah harus diisi. Kondisi tersebut diikuti dengan lampu indikator yang menyala.

Pada saat lampu indikator sudah menyala, biasanya di dalam tangki masih tersedia cadangan bahan bakar sekitar 3 – 5 liter bensin yang bisa digunakan untuk menempuh jarak kurang lebih 20 km.

Namun akan lebih baik jika Anda segera mengisi bensin sebelum jarum indikator menunjuk ke posisi E. Karena jika terlalu sering membiarkan tangki kosng bisa membuat tangki bensin mengembun. Akibatnya bensin bisa tercampur dengan air dan kinerja mesin Avanza menjadi menurun.

Penyebab Indikator Bensin Avanza Mati

Indikator bensin memiliki fungsi yang penting sebagai penunjuk kondisi bensin dalam tangki. Jika indikator bensin mati tentuk akan sangat merepotkan bagi pemilik mobil.

Penyebab indikator bensin Avanza mati antara lain:

Kabel indikator bensin Avanza putus

Penyebab indikator bensin tidak menyala yang pertama adalah karena adanya kabel yang putus atau konslet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda tinggal bawa saja ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan.

Pelampung bensin Avanza rusak

Seiring usia pemakaian mobil Avanza, maka ada beberapa komponen yang mengalami aus, termasuk pelampung bensin. Biasanya kumparan pada pelampung bensin akan semakin lemah jika kondisi mobil sudah lama.

Akibatnya, kumparan yang berfungsi untuk mengirim sinyal ke indikator tersebut tidak akurat. Sehingga indikator bensin menjadi error atau bahkan tidak nyala.

Indikator bensin Avanza rusak

Jika indikator bensin tidak menyala pada saat mobil Avanza dinyalakan, maka bisa jadi komponen tersebut sudah rusak. Kerusakan tersebut bisa saja terjadi akibat usia mobil yang sudah tua sehingga beberapa komponennya mulai aus.

Untuk mengatasi masalah indikator rusak, Anda perlu membawa mobil Avanza ke bengkel untuk pengecekan.