Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Astrea per Kilometer dan Ukuran Tangki Nya

Bensin Astrea – Honda Astrea termasuk salah satu motor yang terkenal keiritannya. Itulah sebabnya banyak orang masih menggunakan Astrea meskipun tergolong jadul. Selain itu, desainnya yang klasik dan perawatan yang mudah membuat peminat motor ini semakin banyak.

Lalu berapa konsumsi bensin Astrea? Konsumsi bensin Astrea Grand adalah 55 km/liter, konsumsi bensin Astrea Prima adalah 50 km/liter, konsumsi bensin Astrea Star adalah 40 km/liter, dan konsumsi bensin Astrea C Series adalah 40 km/liter.

Berikut adalah beberapa pembahasan tentang bensin Astrea.

Daftar Isi :

  • Konsumsi Bensin Honda Astrea per Kilometer
  • Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Honda Astrea
  • Jenis Bensin Terbaik untuk Honda Astrea
  • Akibat Penggunaan Bahan Bakar Oktan Tinggi pada Astrea
  • Penyebab Motor Honda Astrea Boros Bensin
Advertisements

Konsumsi Bensin Astrea per Kilometer

Bahan bakar yang dibutuhkan untuk motor Astrea kurang lebih sekitar 40 – 50 km/liter. Berikut adalah konsumsi bensin Astrea semua tipe dalam bentuk tabel.

Tipe MotorKonsumsi Bensin
Astrea Grand55 km / liter
Astrea Prima50 km / liter
Astrea C Series40 km / liter
Astrea Star40 km / liter

Kapasitas Tangki dan Jenis Bensin Motor Astrea

Kapasitas Tangki Bensin Honda Astrea

Setiap motor Astrea memiliki kapasitas tangki bensin yang berbeda – beda. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh spesifikasi mesinnya. Berikut adalah kapasitas tangki motor Honda Astrea:

Tipe MotorKapasitas Tangki Bensin
Honda Astrea C Series3 liter
Honda Astrea Grand3.5 liter
Honda Astrea Prima3,7 liter
Honda Astrea Star4 liter
Advertisements

Jenis Bensin yang Cocok untuk Honda Astrea

Pemilihan jenis bahan bakar untuk motor Astrea perlu diperhatikan agar kinerja mesin jadi maksimal dan lebih awet. Pemilihan jenis bahan bakar tersebut ditentukan berdasarkan kompresi motor tersebut.

Untuk Honda Astrea memiliki kompresi sebesar 9 : 1,  sehingga jenis bensin yang cocok adalah Pertalite.

Hal tersebut karena kompresi motor Honda Astrea sebesar 9 : 1 akan lebih cocok menggunakan bahan bakar gasoline dengan tingkat oktan 90. Dimana nilai oktan 90 tersebut bisa di dapat melalui pertalite.

Akibat Penggunaan Bahan Bakar Oktan Tinggi pada Astrea

Setiap motor memiliki ukuran kompresi mesin masing – masing. Penentuan kompresi motor tersebut menunjukkan jumlah tekanan yang terjadi pada mesin. Agar kompresi tersebut bisa bekerja dengan maksimal, maka penggunaan jenis bahan bakar harus sesuai.

Misalnya Astrea dengan kompresi 9 : 1 menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo dengan oktan 98. Nilai oktan yang terkandung pada bahan bakar tersebut terlalu tinggi, sehingga jika dipakai pada mesin Astrea yang memiliki tingkat kompresi mesin rendah dapat menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna.

Akibatnya, mesin tidak bisa membakar semua bensin sehingga meninggalkan sisa – sisa pembakaran. Jika digunakan dalam jangka waktu panjang, maka kinerja mesin motor Astrea lama kelamaan akan semakin menurun.

Penyebab Motor Honda Astrea Boros Bensin

Anda perlu waspada jika motor Astrea Anda tiba – tiba boros bensin. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa komponen pada sistem pembakaran mulai bermasalah.

Berikut adalah beberapa penyebab motor Astrea boros bensin.

Advertisements

Filter udara motor Astrea kotor

Filter udara memiliki fungs untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Seiring pemakaiannya, filter udara tersebut tertutup oleh debu dan kotoran sehingga sirkulasi udara tidak bisa masuk.

Jika kondisi tersebut tersebut terus dibiarkan, maka udara yang masuk akan jauh lebih sedikit. Akibatnya, bensin ikut terhisap dan membuat bahan bakar cepat habis.

Adanya kerak yang menumpuk pada karbon

Kerak dihasilkan akibat proses pembakaran yang tidak sempurna. Kerak tersebut akan membuat kinerja mesin menjadi menurun. Biasanya, kerak karbon disebabkan oleh penggunaan jenis bahan bakar yang tidak sesuai.

Tidak menutup tangki bensin dengan rapat

Bensin merupakan bahan bakar yang cepat menguap. Tangki yang tidak ditutup secara rapat atapun kondisi tutup tangki yang suda rusak bisa memicu BBM cepat menguap. Oleh sebab itu, bensin harus berada dalam ruang yang tertutup.

Tekanan angin ban motor Astrea kurang

Seringkali banyak orang mengendarai motor Astrea tanpa memperhatikan kondisi bannya. Padahal ban yang kempes membuat mesin motor Astrea menjadi lebih keras untuk menjalankan motor. Hal tersebut tentu akan memicu konsumsi bahan bakar jauh lebih besar.