Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Agya per Kilometer dan Ukuran Tangki Nya

Bensin Agya – Toyota Agya merupakan salah satu mobil LCGC dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Mobil ini sering disamakan dengan Daihatsu Ayla karena memiliki desain serta kapasitas tangki bensin yang sama.

Lalu berapa konsumsi bensin Toyota Agya per kilometernya? Konsumsi bensin Agya generasi pertama adalah 20,7 km/liter, konsumsi bensin Agya 1.0 L adalah 22 km/liter, dan konsumsi bensin Agya 1.2 L adalah 19 km/liter. Uji konsumsi bensin Agya tersebut dilakukan dengan kecepatan standar.

Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang konsumsi bensin serta jenis bahan bakar yang cocok untuk mobil  Agya, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Konsumsi bensin Toyota Agya per Kilometer
  • Kapasitas Tangki Bensin Mobil Toyota Agya
  • Jenis Bensin Terbaik untuk Toyota Agya
  • Akibat Tidak Menggunakan Bensin 92 pada Toyota Agya
  • Arti Indikator Bensin Agya Berkedip
  • Penyebab Mobil Agya Boros Bensin

Konsumsi bensin Agya per Kilometer

Berikut konsumsi bensin toyota agya generasi pertama, tipe 1.0 L, dan 1.2 L yang tersaji dalam bentuk tabel.

Advertisements
Merk MobilKonsumsi Bensin
Toyota Agya Generasi Pertama20,7 km/liter
Toyota Agya 1.0 L22 km/liter
Toyota Agya 1.2 L19 km/liter

Kapasitas Tangki Bensin Mobil Agya

Semua tipe Toyota Agya memiliki kapasitas tangki bensin yang sama, yaitu 33 liter. Ukuran tangki bensin tersebut bisa dikatakan lebih sedikit dibandingkan dengan mobil Toyota lainnya seperti Toyota Calya (36 liter) dan Toyota Avanza (43 liter). Hal tersebut dipengaruhi oleh kapasitas mesin yang berbeda – beda.

Jenis Bensin Terbaik untuk Mobil Agya

Pemilihan jenis BBM untuk mobil Agya harus sesuai dengan rasio kompresi serta jenis mesin yang digunakan. Hal tersebut bertujuan agar proses pembakaran bisa berlangsung dengan baik.

Untuk pemilihan jenis bensin Toyota Agya tidaklah sulit. Karena Toyota sendiri menyarankan untuk menggunakan bahan bakar tanpa timbal serta bensin dengan tingkat oktan minimal 92. Jadi, bahan bakar yang cocok untuk Toyota Agya adalah Pertamax.

Akibat Tidak Menggunakan Bensin 92 pada Toyota Agya

Ada beberapa masalah yang bisa terjadi jika Toyota Agya tidak menggunakan bensin oktan 92 sesuai anjuran, antara lain:

Advertisements
  • Suara mesin terdengar ngelitik (knocking)
  • Ada endapan bensin sehingga ruang bakar cepat kotor
  • Performa mesin Agya menurun
  • Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros

Knocking yang terjadi pada mobil Agya bisa menimbulkan masalah serius jika terus dibiarkan. Knocking tersebut terjadi karena bahan bakar di dalam ruang bakar mengalami kenaikan temperatur.

Hal tersebut membuat proses pembakaran bensin yang terjadi tidak sempurna. Resiko terburuknya adalah mesin Agya bisa jebol dan harus di bawa ke bengkel.

Untuk merawat mesin Agya, sebaiknya gunakan jenis bensin yang dianjurkan. Jangan tergiur dengan bensin yang harganya murah namun kualitasnya tidak cocok untuk mobil Agya. Karena jika mesin Agya rusak, biaya perbaikannya akan jauh lebih mahal.

Arti Indikator Bensin Agya Berkedip

Mobil Toyota Agya telah dibekali teknologi lampu indikator bensin yang dapat menyala jika bensin habis. Jika indikator bensin pada mobil Agya berkedip, berarti kondisi tangki bensin Anda sudah hampir kosong dan hanya tersisa kurang lebih 1 – 2 liter. Itu tandanya Anda harus segera mengisi bensin mobil Agya.

Namun sebaiknya jangan menunggu lampu indikator berkedip terlebih dahulu untuk pengisian bensin. Segera cari pom bensin terdekat saat jarum sudah di posisi  E. Penunjuk bensin pada posisi E atau 1 strip pada mobil Agya berarti bahwa bensin yang tersisa pada tangki sekitar 5 – 6 liter.

Penyebab Toyota Agya Boros Bensin

Seiring bertambahnya usia pemakaian mobil, maka penggunaan konsumsi bahan bakarnya tidaklah sama seperti dulu. Namun perbedaan yang terjadi tidaklah banyak.

Namun jika selisih konsumsi bensin terlalu banyak, hal tersebutlah yang perlu dicurigai. Misalkan awal tahun konsumsi bensin Agya 20 km/liter, dan setelah 4 tahun pemakaian konsumsi bensin bisa turun menjadi 12 km/liter, maka ada yang bermasalah pada penggunaan mobil Agya.

Berikut ini beberapa penyebab mobil Agya menjadi boros bensin.

Advertisements

Penggunaan spesifikasi bensin Agya yang tidak sesuai

Penggunaan bensin dengan oktan rendah bisa mempengaruhi konsumsi bensin mobil Agya. Selain itu, mobil Agya yang menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah membuat kinerja mesin menjadi berkurang dan cepat rusak.

Penggunaan Oli Toyota Agya yang tidak sesuai

Setiap mobil memiliki spesifkasi oli yang berbeda – beda, sama halnya dengan Toyota Agya. Jenis oli yang digunakan tersebut harus sesuai dengan spesifikasi mesin agar pelumasan lebih maksimal. Untuk Toyota Agya, jenis oli yang cocok adalah 0W – 20 atau 5W – 30.

Penggunaan AC yang terlalu berlebihan

Menyalakan AC secara berlebihan bisa membuat konsumsi bensin mobil Agya menjadi lebih boros. Hal tersebut karena kinerja kompresor menjadi lebih berat.

Agar penggunaan bensin lebih awet, Anda bisa menyalakan AC secara bertahap. Jika kondisi mobil sudah dingin, maka Anda bisa menurunkan level AC ke level 1.

Beban yang diangkut mobil Agya terlalu berlebihan

Kelebihan muatan atau beban angkut mobil Toyota Agya bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Untuk mengetahui berapa beban maksimal yang bisa diangkut mobil Toyota Agya, Anda bisa melihatnya pada buku panduan.