Advertisements
banner iklan

Konsumsi Bensin Aerox per Kilometer dan Kapasitas Tangki Nya

Bensin Aerox – Penggunaan konsumsi bensin Aerox cukup irit jika dibandingkan dengan motor dikelasnya.

Lalu berapa konsumsi bensin Aerox? Konsumsi bensin Aerox 155 dan 155 Connected adalah 58,2 km/liter, konsumsi bensin Aerox 125 LC adalah 41,1 km/liter. Sedangkan konsumsi bensin Aerox 155 VVA, Aerox S – Version dan Aerox R – Version adalah 43,1 km/liter.

Bagi Anda yang ingin melihat penjelasan lebih lengkap terkait konsumsi bensin Aerox, silahkan melihat penjelasan pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Konsumsi Bensin Motor Yamaha Aerox Per Liter
  • Ukuran Tangki dan Bensin yang Tepat untuk Motor Yamaha Aerox
  • Rasio Konsumsi Bensin Yamaha Aerox dan Yamaha Nmax
  • Dampak Negatif Motor Yamaha Aerox Telat Isi Bensin

Konsumsi Bensin Aerox

Pemakaian bahan bakar untuk motor Aerox adalah penggunaan bahan bakar tiap liter terhadap jarak yang ditempuh.  Berikut konsumsi bensin Aerox tiap tipe dalam bentuk tabel:

Advertisements
Jenis MotorKonsumsi Bensin
Yamaha Aerox 15558, 2 km/liter
Yamaha Aerox 125 LC41,1 km/liter
Yamaha Aerox 155 VVA43,1 km/liter
Yamaha Aerox S – Version43,1 km/liter
Yamaha Aerox R – Version43,1 km/liter
Yamaha Aerox 155 Connected58,2 km/liter

Data perolehan dari uji pemakaian bahan bakar didapatkan dari perhitungan yang bisa berbeda per orangnya.

Sedangkan beberapa kondisi jalan maupun kondisi kendaraan dapat berpengaruh terhadap hasil uji tersebut.

Kapasitas Tangki dan Bensin untuk Motor Aerox

Setiap tipe motor Aerox memiliki spesifikasi mesin yang tidak sama, ha tersebut akan mempengaruhi jenis bensin dan kapasitas tangki motor tersebut.

Berikut ini merupakan ukuran tangki dan bensin yang tepat untuk motor Yamaha Aerox, yaitu:

Ukuran Tangki Motor Yamaha Aerox

Yamaha Aerox telah mengeluarkan motor dengan tipe yang berbeda. Meski beberapa motor memiliki ukuran tangki bensin yang sama, namun rata-rata ukuran tangki pada motor Yamaha Aerox berbeda.

Berikut adalah ukuran tangki motor Yamaha aerox yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Jenis MotorUkuran Tangki
Yamaha Aerox 1554,6 liter
Yamaha Aerox 125 LC3,8 liter
Yamaha Aerox 155 VVA4,6 liter
Yamaha Aerox S – Version4,6 liter
Yamaha Aerox R – Version4,6 liter
Yamaha Aerox 155 V25,5 liter
Advertisements

Jenis Bensin Motor Aerox yang Tepat

Motor Aerox 125 memiliki kompresi mesin sebesar 10,9 : 1. Sedangkan untuk series motor Aerox 155 menggunakan kompresi mesin 10,5 : 1. Maka dari itu semua jenis motor Aerox bisa menggunakan bensin dengan RON 98 yaitu Pertamax Turbo.

Kompresi mesin yang dimiliki mengharuskan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang tinggi. Semakin tinggi angka RON maka kualitasnya juga semakin bagus. Pertama Turbo dilengkapi dengan teknologi untuk mendukung kecepatan Aerox.

Sedangkan untuk pemilihan bahan bakarnya selain Pertamax Turbo (RON 98) Anda masih bisa untuk menggunakan bahan bakar RON 95 yaitu Pertamax Plus. Kedua bahan bakar tersebut masih bisa digunakan untuk mengimbangi kompresi mesin yang dimiliki.

Usahakan Anda tidak menggunakan bensin Pertamax biasa yang memiliki RON 92. Sebab standard yang dimiliki tidak sesuai dengan kompresi mesin motor Yamaha Aerox.

Perbandingan Konsumsi Bensin Aerox dan Nmax

Motor Yamaha Aerox banyak diminati oleh masyarakat terutama anak muda. Meski begitu masih banya yang membandingkannya dengan motor Yamaha Nmax dengan standard mesin yang sama.

Maka dari itu disini akan dibandingkan konsumsi bensin untuk Yamaha Aerox 155 dengan All New Yamaha NMAX 155. Siapakah diantara keduanya yang paling irit?

Bagi Anda yang ingin megetahui jawabannya, silahkan untuk melihat pada tabel berikut ini:

Jenis MotorKonsumsi Bensin
Yamaha Aerox 15558, 2 km/liter
All New Yamaha NMAX 15539,5 km/liter
Advertisements

Jika dilihat dari tabel perbandingan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Yamaha Aerox 155 cenderung lebih irit dari pada All New Yamaha NMAX 155. Sedangkan untuk selisih yang dihasilkan bahkan cukup besar.

Hasil uji konsumsi bensin yang dilakukan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecepatan berkendara, gaya berkendara, rute jalan maupun kondisi jalan. Jadi bisa saja data yang dihasilkan tiap orang akan berbeda.

Dampak Negatif Motor Yamaha Aerox Telat Isi Bensin

Agar kendaraan dapat berjalan dengan lancar maka membutuhkan bahan bakar sebagai sumber energi. Namun kadang banyak orang yang lupa mengisi bahan bakar hingga menyebabkan tangki kering dan kosong.

Di bawah adalah dampak negatif dari telah mengisi bensin motor Yamaha Aerox, yaitu:

Kerusakan Pompa Bahan Bakar

Jika Anda sering telah mengisi bensin  maka akan berakibat pada kerusakan pompa bahan bakarnya. Jadi jika pompa bahan bakar rusak maka kinerja pada mesin kendaraan Anda juga akan terganggu.

Pendingin Mesin Tidak Berfungsi

Kelalaian dalam mengisi bahan bakar juga bisa berakibat pada komponen lain seperti mesin pendingin dari bahan bakar. Sehingga jika komponen ini tidak berfungsi maka mesin jadi cepat panas atau overheat.