Advertisements
banner iklan

Cara Bayar dan Cek PBB Padang Online Yang Aman

PBB Padang Online

Bayar PBB Padang ~ Salah satu hal yang mempengaruhi besar tagihan PBB Padang yaitu NJOP. Namun, bagi wajib pajak yang ingin mengetahui besaran pokok PBB Padang dapat dilakukan secara online. Pada artikel kami akan membahas cara bayar dan cek PBB Kota Padang.

Berapa biaya PBB Padang? Biaya PBB Kota Padang adalah disesuaikan dengan NJOP. Apabila NJOP < Rp. 1 milyar, maka tagihan PBB sebesar 0,1% × (NJOP – NJOPTKP). Sedangkan, NJOP ≥ Rp. 1 milyar, maka tagihan PBB sebesar 0,2% × (NJOP – NJOPTKP).

Pada artikel PBB Padang akan dibahas tentang :

  • Informasi Seputar PBB Padang
  • Cek Tagihan PBB Kota Padang Online
  • Cara Bayar PBB Padang Online Via Internet Banking BNI
  • Cara Bayar PBB Kota Padang Lewat Kantor Pos
  • Cara Cetak E-SPPT PBB P2 Kota Padang
  • Tanya Jawab Seputar PBB Kota Padang

Informasi Seputar PBB Padang

Advertisements

Kota Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan yang lokasinya dikelilingi perbukitan dan dekat pesisir pantai. Wilayah ini memiliki 11 kecamatan dan 104 kelurahan dengan NJOP yang berbeda – beda.

Tinggi rendahnya NJOP di Kota Padang tergantung dengan kondisi lokasi (tingkat keramaian dan akses mudah). Semakin tinggi NJOP, maka semakin besar tagihan PBB P2 yang harus dibayar.

Kawasan sentra perbelanjaan, seperti Pasar Raya Padang yang berada di Kec. Padang Timur, dan daerah lainnya (pusat keramaian) kemungkinan memiliki tagihan PBB yang tinggi.

Sedangkan, kawasan dengan pemukiman yang tidak terlalu padat, seperti yang berada di Kec. Padang Selatan memungkinkan tarif PBB yang lebih murah.

Cek Tagihan PBB Kota Padang Online

Sebagian besar wajib pajak dapat mengetahui jumlah tagihan PBB P2 melalui lembar SPPT yang dibagikan oleh petugas. Di era yang telah mengalami perkembangan, lembar SPPT Kota Padang dapat didownload secara online via sismiop.bapenda.padang.go.id/sismiop/wp/getSppt.

Cara Bayar PBB Padang Online Via Internet Banking BNI

Berikut cara bayar PBB Padang online melalui Internet banking BNI.

  1. Buka aplikasi BNI Internet Banking

    Selain dapat dibayar secara langsung melalui Kantor Bank, Pos Indonesia, dan ATM. Pembayaran PBB Kota Padang dapat dilakukan online, melalui Aplikasi Internet Banking BNI.

  2. Pilih menu Pembayaran > Pajak

    Untuk melakukan pembayaran PBB Kota Padang, silahkan untuk memilih menu Pembayaran > Pajak. Kemudian, silahkan pilih menu PBB  untuk melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan Kota Padang.

  3. Tulis NOP dan tahun pajak SPPT

    Pada laman PBB, wajib pajak akan diminta untuk menuliskan Nomor Objek Pajak (NOP) dan tahun pembayaran SPPT. Setelah itu, silahkan tekan tombol Lanjut.

  4. Masukkan nomor pin Internet Banking BNI

    Selanjutnya, baca detail informasi tagihan PBB Kota Padang yang akan dibayar, apakah sudah sesuai atau belum. Apabila telah benar, silahkan masukkan nomor pin dan tekan tombol Lanjut.

  5. Simpan bukti pembayaran PBB Padang

    Ketika proses pembayaran telah berhasil, akan muncul keterangan status pembayaran berhasil. Kemudian, silahkan screenshot keterangan tersebut sebagai bukti pembayaran.

Advertisements
Via BNI Mobile Banking

Cara Bayar PBB Kota Padang Lewat Kantor Pos

Di bawah ini cara bayar PBB Padang melalui Kantor Pos Indonesia.

  1. Datang ke Kantor Pos Indonesia terdekat
  2. Sampaikan ke petugas, jika ingin membayar PBB Kota Padang
  3. Tunjukkan SPPT atau sebutkan NOP
  4. Kemudian, petugas akan menginputkan NOP yang akan dibayar
  5. Lakukan pembayaran PBB Padang sesuai tagihan
  6. Simpan bukti pembayaran.
Advertisements

Selain dapat dilakukan di Kantor Pos dan Bank BNI, pembayaran PBB Kota Padang dapat dilakukan di Bank Nagari, dan Bank Syariah Indonesia.

Cara Cetak E-SPPT PBB P2 Kota Padang

Bagi wajib pajak yang hendak membayar tagihan PBB P2 Kota Padang, kini dapat mengeceknya secara online melalui layanan E-SPPT PBB P2 Kota Padang.

Berikut cara cetak E-SPPT PBB P2 Kota Padang.

  1. Buka laman sismiop.bapenda.padang.go.id/sismiop/wp/getSppt
  2. Isikan nomor KTP, Nama, dan Tanggal Lahir
  3. Tekan tombol Go
  4. Kemudian, isi e-mail, nomor hp, dan NOP
  5. Tekan tombol Download

Apabila pada layanan tersebut terdapat kendala, untuk pembayaran SPPT PBB P2 Kota Padang, Anda dapat menggunakan NOP yang terdapat pada lembar SPPT sebelumnya.

Tanya Jawab Seputar PBB Kota Padang

Bagaimana jika wajib pajak tidak mengetahui NOP yang akan dibayar?

Bagi wajib pajak yang tidak mengetahui NOP yang akan dibayar, silahkan cek pada lembar SPPT atau bukti pembayaran sebelumnya. Selain itu, Anda juga dapat bertanya pada petugas dengan mendatangi Kantor UPTB Badan Pendapatan Daerah sesuai wilayah.

Dimana lokasi untuk pendaftaran PBB P2 Kota Padang?

Untuk pendaftaran PBB P2 Kota Padang, Anda dapat mendatangi Kantor Bapenda Kota Padang yang berada di Jl. Moh. Yamin, No. 70, Kampung Jao, Kec. Padang Barat, Sumatera Barat.

Berapa lama proses pendaftaran PBB P2 Kota Padang?

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, proses pendataan baru PBB P2 Kota Padang membutuhkan waktu sekitar 14 hari.