Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Pos

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Pos
Advertisements

Bayar Pajak Motor di Kantor Pos – Saat ini pembayaran pajak tahunan Kendaraan Bermotor semakin mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran, salah satunya melalui Kantor Pos. Untuk mengetahui cara bayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Pos anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Jika anda ingin mengetahui jumlah pajak kendaraan anda sebelum melakukan pembayaran, anda bisa mengeceknya melalui Aplikasi Cek Pajak yang kami sediakan berikut ini :

Daftar Isi :

  • Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online
  • Cara Bayar Pajak Kendaraan Di Kantor Pos
  • Biaya Admin Bayar Pajak Motor Mobil di Kantor Pos
Advertisements

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online

Bagi anda yang hendak melakukan pembayaran pajak ada baiknya anda mengetahui jumlah pajak yang perlu anda bayarkan. Cek tagihan pajak bisa anda lakukan mengggunakan Aplikasi Cek Pajak.

Selain itu melalui Aplikasi Cek Pajak anda juga bisa mengakses info pemutihan seluruh Indonesia, biaya balik nama kendaraan, kalkulator denda pajak, dan biaya mutasi kendaraan.

Anda bisa mendownload aplikasi cek pajak melalui tombol berikut ini :

cek pajak kendaraan online

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Kantor Pos

Advertisements

Saat ini pembayaran pajak tahunan kendaran bermotor bisa anda lakukan di seluruh kantor pos Indonesia.
Namun sebelum melakukan pembayaran, anda harus mempunyai kode bayar yang bisa anda dapatkan dari aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) atau layanan online Samsat wilayah anda.
Berikut ini adalah cara bayar pajak motor di Kantor Pos :

  1. Install Aplikasi Signal > Daftar Akun > Tambahkan kendaraan bermotor

    Aplikasi Signal bisa anda download melalui Playstore atau Appstore. Untuk bisa menggunakan aplikasi signal silahkan daftar akun terlebih dahulu. Setelah akun dibuat, pilih menu Tambahakan Kendaraan Bermotor lalu masukkan data kendaraan anda.

  2. Pilih Pendaftaran Pengesahan STNK > Simpan Kode Bayar

    Selanjutnya untuk mendapat kode bayar, silahkan pilih menu Pendaftaran Pengesahan STNK > Periksa tagihan > klik Lanjut > kode bayar akan ditampilkan. Salin atau Screenshot Kode Bayar untuk menyimpannya.
    pilih pendaftaran pengesahan stnk

  3. Datangi Kantor Pos Terdekat

    Setelah mendapat kode bayar silakan mendapatkan kode bayar silahkan menuju Kantor Pos terdekat di wilayah anda untuk melakukan pembayaran. Ambil nomor antrian dan tunggu giliran anda.

  4. Sebutkan Kode Bayar Pada Petugas Kasir

    Sampaikan kepada petugas kasir anda hendak melakukan pembayaran pajak motor tahunan, kemudian berikan atau sebutkan kode bayar kepada petugas kasir.

  5. Bayarkan sejumlah uang sesuai tagihan >Terima Bukti Pembayaran

    Selanjutnya silahkan sejumlah uang sesuai tagihan anda, terima bukti pembayaran dan simpan bukti tersebut.

Advertisements

Setelah pembayaran berhasil anda bisa mengunduh E-TBPKB dan E-pengesahan melalui aplikasi Signal.

Selain melalui aplikasi Signal, beberapa daerah juga menyediakan layanan E-Samsat dengan pilihan metode pembayaran di Kantor Pos.

Khusus untuk wilayah Jawa Timur anda bisa melakukan pembayaran ke Kantor Pos dengan membawa KTP dan STNK tanpa harus mendaftar melalui Signal.

Selain pembayaran di Kantor Pos, kini Pos Indonesia telah menyediakan layanan pembayaran online yaitu aplikasi PosPay. Anda bisa melakukan pembayaran pajak tahunan melalui aplikasi tersebut. Saldo Pospay bisa anda isi melalui Kantor Pos, BNI, BCA, Mandiri dan BRI.

Biaya Admin Bayar Pajak Motor Mobil di Kantor Pos

Untuk setiap transaksi pembayaran pajak motor maupun mobil di Kantor Pos anda akan dikenakan biaya jasa administrasi yaitu sebesar Rp. 1000.

Jika dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, biaya admin di Kantor Pos tergolong yang paling murah.