Cara Bayar Pajak Motor dan Mobil Batam Online

Bayar Pajak Kendaraan Batam

Bayar Pajak Motor Batam – Bagi pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Oleh sebab itu, pemerintah Kota Batam telah membuat layanan cek pajak serta bayar pajak online untuk mempermudah warganya.

Advertisements

Untuk informasi selengkapnya tentang bayar pajak motor Batam, silahkan baca pembahasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Cek Pajak Kendaraan Bermotor Batam Via Aplikasi
  • Layanan Samsat Batam
  • Syarat Bayar Pajak Motor Batam
  • Cara Bayar Pajak Motor Online Batam
  • Berapa Biaya Pajak Motor Batam
  • Balik Nama, Ganti Plat, dan Mutasi Batam
  • Biro Jasa Bayar Pajak STNK Batam

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Batam Via Aplikasi

Untuk mempermudah Anda dalam cek pajak kendaraan bermotor, kami telah menyiapkan Aplikasi Cek Pajak. Ada beberapa informasi penting yang bisa Anda dapatkan seperti tagihan pajak kendaraan, denda pajak, dan juga tanggal jatuh tempo pembayaran pajak.

Caranya pun cukup mudah, tinggal masukkan plat nomor kendaraan Batam dan informasi yang dicari akan muncul. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk daerah luar Batam.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa mendownloadnya dengan menekan tombol di bawah ini.

Layanan Samsat Batam

Beberapa layanan yang tersedia di Samsat Batam antara lain:

  • Pembayaran pajak 1 tahun
  • Pembayaran pajak 5 tahun atau ganti plat
  • Rubah bentuk
  • Balik Nama Kendaraan Bermotor
  • Mutasi Kendaraan Bermotor
  • Cek Fisik Kendaraan

Untuk Kantor Samsat Batam itu sendiri beralamatkan di Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau. Letak kantornya berada di sebelah selatan BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat peta di bawah ini.

Jika ingin datang ke Kantor Samsat Batam, silahkan ikuti jam pelayanan berikut:

HariJam Operasional
Senin – Jumat08.00 – 15.00
Sabtu08.00 – 12.00

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Batam

Syarat untuk bayar pajak motor tahunan Batam adalah sebagai berikut:

  • KTP pemilik kendaraan
  • STNK asli

Sedangkan syarat yang dibutuhkan untuk bayar pajak motor Batam adalah sebagai berikut:

  • KTP pemilik kendaraan
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Hasil cek fisik kendaraan

Silahkan lengkapi berkas – berkas tersebut agar pengurusan pajak motor lebih cepat dan mudah.

Cara Bayar Pajak Motor / Mobil Online Batam

Ada beberapa metode pembayaran pajak motor dan mobil di Batam, baik melalui transfer bank ataupun E Wallet. Berikut ini kami berikan cara bayar pajak motor melalui Klik Indomaret :

  1. Buka Klik Indomaret dengan link https://www.klikindomaret.com/

    Pertama Anda buka Klik Indomaret melalui link di atas. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Klik Indomaret yang di download melalui Play Store.

  2. Login akun Klik Indomaret

    Jika sudah, silahkan Anda klik Masuk/Daftar di pojok kanan atas. Kemudian masukkan email dan password Anda. Jika belum punya akun, silahkan klik Buat Akun.

  3. Setelah login, ketik Signal Kepulauan Riau di kolom pencarian.

    Karena Kota Batam termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau, maka silahkan Anda klik kolom pencarian dan ketik Signal Kepulauan Riau.

  4. Masukkan kode pembayaran yang didapat dari Aplikasi Signal.

    Jika sudah, silahkan Anda masukkan kode pembayaran yang didapat dari pendaftaran Aplikasi Signal. Jika kode bayar sudah benar, klik Bayar.

  5. Cek tagihan pajak kendaraan Batam yang muncul

    Setelah itu, tagihan pajak kendaraan Anda akan muncul. Pastikan data yang ditampilkan sudah benar semua sebelum lanjut ke proses pembayaran.

  6. Lakukan pembayaran pajak sesuai metode yang Anda pilih

    Selanjutnya, silahkan Anda pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Bisa melalui e-wallet atau bank.
    Nb : Selain melalui Aplikasi Signal, Anda juga bisa mendapatkan kode bayar melalui E Samsat Dispenda Kepulauan Riau dengan link http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat

bayar pajak batam via aplikasi klik indomaret

Berapa Biaya Pajak Motor dan Mobil Batam

Biaya pajak motor Batam dikenakan tarif paling rendah 1% dan paling tinggi 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Untuk cek besarnya NJKB motor batam, Anda bisa gunakan layanan online dari Bapenda Kepulauan Riau dengan link http://dispenda.kepriprov.go.id/#infoNJKB. Nanti Anda tinggal masukkan merk serta tipe motor Anda, maka NJKB motor tersebut akan muncul.

Sebelum melakukan pembayaran pajak motor Batam, Anda bisa cek besarnya jumlah pajak motor yang harus Anda bayar melalui website Polda Kepri dengan link http://rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/

biaya pajak motor dan mobil batam

Balik Nama, Ganti Plat, dan Mutasi Batam

Berbeda dengan pajak tahunan yang bisa dibayarkan secara online, ada beberapa layanan Samsat Batam yang tidak bisa dilakukan secara online. Layanan tersebut antara lain balik nama, ganti plat (pajak 5 tahunan), dan juga mutasi kendaraan.

Untuk menggunakan ketiga jenis layanan tersebut, motor Anda harus dibawa ke Kantor Samsat Batam untuk cek fisik. Itulah mengapa prosesnya tidak bisa dilakukan secara online.

Selain itu, proses pajak 5 tahunan, balik nama, dan juga mutasi kendaraan harus dilakukan di Kantor Samsat sesuai dengan motor Anda terdaftar.

Bagi warga luar Batam yang ingin bayar pajak 5 tahunan namun motornya tidak bisa di bawa pulang ke daerah asal, Anda bisa menggunakan cek fisik bantuan yang disediakan oleh Samsat Batam. Biaya untuk cek fisik bantuan di Samsat Batam adalah gratis.

Biro Jasa Bayar Pajak STNK Batam

Bagi Anda yang tidak sempat datang ke Samsat Batam untuk mengurus STNK, Anda bisa gunakan layanan Biro Jasa Batam.

Biro Jasa Batam merupakan salah satu biro jasa resmi untuk mengurus surat – surat kendaraan. Pengurusan dokumen menggunakan biro jasa ini cukup cepat dan terpercaya. Selain itu, tersedia juga layanan jasa antar ke alamat rumah Anda dengan biaya antar gratis. Anda bisa langsung hubungi Biro Jasa Batam via whatsapp di nomor 082386376237.