Cara Bayar BPJS Via ATM BNI Mudah dan Cepat

Cara Bayar BPJS Via ATM BNI
Advertisements

Bayar BPJS Via BNI ~ Pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui layanan bank dan non bank. Jika menggunakan layanan bank, Anda dapat melakukan melalui mesin ATM terdekat. Untuk mengetahui cara bayar BPJS via ATM BNI, silahkan simak artikel berikut.

Bagaimana cara bayar BPJS via ATM BNI?

Cara Bayar BPJS via ATM BNI adalah mendatangi mesin ATM BNI terdekat, dan inputkan nomor  virtual account yang terdiri dari kode bank BNI 88888 + 11 digit terakhir nomor peserta.

Advertisements

Daftar Isi :

  • Kode Virtual Account BPJS Kesehatan Bank BNI
  • Cara Bayar BPJS Via ATM BNI
  • Apakah Pembayaran BPJS Hanya Dapat Via ATM BNI?

Kode Virtual Account BPJS Kesehatan Bank BNI

Untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat ATM BNI, silahkan untuk mempersiapkan nomor virtual account / kode pembayaran BPJS.

Perlu diketahui kode virtual account pembayaran BPJS Kesehatan terdiri dari kode bank + 11 digit terakhir nomor peserta.

Berikut nomor virtual account pembayaran BPJS Kesehatan via ATM Bank BNI.

Kode Bank BNINomor Peserta BPJS (11 digit terakhir)
888880 123*******

Jika nomor peserta BPJS Kesehatan Anda 0001234567899, maka yang perlu diinputkan hanya kode bank + 01234567899.

Untuk mengetahui nomor virtual account pembayaran, Anda dapat mengeceknya secara online melalui Mobile JKN atau klik tombol di bawah ini.

Perlu diketahui bahwa, jika iuran BPJS kesehatan tidak dibayarkan pada tanggal 10, maka  pada tanggal 1 bulan selanjutnya status kepesertaan Anda secara otomatis akan dinonaktifkan.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pembayaran sebelum lewat tanggal 10 setiap bulannya.

Cara Bayar BPJS Via ATM BNI

Advertisements

Berikut ini merupakan cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat ATM BNI.

  1. Pastikan Anda telah memiliki nomor virtual account

    Untuk mengetahui nomor virtual account atau kode pembayaran, biasanya petugas akan memberikan informasi melalui lembaran kertas atau kirim via email.
    Seperti yang telah disebutkan bahwa kode pembayaran terdiri dari kode bank + 11 digit terakhir nomor peserta.
    Dikarenakan pembayaran BPJS lewat ATM BNI, maka nomor virtual account kode Bank BNI (88888) + 11 digit terakhir nomor peserta BPJS Kesehatan.

  2. Datang ke lokasi ATM BNI terdekat

    Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan via ATM BNI, silahkan mengunjungi lokasi mesin ATM BNI terdekat.

  3. Masukkan kartu ATM BNI dan nomor pin

    Untuk dapat melakukan transaksi melalui ATM BNI, pastikan nomor pin yang diinputkan benar dan terdapat saldo yang cukup.

  4. Pilih menu utama Menu Lain > Pembayaran

    Pada menu utama terdapat beberapa pilihan menu, seperti informasi saldo, penarikan, dan sebagainya. Dikarenakan Anda akan melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Silahkan pilih menu Pembayaran.

  5. Silahkan pilih menu JKN / BPJS Kesehatan

    Pada laman menu Pembayaran, terdapat cukup banyak pilihan jenis pembayaran, seperti top up agen, listrik, dan sebagainya. Jika pada laman pertama tidak ada pilihan pembayaran JKN / BPJS Kesehatan, silahkan tekan tombol Menu Berikutnya.

  6. Inputkan kode bank + 11 digit terakhir nomor peserta BPJS Kesehatan

    Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, silahkan inputkan kode bank BNI 88888 + 11 digit terakhir nomor kartu BPJS Kesehatan. Selanjutnya, tekan tombol Benar.

  7. Masukkan jumlah bulan yang akan dibayar

    Jika Anda hanya ingin membayar tagihan BPJS Kesehatan untuk 1 bulan, maka tekan tombol 1. Untuk maksimal jumlah bulan yang dibayarkan adalah 12 bulan. Selanjutnya tekan tombol Benar.

  8. Baca rincian pembayaran BPJS Kesehatan

    Pada laman ini, silahkan baca informasi iuran BPJS Kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan data yang diinputkan telah benar. Jika sudah yakin benar, silahkan tekan tombol Ya.

  9. Pilih rekening untuk pembayaran BPJS Kesehatan

    Pada laman ini Anda pilih sumber dana rekening untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Jika sumber rekening tabungan, silahkan tekan tombol Tabungan.

  10. Proses selesai, dan simpan struk pembayaran

    Setelah menekan tombol Tabungan, secara otomatis proses pembayaran akan selesai. Selanjutnya, simpan struk pembayaran.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BNI

Selain dapat dilakukan melalui ATM BNI, pembayaran BPJS juga dapat dilakukan melalui layanan aplikasi BPJS Kesehatan berikut.

Advertisements

Apakah Pembayaran BPJS Hanya Dapat Via ATM BNI?

Dalam meningkatkan pelayanan, Bank BNI tidak hanya menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui ATM BNI saja, tetapi juga tersedia pembayaran BPJS Kesehatan via mobile banking BNI.