Batas Akhir Waktu Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Batas akhir bayar pajak kendaraan
Advertisements

Batas Pajak Motor – Banyak orang yang sering lupa jika sudah waktunya untuk bayar pajak kendaraan bermotor. Jika seperti itu maka bisa menyebabkan pemilik kendaraan terkena denda. Padahal pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan jauh hari sebelum jatuh tempo.

Kapan batas minimal dan maksimal pembayaran pajak motor? Batas minimal bayar pajak motor adalah 40 hari sebelum jatuh tempo. Sedangkan batas maksimal bayar pajak motor adalah tanggal di STNK.

Anda bisa mengecek batas pembayaran dengan mudah melalui aplikasi online berikut. Informasi yang akan Anda dapatkan sangat akurat sesuai dengan data samsat yang bersangkutan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai batas pembayaran pajak motor, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Daftar Isi :

  • Cek Jatuh Tempo Bayar Pajak Via Aplikasi
  • Batas Akhir Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor
  • Konsekuensi Telat Bayar Pajak Motor dan Mobil
  • Hitung Denda Pajak Motor Berdasarkan Bulan
  • Batas Waktu Pemutihan Kendaraan Bermotor
Advertisements

Cek Jatuh Tempo Bayar Pajak Via Aplikasi

Agar tidak lupa kapan waktu pembayaran pajak kendaraan, Anda bisa mengeceknya secara online menggunakan Aplikasi Cek Pajak yang bisa Anda download melalui ponsel Anda.

Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui beberapa informasi penting seperti jatuh tempo pembayaran pajak, jumlah tagihan pajak, serta denda pajak yang harus dibayar. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk cek pajak kendaraan di seluruh daerah.

Untuk cek besarnya pajak kendaraan melalui aplikasi, silahkan Anda tekan tombol di bawah ini untuk mendownloadnya.

Batas Akhir Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Tanggal jatuh tempo pembayaran pajak motor dan mobil sudah tertera di STNK. Namun seringkali pemilik kendaraan tidak pernah cek sehingga lupa jika sudah waktunya bayar pajak.

Untuk menyiasati masalah tersebut, Anda bisa membayar pajak kendaraan beberapa hari sebelum jatuh tempo agar tidak terkena denda pajak.

Lalu kapan batas waktu minimal dan maksimal untuk bayar pajak kendaran bermotor? Berikut penjelasannya.

Batas Minimal Bayar Pajak Motor

Advertisements

Pembayaran pajak motor untuk pajak tahunan dan pajak 5 tahunan bisa dibayar 40 hari lebih awal sebelum tanggal jatuh tempo. Sebelum 40 hari pembayaran pajak kendaraan bermotor masih belum bisa dilakukan.

Namun ketentuan tersebut bisa berbeda di setiap Samsat. Biasanya ada beberapa Samsat yang menerima pembayaran pajak 1 bulan sebelum jatuh tempo. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan peraturan yang berlaku di Samsat daerah Anda.

Untuk sistem pembayaran pajak tahunan dibayar setiap satu tahun sekali. Sehingga jika Anda ingin bayar pajak 2 hingga 5 tahun sekaligus, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Karena masih belum ada peraturan resmi yang mengatur tentang bayar pajak beberapa tahun sekaligus.

Batas Maksimal Bayar Pajak Motor

Sedangkan batas maksimal untuk bayar pajak tahunan dan 5 tahunan adalah tanggal yang ada di STNK. Pembayaran pajak melebihi jatuh tempo tersebut akan dikenakan denda meskipun hanya terlambat 1 hari.

Permasalahan umum yang sering terjadi adalah banyak orang mengira batas maksimal bayar pajak motor adalah yang tertera di plat nomor.

Hal tersebut memang benar, namun yang ada di plat nomor adalah batas maksimal bulan pembayaran pajak tahunan/5 tahunan serta tahun untuk ganti plat nomor. Sedangkan untuk tanggal jatuh tempo pajak kendaraan lebih tepatnya ada di STNK.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

batas pembayaran pajak melalui plat nomor
Advertisements

Konsekuensi Telat Bayar Pajak Motor dan Mobil

Jika Anda terlambat membayar pajak kendaraan bermotor, maka Anda akan dikenakan denda pajak dan denda SWDKLLJ.

Bahkan resiko terburuknya, motor yang STNK nya mati selama 5 tahun dan ditambah tidak bayar pajak selama 2 tahun berturut – turut, maka data kendaraan tersebut akan dihapus. Hal tersebut sudah tertuang dalam Undang – Undang No 22 Tahun 2009 pasal 74 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Namun sebelum data kendaraan dihapus, pemilik kendaraan akan diberikan 3 kali surat peringatan yang diberikan selama 3 bulan.

Oleh sebab itu, Anda cek masa berlaku STNK Anda di STNK Anda agar tidak terlambat. Untuk syarat bayar pajak tahunan hanyalah STNK dan KTP.

Hitung Denda Pajak Motor Berdasarkan Bulan

Denda pajak motor pertahun dikenakan tarif sebesar 25% x PKB + Denda SWDKLLJ. Untuk menghitung denda pajak motor telat 1 bulan hingga 1 tahun, silahkan lihat tabel berikut ini.

Lama KeterlambatanDenda Pajak
1 hari – 1 bulan25% x PKB x 1/12 + Denda SWDKLLJ
2 bulan25% x PKB x 2/12+ Denda SWDKLLJ
3 bulan25% x PKB x 3/12+ Denda SWDKLLJ
4 bulan25% x PKB x 4/12+ Denda SWDKLLJ
5 bulan25% x PKB x 5/12+ Denda SWDKLLJ
6 bulan25% x PKB x 6/12+ Denda SWDKLLJ
7 bulan25% x PKB x 7/12+ Denda SWDKLLJ
8 bulan25% x PKB x 8/12+ Denda SWDKLLJ
9 bulan25% x PKB x 9/12+ Denda SWDKLLJ
10 bulan25% x PKB x 10/12+ Denda SWDKLLJ
11 bulan25% x PKB x 11/12+ Denda SWDKLLJ
12 bulan25% x PKB + Denda SWDKLLJ

Denda SWDKLLJ motor adalah Rp. 35.000.

Untuk tambahan informasi, pengenaan denda pajak kendaraan bermotor bisa berbeda – beda di setiap daerahnya. Hal tersebut sudah tercantum dalam peraturan masing – masing daerah.

Batas Waktu Pemutihan Kendaraan Bermotor

Pemerintah memiliki program pemutihan untuk meringankan masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor.

Program pemutihan dilaksanakan setiap tahun. Untuk batas waktu akhir pemutihan kendaraan bermotor biasanya pada bulan Desember setiap tahunnya. Sedangkan untuk pelaksanaannya memiliki ketentuan yang berbeda – beda setiap daerahnya.

Program pemutihan biasanya terdiri dari penghapusan denda pajak, bebas biaya BBNKB II, diskon PKB, serta diskon BBNKB I.