Biaya Balik Nama Motor / Mobil Bekas Provinsi Jogja (Yogyakarta)

Balik Nama Jogja – Jika Anda baru saja membeli kendaraan bekas di Jogja baik mobil atau motor, perlu dilakukan proses balik nama kendaraan. Hal ini dikarenakan, surat-surat di kendaraan tersebut masih atas nama pemilik lama dan harus diganti menjadi pemilik baru untuk melengkapi identitas kendaraan tersebut.

Untuk melakukan proses balik nama Jogja, Anda akan dikenakan tarif Biaya Balik Nama Kendaraan Bekas (BBN2).

Berapa tarif BBN2 Yogyakarta? Tarif BBN2 di Yogyakarta adalah 1% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) + SWDKLLJ Rp. 35.000 + Penerbitan BPKB Rp.225.000 + Penerbitan STNK Rp. 100.000 + Penerbitan TNKB Rp. 60.000. Biaya tersebut untuk balik nama motor Jogja.

Untuk mengetahui besaran BBNKB Jogja, Anda dapat mengeceknya melalui Aplikasi Cek Biaya Balik Nama di bawah ini.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang balik nama Jogja yang akan dibahas pada artikel ini.

Lokasi Samsat Induk di Yogyakarta

Balik nama kendaraan Jogja harus dilakukan di kantor samsat induk sesuai kendaraan terdaftar. Berikut ini daftar lokasi Kantor Samsat di wilayah Yogyakarta yang melayani balik nama kendaraan.

WilayahNama SamsatAlamat Samsat
Kota YogyakartaSamsat Kota YogyakartaJl. Tentara Pelajar No.13, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231
Kabupaten BantulSamsat BantulJl. Urip Sumoharjo No.25, Bejen, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711
Kabupaten KulonprogoSamsat KulonprogoJl. Wates No.KM 27, Gn. Gempal, Giri Peni, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55611
Kabupaten GunungkidulSamsat GunungkidulJl. Pemuda, Rejosari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851
Kabupaten SlemanSamsat Sleman13, Jl. Magelang No.KM, Krapyak, Triharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55514

Keterangan : Untuk mengetahui lokasi kendaraan terdaftar, bisa Anda lihat di STNK maupun BPKB.

Terdapat samsat pembantu di Kabupaten Sleman, yaitu Samsat Maguwoharjo. Namun samsat pembantu Maguwoharjo tidak bisa untuk balik nama kendaraan. Samsat ini hanya melayani pembayaran pajak tahunan dan 5 tahunan saja.

Syarat Balik Nama Kendaraan di Jogja

Balik nama kendaraan bermotor di Yogyakarta, dapat langsung Anda lakukan di Kantor Samsat sambil membawa seluruh berkas persyaratan balik nama.

Berikut beberapa Syarat Balik Nama Kendaraan di wilayah Yogyakarta.

  • KTP Asli pemilik baru dan fotocopy rangkap 2
  • BPKB Asli dan fotocopy rangkap 2
  • STNK Asli dan fotocopy rangkap 2
  • Kuitansi Jual Beli/hibah/waris/risalah lelang/pelepasan hak
  • Hasil cek fisik kendaraan
  • Surat Kuasa Bermaterai (Jika prosesnya diwakilkan)

Apabila kendaraan berada di luar kota dan tidak bisa hadir di samsat wilayah Jogja untuk cek fisik, silahkan lakukan cek fisik bantuan di samsat induk setempat.

Jika STNK Anda hilang, silahkan lampirkan laporan kehilangan dari kepolisian dan bukti cetak iklan di media cetak dan radio.

Untuk tambahan informasi, kendaraan yang akan dicek fisik harus lengkap dan sesuai standar seperti spion, knalpot, dan lain – lain. Karena petugas hanya melayani cek fisik jika dalam kondisi lengkap. Daripada Anda terlanjur antri lama untuk cek fisik tapi tidak dilayani oleh petugas, lebih baik lengkapi saja dari rumah.

Cara Balik Nama Kendaraan Jogja

Balik nama Jogja harus dilakukan di samsat domisili sesuai samsat yang tertera di STNK. Berikut ini cara balik nama kendaraan bekas di Provinsi Yogyakarta.

  1. Datang ke Samsat wilayah Jogja sesuai kendaraan terdaftar

    Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah datang ke Samsat yang ada di Yogyakarta. Terdapat 5 Samsat Induk di Yogyakarta untuk melakukan proses balik nama.
    Anda cukup datang ke Samsat yang tertera di STNK atau BPKB dengan membawa seluruh berkas persyaratan balik nama.
    Perhatikan juga jam layanan samsat tersebut. Ada beberapa samsat yang jam pelayanan balik nama tutup lebih awal. Misalnya saja Samsat Kulonprogo yang jam pelayanan balik nama adalah 08.00 – 11.00.
    Untuk itu, akan lebih baik jika Anda datang pagi hari.

  2. Lakukan Cek Fisik Kendaraan di Lokasi Cek Fisik Samsat tersebut

    Setelah melengkapi berkas, Anda dapat langsung masuk menuju ke Area Cek Fisik untuk melakukan cek fisik kendaraan. Petugas akan melakukan cek fisik dengan menggesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.
    Selanjutnya, nomor rangka dan nomor mesin yang telah didapat akan dicocokkan dengan keterangan pada surat surat kendaraan Anda tersebut.
    Jika sudah cocok, Anda akan menerima bukti hasil cek fisik kendaraan.

  3. Datang ke Loket Cek Fisik untuk Pengesahan Hasil Cek Fisik

    Setelah mendapatkan hasil cek fisik, serahkan hasil cek fisik tersebut ke petugas Loket Pengesahan Cek Fisik untuk dilakukan pengesahan. Setelah itu, petugas akan menyuruh Anda untuk melakukan pengisian formulir.

  4. Lakukan Pendaftaran Balik Nama di Loket Balik Nama

    Setelah semua berkas dinyatakan memenuhi syarat, maka Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran balik nama di Loket Balik Nama. Loket ini terletak di dalam gedung samsat.
    Serahkan semua berkas persyaratan ke loket tersebut. Kemudian, isi formulir balik nama yang diberikan oleh petugas.

  5. Lakukan Pembayaran Balik Nama di Kasir

    Setelah pengisian formulir selesai, lakukan pembayaran biaya balik nama kendaraan Anda. Biasanya terdapat loket bank khusus untuk pembayaran. Anda juga bisa membayarnya dengan uang cash, Debit, atau QRIS (sesuai metode pembayaran yang disediakan samsat).
    Selain di samsat itu sendiri, biasanya terdapat ATM beberapa bank yang dapat Anda temukan di dekat samsat jika Anda ingin tarik tunai.

  6. Ambil STNK baru di Loket Pengambilan STNK

    Jika pembayaran selesai, silahkan menuju ke Loket Pengambilan STNK untuk pengambilan STNK yang baru. Nanti nama Anda akan dipanggil oleh petugas jika STNK sudah selesai dicetak.

  7. Datang ke Loket TNKB untuk pengambilan plat nomor

    Setelah semua proses pengambilan STNK baru selesai, Anda akan diarahkan menuju ke loket TNKB untuk pengambilan plat nomor yang baru.
    Syarat pengambilan plat nomor adalah menyerahkan STNK asli.

  8. Lakukan Pengambilan BPKB 14 – 30 hari kerja sesuai resi pengambilan BPKB

    Setelah STNK dan plat nomor jadi, silahkan tunggu hingga proses BPKB balik nama selesai. Untuk proses pengambilan BPKB, anda harus menunggu kurang lebih selama 14 – 30 hari.
    Anda dapat melakukan pengambilan BPKB di Samsat wilayah Yogyakarta dimana Anda melakukan balik nama. Syarat yang harus dibawa adalah fotocopy STNK baru dan juga bukti pembayaran pajak. Pengambilan BPKB dilakukan di Loket pengambilan BPKB.

cara balik nama jogja

Biaya Balik Nama Kendaraan Jogja

Tarif Balik Nama Kendaraan Jogja telah diatur dalam Perda Jogja No. 3 Tahun 2011, yaitu 1% dari NJKB untuk kendaraan bekas dan 10% dari NJKB untuk kendaraan baru.

Berikut rincian biaya yang dibutuhkan dalam proses balik nama kendaraan wilayah Yogyakarta.

Biaya Balik Nama Mobil Bekas Jogja

Jenis PembayaranBiaya
Pendaftaran Proses Balik NamaRp. 70.000 – Rp. 100.000 (Tergantung Kantor Samsat)
Biaya Balik Nama (BBN1) Mobil10% darI NJKB
Biaya Balik Nama (BBN2) Mobil1% dari NJKB atau 2/3 dari PKB
Pajak Tahunan (PKB)Cek di STNK atau aplikasi cek pajak
SWDKLLJ MobilRp. 143.000
Penerbitan TNKB MobilRp. 100.000
Penerbitan STNK MobilRp. 200.000
Penerbitan BPKB MobilRp. 375.000

Biaya Balik Nama Motor Bekas Jogja

Jenis PembayaranBiaya
Pendaftaran Proses Balik NamaRp. 70.000 – Rp. 100.000 (Tergantung Samsat)
Biaya Balik Nama (BBN1) Motor10% darI NJKB
Proses Balik Nama (BBN2) Motor1% dari NJKB atau 2/3 dari PKB
Pajak Tahunan (PKB)Cek di STNK atau aplikasi cek pajak
SWDKLLJ MotorRp. 35.000
Penerbitan BPKB MotorRp. 225.000
Penerbitan STNK MotorRp. 100.000
Penerbitan TNKB MotorRp. 60.000

Pembebasan BBNKB Yogyakarta Pada Program Pemutihan

Program pemutihan merupakan program diskon pajak kendaraan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DIY.

Jadwal Pemutihan Jogja tersebut biasanya diadakan setiap tahunnya dengan ketentuan yang berbeda – beda. Beberapa program pemutihan tersebut seperti bebas BBNKB atu PKB, tergantung kebijakan pemerintah Provinsi DIY.

Bagi Anda yang berminat mengikuti program pemutihan, Anda dapat melihat pada daftar jadwal pemutihan kendaraan Indonesia atau website resmi samsat Provinsi Yogyakarta http://samsat.jogjaprov.go.id/.