Syarat & Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor Jakarta Timur

samsat jakarta timur

Balik Nama Jakarta Timur – Balik nama Jakarta Timur dilakukan oleh warga yang baru saja membeli kendaraan bekas. Dengan dilakukan proses ini, identitas kepemilikan kendaraan akan berubah menjadi identitas pemilik baru.

Berapa biaya balik nama Jakarta Timur? Biaya Balik Nama motor Jakarta Timur adalah 1% dari NJKB + PKB + SWDKLLJ Rp. 35.000 + penerbitan plat baru Rp. 60.000 + penerbitan STNK Rp. 100.000 + penerbitan BPKB Rp. 225.000.

Biaya balik nama Jakarta Timur juga dapat dicek secara online melalui Aplikasi Cek Balik Nama Jaktim. Melalui aplikasi tersebut, Anda cukup memasukkan biaya PKB saja.

Jika Anda ingin mengakses Aplikasi Cek Balik Nama Jaktim, silahkan download terlebih dahulu melalui tombol berikut.

Berikut akan kami sajikan informasi seputar syarat, biaya, dan cara Balik Nama Jakarta Timur.

Daftar Isi :

Cek Biaya Balik Nama Jakarta Timur Online

Cek biaya balik nama Jakarta Timur online dapat dilakukan melalui Aplikasi Cek Biaya Balik Nama.

Dalam aplikasi, Anda bisa melakukan cek biaya balik nama, cek pajak, cek denda pajak, dsb.

Berikut cara cek biaya balik nama Jakarta Timur lewat Aplikasi.

cara menggunakan aplikasi balik nama

Untuk dapat mengakses Aplikasi Cek Biaya Balik Nama, Anda dapat mendownload aplikasinya melalui tombol di bawah ini.

Lokasi Balik Nama Kendaraan Jakarta Timur (Jaktim)

Lokasi balik nama Jakarta Timur dilakukan di Samsat Jakarta Timur. Alamat Samsat Jakarta Timur berada di Jl. May. Jen. DI. Panjaitan No.23, Cipinang Besar Sel., Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Samsat Jakarta Timur sendiri melayani balik nama kendaraan untuk wilayah Cakung Barat, Cakung Timur, Penggilingan, Jatinegara, Rawa Terate, Pulo Gebang, dan Ujung Menteng.

Untuk lokasi Samsat Jakarta Timur yang lebih jelasnya, Anda dapat melihat secara langsung pada google maps di bawah ini.

Di sekitar Samsat Jakarta Timur terdapat tempat fotokopi, tepatnya di kantin dekat Gedung Samsat Jakarta Timur. Anda bisa fotokopi berkas persyaratan balik nama di sana.

Untuk proses pembayaran balik nama Jakarta Timur dilakukan melalui Bank DKI atau tunai.

Apabila Anda tidak membawa uang tunai yang cukup untuk balik nama, silahkan lakukan tarik tunai di ATM BRI terdekat yang berjarak kurang lebih 750 meter dari Samsat. Berikut letak ATM terdekat dari Samsat Jakarta Timur.

bank terdekat dari Samsat Jakarta Timur

Syarat Balik Nama Kendaraan Jakarta Timur

Berikut syarat balik nama kendaraan Jakarta Timur :

  • STNK (asli dan fotokopi)
  • BPKB (asli dan fotokopi)
  • KTP Pemilik baru (asli dan fotokopi)
  • Hasil cek fisik kendaraan (asli dan fotokopi)
  • Kuitansi jual beli bermeterai (asli dan fotokopi)
  • Surat Kuasa Balik Nama bermeterai 10.000 (jika prosesnya diwakilkan)

Bagi kendaraan yang berasal dari luar daerah, Anda harus menyertakan surat mutasi keluar dari samsat asal kendaraan.

Balik nama Jakarta Timur di Samsat Jakarta Timur tidak perlu melampirkan KTP pemilik lama, cukup pakai KTP pemilik baru saja.

Untuk kuitansi pembelian kendaraan harus ada saat proses balik nama dilakukan. Apabila kuitansi tidak ada, silahkan mengunjungi laman : Cara Balik Nama Kendaraan Tanpa Kuitansi

Cara Balik Nama Kendaraan Jakarta Timur

Balik nama kendaraan Jakarta Timur dilakukan di dua lokasi, yaitu Samsat Jakarta Timur dan Polda Metro Jaya. Untuk pengurusan STNK dilakukan di Samsat Jakarta Timur, sedangkan pengurusan balik nama BPKB dilakukan di Polda Metro Jaya.
Berikut cara balik nama kendaraan Jakarta Timur.

  1. Datang ke Samsat Jakarta Timur

    Silahkan datang ke Samsat Jakarta Timur dengan membawa kendaraan yang akan diproses balik nama dan juga seluruh berkas persyaratan.
    Jangan lupa untuk membawa uang tunai karena di dalam Samsat Jakarta Timur hanya ada bank DKI.
    Lokasi Samsat Jakarta Timur terletak di Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Untuk jam pelayanan balik nama Samsat Jakarta Timur adalah hari Senin – Jum’at pukul 08.00 – 15.00.

  2. Lakukan Cek Fisik Kendaraan di Belakang Gedung Samsat Jakarta Timur

    Setelah sampai di Samsat Jakarta Timur, silahkan langsung menuju ke Lokasi Cek Fisik yang berada di belakang Gedung Samsat Jakarta Timur.
    Dari pintu masuk lurus saja sampai di depan gedung Samsat kemudian belok kiri. Anda cukup ikuti papan petunjuk ke arah cek fisik yang sudah dipasang.
    Minta formulir cek fisik terlebih dulu di Loket Cek Fisik. Kemudian, bawa kendaraan Anda untuk antri cek fisik. Nanti petugas akan melakukan gesek nomor mesin dan nomor rangka pada kendaraan.
    Setelah cek fisik selesai, Anda akan mendapatkan dokumen hasil cek fisik.

  3. Lakukan Pengesahan Cek Fisik

    Parkirkan terlebih dahulu kendaraan Anda di parkiran umum. Kemudian, bawa hasil cek fisik kendaraan Anda ke loket pengesahan cek fisik yang letaknya tidak jauh dari lokasi cek fisik kendaraan.
    Serahkan hasil cek fisik tersebut di loket tukar nama atau loket pengesahan sebelah kiri dengan menyertakan fotokopi KTP dan STNK.
    Jika sudah mendapatkan legalisir pada berkas, selanjutnya Anda fotokopi dulu berkas tersebut di fotokopi yang berada tidak jauh dari loket.

  4. Lakukan Pendaftaran Balik Nama di Gedung Samsat Jakarta Timur

    Masuk ke gedung Samsat dan menuju ke lantai 2 untuk melakukan registrasi perubahan STNK. Ambil formulir terlebih dahulu di loket pendaftaran dengan menyerahkan berkas-berkas seperti hasil cek fisik, STNK, BPKB, dan fotokopi KTP.
    Kemudian, isi sesuai dengan data diri Anda dan kumpulkan formulir tersebut.

  5. Menuju ke Loket Pengecekan STNK untuk cek pajak progresif

    Jika pendaftaran sudah selesai, Anda akan diarahkan menuju ke Loket Pengecekan STNK. Di loket ini, kendaraan Anda akan dicek pajak progresif serta status blokirnya.
    Setelah itu, silahkan kembali ke Loket Pendaftaran tadi untuk melakukan pembayaran balik nama.

  6. Lakukan Pembayaran biaya balik nama dan pajak di Kasir

    Setelah itu, lakukan pembayaran di loket kasir yang tidak jauh dari Loket Pendaftaran Balik Nama. Biaya yang dibayar di loket ini adalah biaya balik nama, STNK, plat nomor, dan pajak tahunan.
    Setelah proses pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran dan surat tanda terima untuk pengambilan STNK.

  7. Lakukan Pengambilan STNK di Samsat Jakarta Timur

    Setelah pembayaran selesai, Anda akan dipanggil ke loket penyerahan yang berada di sebelah loket kasir untuk pengambilan STNK. Jangan lupa untuk mengecek identitas yang berada di STNK apakah sudah sesuai atau belum.

  8. Lakukan Pengambilan Plat Nomor di Loket TNKB

    Setelah mendapatkan STNK yang baru, Anda langsung datang ke lokasi pengambilan plat nomor yang berada di dekat lokasi cek fisik tadi. Serahkan STNK baru Anda di loket TNKB sebagai syarat untuk cetak plat nomor. Kemudian, tunggu hingga proses pembuatan plat nomor Anda selesai.
    Jika plat nomor sudah selesai, Anda akan dipanggil lagi untuk pengambilan plat nomor di loket yang berada di belakang loket TNKB.

  9. Datang ke Polda untuk Pengurusan Balik Nama BPKB

    Setelah mendapatkan STNK dan plat nomor baru, Anda bisa mengurus BPKB balik nama dengan datang ke Polda Metro Jaya.
    Alamat Polda Metro Jaya ada di Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 55, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan. Bawa berkas persyaratan seperti fotocopy KTP, STNK baru, dan BPKB.

  10. Menuju ke Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya untuk pengurusan BPKB

    Setelah sampai di Polda Metro Jaya, silahkan parkirkan kendaraan Anda di parkiran Polda. Kemudian, menuju ke Gedung Ditlantas Polda (Gedung warna biru) untuk mengurus BPKB balik nama.

  11. Menuju ke Loket Pendaftaran untuk isi formulir

    Sebelum masuk ke gedung Ditalntas Polda, berkas Anda akan di cek di pintu masuk. Jika berkas lengkap Anda akan diberi nomor antrian.
    Setelah nomor antrian dipanggil, serahkan berkas Anda ke Loket Pendaftaran 7 (Loket Pendaftaran Ganti Kepemilikan BPKB) untuk pengecekan. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran balik nama

  12. Lakukan Pembayaran BPKB di Loket BRI

    Jika pengisian formulir sudah selesai, silahkan lakukan pembayaran balik nama BPKB di Loket Bank BRI. Nanti, Anda akan diberikan bukti pembayaran oleh petugas Kasir.

  13. Ambil BPKB di Loket Penyerahan BPKB

    Jika sudah melakukan pembayaran, Anda akan diarahkan menuju ke lantai 2 untuk pengambilan BPKB. Silahkan antri lagi sampai Anda dipanggil.
    Setelah menunggu kurang lebih 1 – 1,5 jam, Anda bisa mengambil BPKB balik nama di Loket Penyerahan BPKB.

cara balik nama

Biaya Balik Nama Kendaraan Jakarta Timur

Tarif balik nama Jakarta Timur adalah 1% dari harga jual kendaraan (NJKB). Tarif ini sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 6 Tahun 2019 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Berikut rincian biaya balik nama kendaraan Jakarta Timur.

Biaya Balik Nama Mobil Bekas Jakarta Timur

Biaya Balik Nama (BBN2) mobil Jakarta Timur adalah 1% dari harga jual kendaraan + PKB + SWDKLLJ Rp. 143.000 + penerbitan plat baru Rp. 100.000 + penerbitan STNK Rp. 200.000 + penerbitan BPKB Rp. 375.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran balik nama.

Berikut ini rincian biaya balik nama mobil bekas yang bisa Anda lihat pada tabel :

Rincian BiayaTarif Motor
Penerbitan STNK BaruRp. 200.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000
Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB)1% dari NJKB
Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ)Rp. 143.000
Pajak tahunan (PKB)Cek di STNK

Biaya Balik Nama Motor Bekas Jakarta Timur

Berikut ini rincian biaya balik nama motor bekas yang tertera dalam tabel :

Rincian BiayaTarif Motor
Penerbitan STNK BaruRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000
Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB)1% dari NJKB
Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ)Rp. 35.000
Pajak tahunan (PKB)Cek di STNK

Biaya balik nama Jakarta Timur yang tercantum di atas belum termasuk denda balik nama apabila Anda terlambat melakukan proses balik nama.

Denda balik nama Jakarta Timur dikenakan apabila pendaftaran balik nama tidak dilakukan paling lambat 30 hari sejak proses jual beli dilakukan. Hal ini tercantum dalam Perda Jakarta No. 6 Tahun 2019.

Agar biaya balik nama Jakarta Timur lebih murah (terutama bagi yang terkena denda balik nama), silahkan lakukan balik nama saat program pemutihan berlangsung.

Program pemutihan balik nama di Jakarta dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta setiap tahunnya. Anda bisa cek Jadwal Pemutihan Jakarta Timur untuk informasi terbaru.

Selain bebas biaya balik nama Jakarta Timur, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti bebas denda pajak.

Biro Jasa Balik Nama Jakarta Timur

Bagi Anda yang tidak sempat melakukan balik nama Jakarta Timur sendiri, silahkan gunakan biro jasa terpercaya untuk membantu Anda mengurusnya.

Salah satu biro jasa balik nama terpercaya di Jakarta Timur adalah Metro Prima. Lokasi Biro Jasa Metro Prima berada di Jl. DI Panjaitan Kav. 55, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, RT.12/RW.6, Cipinang Besar Selatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

Biaya balik nama Jakarta Timur menggunakan biro jasa Metro Prima kurang lebih Rp. 750.000 – Rp. 3.750.000, tergantung jenis kendaraannya.

Untuk menggunakan Biro Jasa Metro Prima, silahkan hubungi di nomor 082284957400.